Home & HouseTips

Arti Warna Helm Proyek Terlengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Aturan mengenai warna helm proyek sudah berkembang mulai tahun 1912 oleh Worker’s Accideng Insurance Institute, Kerajaan Bohemia. Helm proyek ini ada beberapa warna berdasarkan jabatannya diproyek, jadi ga bisa asal dipilih dan dipakai oleh sembarang mentang mentang warnanya bagus sesuai selera anda hehe. Lalu, Ada apa aja sih Warna Helm Proyek?

Warna Helm Proyek

Baca Juga :  Harga Dan Jenis Besi Beton

1. Helm Merah

Dipakai oleh safety officer yang bertanggung jawab atas sistem keselamatan diarea proyek.

2. Helm Kuning

Kalau yang ini paling sering dilihat saat lewat dipekerjaan proyek gedung tinggi ataupun diseberang jalan. Dipakai oleh para pekerja umum dilapangan, operator, atau sub-kontraktor.

3. Helm Biru

Biasa digunakan pekerja yang menjabat sebagai supervisor lapangan, operator teknis kelistrikan, atau pengawas semenatara disebuah area proyek.

Warna Helm Proyek

Baca Juga :  Cara Menghitung Volume Sloof dan RAB

4. Helm Hijau

Dipakai oleh pengawas lingkungan atau peneliti lingkungan terhadap sesuatu yang tengah dibangun.

5. Helm Putih

Yang mengenakan helm putih ini biasanya punya tanggung jawab dan pengetahuan yang lebih besar. Dipakai oleh insinyur, manajer, pengawas, atau bahkan mandor para pekerja.

6. Helm Pink

Yang satu ini jarang ya terlihat padahal warnanya gemes banget kalo dipakai oleh perempuan hehehe. Helm ini dipakai oleh anak magang atau pekerja baru diarea proyek.

 

Baca Juga :  Jenis Balok Konstruksi

7. Helm Orange

Helm yang satu ini biasanya digunakan oleh para tamu tamu perusahaan atau dari luar yang datang meninjau lokasi proyek.

Warna Helm Proyek

Baca Juga : Jenis Jenis Kolom Konstruksi

8. Helm Coklat

Untuk orang awam helm ini sangat susah anda temui didalam pekerjaan proyek, Helm ini hanya digunakan pada pekerja proyek yang memiliki pekerjaan tukang las atau berkaitan dengan suhu tinggi, contoh pertambangan, pelerburan dengan suhu tinggi, wellding dan perkapalan.

Baca Juga : Campuran Semen Pasir Terbaik

Perlu diketahui bahwa dimasing masing negara atau setiap kontraktor bisa saja fungsi dan arti warna helm proyek itu berbeda kawan. Tetapi setidaknya anda perlu paham dulu garis besarnya, dan menjadi dasar pengetahuan anda untuk mengetahui penggunaan helm proyek saat bekerja.

So anda sekarang lebih paham tentang Arti Warna Helm Proyek kan? seorang teknik sipil harus paham dan memahami secara betul tentang arti arti helm proyek.  Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua ya. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button