Home & House

Berapa Luas Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal Itu?

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Garasi ini penting untuk dimiliki kalau kamu punya kendaraan bermotor atau mobil. Jangan sampai kamu mengganggu tetangga dengan parkir di depan rumah sampai menghalangi jalan. Atau malah parkir di depan rumah orang tanpa izin. Udah gitu, masa mobil udah cakep cakep, eh masih kena panas dan hujan. Yuk mari kita rencanakan pembuatan garasi, terus berapa sih Ukuran Garasi Mobil yang ideal itu?

Luas Garasi Mobil

Berapa ya Ukuran Garasi Mobil Standart dan Ideal itu?

Sebelum membuat Ukuran Garasi yang kamu inginkan, pastikan dulu ukuran mobil dan motor atau sepeda yang kamu punya. Pertimbangkan ukuran garasi, pastikan muat untuk kendaraanmu saat dibuka pintunya. Kalau terlalu sempit, bisa bisa malah gak bisa keluar dari mobil.

Ukuran Garasi

Kebanyakan mobil memiliki lebar sampai 2,1 meter, panjang hingga 5,8 meter (kalau mobil besar) dan tinggi sampai 1,8 meter. Sisakan area kurang lebih 50cm di sisi kanan dan kiri mobil sebagai ruang untuk keluar masuk mobil. Dalam perhitungan ini, rata rata ukuran garasi adalah sekitar 3 x 6 meter.

Tipe Jenis MobilPanjang MobilLebar MobilTinggi Mobil
SUV atau MPV besar, double cabin, dan pick up4,9 meter sampai 6 meter1,8 meter sampai 2,2 meter1,5 meter sampai 1,8 meter
SUV atau MPV medium4,8 meter sampai 5,5 meter1,7 meter sampai 1,9 meter1,4 meter sampai 1,8 meter
LCGC, sedan, Hatchback, city car4 meter sampai 4,9 meter1,5 meter sampai 1,8 meter1,2 meter sampai 1,5 meter

Baca Juga : Tips Mudah Dan Cepat Agar Pemasangan Keramik Rapi

Jangan Pakai Material Lantai yang Licin!

Ukuran Garasi

Untuk lantai garasi, kamu harus pintar pintar dalam memilih materialnya. Pilih penutuh lantai yang gak licin, supaya ban kendaraan kamu gak mudah selip. Beberapa material yang bisa kamu pakai diantaranya adalah keramik unglazed, plester semen, paving block, batu koral sikat, batu alam.

Baca Juga : Cara Menghitung Kebutuhan Plafon Termudah & Cepat

Pilih Material Atap, Transparan atau Tertutup?

Ukuran Garasi Mobil

Material atap garasi atau carport bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Kalau ingin area rumah lebih terang, bisa pakai atap yang sifatnya transparan seperti polikarbonat, fiberglass, atau kaca. Kalau kamu ingin mobil terhindar dari panas, bisa pakai atap yang tertutup seperti kayu, tensile membrane, baja ringan + galvalum, atap cor, atau material tertutup lainnya.

Baca Juga :  Cara Menghitung Kebutuhan Cat Termudah & Tercepat

Jangan Lupa Rencanakan Aksesnya!

Ukuran Garasi Mobil

Selain material dan ukuran garasi, jangan lupa rencanakan akses garasi atau carport. Pastikan aksesnya mudah untuk mobil kamu keluar masuk dan berbelok ke jalanan. Jangan sampai letaknya bikin kamu kerepotan kalau harus ngeluarin kendaraan. Sediakan juga ruang untuk membuka semua pintu mobil serta membuka dan munutup pagar garasi.

Baca Juga : Cara Menghitung Luas Atap Termudah dan Tercepat

Nahh sudah tahu kan tentang Berapa Luas Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal Itu? Jadi nggk usah pusing pusing lagi ya sobat. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button