Tips

Pergi Liburan Pakai Kartu Kredit? Yuk Cek Tipsnya!

Liburan merupakan salah satu cara terbaik untuk melepas penat dan stres dari aktivitas sehari-hari. Meski masih dalam suasana pandemi, namun dengan taat mengikuti prokes yang berlaku, kamu bisa bepergian ke kota impian dengan mudah.

Jika gajian masih lama tapi sudah kebelet ingin liburan singkat ke luar kota, kamu bisa mengandalkan kartu kredit untuk menjadi metode pembayaran semua kebutuhan liburanmu. Mulai dari tiket kereta atau pesawat, hotel tempat menginap hingga bayar pesanan makanan dan minuman yang diorder selama liburan.

Sumber : Traveloka.com

Meski kartu kredit punya banyak manfaat dan bisa sangat membantu terutama di tanggal-tanggal rawan belum gajian, namun jika tidak digunakan dengan bijak maka bisa berakibat buruk pada keadaan keuangan kamu lho!

Maka dari itu ketahui tips aman pergi liburan pakai kartu kredit di bawah ini agar liburan kamu tetap nyaman dan menyenangkan.

Baca Juga : 70 Tempat Wisata di Semarang

1. Lakukan perencanaan liburan

Meski banyak yang sering jadi flashpacking yang tiba-tiba pengen liburan lalu berangkat hari itu juga, alangkah baiknya jika kamu membuat perencanaan liburan terlebih dahulu. Kamu perlu menghitung biaya transportasi, biaya penginapan, uang makan selama liburan dan harga tiket masuk ke berbagai destinasi di kota tujuan.

Sumber : kotakpintar.com

Kelompokkan mana yang bisa dibayar langsung dengan transfer lewat rekening, mana yang mau dibayar pakai kartu kredit. Hal ini untuk memastikan agar limit kartu kredit kamu masih dalam batas aman. Ini juga penting agar kamu tidak bablas beli ini itu dengan mengandalkan kartu kredit tanpa memperhatikan kondisi keuangan.

Baca Juga : 80 Tempat Wisata di Batu Malang

2. Manfaatkan diskon

Biasanya pembelian tiket transportasi secara online menawarkan promo menarik untuk pengguna kartu kredit. Ambil Traveloka contohnya. Aplikasi penyedia kebutuhan travel terlengkap di Indonesia ini rutin memberikan diskon untuk pembelian tiket pesawat hingga kereta api di platformnya untuk pengguna biasa maupun yang membayar dengan kartu kredit.

Sumber : Traveloka.com

Terlebih lagi jika kamu punya Paylater Card yang dikeluarkan Traveloka. Kartu kredit tanpa biaya tahunan ini bisa digunakan untuk pembelian di Traveloka maupun merchant offline yang menerima pembayaran dengan Visa. Selain itu Traveloka biasanya juga memberi diskon khusus untuk pemegang kartu kredit ini. Menariknya lagi setiap pembayaran dengan aylater Card akan mendapatkan Point  yang bisa ditukar dengan berbagai reward; mulai dari diskon tiket pesawat hingga diskon di berbagai merchant yang bekerja sama.

Baca Juga : 75 Tempat Wisata di Bali

3. Tetap bawa cash secukupnya

Meski pembayaran cashless disarankan selama masa pandemi ini, namun jangan hanya mengandalkan kartu kredit saat liburan. Kamu tetap butuh uang cash dalam jumlah tertentu (tidak terlalu banyak ataupun terlalu sedikit) sebagai antisipasi jika ada yang harus dibayar secara cash. Misalnya tiket masuk ke wisata yang hanya menerima cash, ingin jajan makanan di pinggir jalan, beli minuman di minimarket dan sebagainya.

Kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk belanja atau makan di restoran yang menerima pembayaran dengan kartu sehingga lebih ringkas dalam bertransaksi. Pastikan limit kamu masih ada jika berencana membawanya liburan ya!

Baca juga : 80 Tempat Wisata di Surabaya

4. Hindari tarik tunai dari kartu kredit

Kamu pasti punya kartu debit bukan? Nah jika ingin tarik tunai di kota tujuan wisata hindari menariknya dari kartu kredit karena kamu akan dikenakan biaya yang lumayan tinggi jika dibanding tarik tunai dengan kartu debit di ATM bank tersebut. Sebagai perbandingan, tarik tunai di ATM biasanya dikenakan biaya Rp6.500 flat untuk sekali penarikan. Namun untuk kartu kredit, biaya yang dikenakan akan semakin besar sesuai dengan jumlah uang yang ditarik. Jadi semakin banyak uang yang diambil, makin besar pula bunga yang dibebankan.

Sumber Gambar : finoo.id

Maka dari itu seperti di poin 3, kamu disarankan bawa cash secukupnya untuk berbagai keperluan. Jika pun harus tarik tunai, gunakan debit saja.

Nah itu tadi Tips agar liburan kamu tetap aman meski menggunakan kartu kredit sebagai pembayarannya. Jika tidak di manage dengan baik maka penggunaan kartu kredit bisa melewati limit dan berpotensi membuat kamu kewalahan saat membayar cicilannya.

Jadi agar hati senang bisa liburan dan dompet aman, gunakan kartu kredit untuk liburan secara bijak ya. Semoga bermanfaat!

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button