Home & HouseTips

Denah, Model & Desain Dapur Minimalis Modern Mewah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Dapur merupakan sebuah ruang yang berfungsi untuk kegiatan memasak atau sekedar mengolah makanan. Kegiatan di dapur tersebut hampir semua dapat ditambung pada tiga komponen yang disebut dengan segitiga dapur atau istilah kerennya “working triangle”. Komponen tersebut yaitu storage, wash, dan cook. Idelanya jarak ketigak titik ini totalnya tidak melebihi 6m dan jarak antar titiknya maksimal 90cm sehingga ruang kosong yang tersisa masing masing sekitar 45cm. Kita simak dibawah ini ya tentang Tipe Dapur dan Desain Dapur!

Layout Dapur

Layout Denah Model Dapur (The Kitchen Work Triangle)

Layout Dapur

  • Straight
  • Parallel
  • L-Shaped
  • U-Shaped
  • G-Shaped
  • Island

Baca Juga : Kelebihan, Metode Soil Nailing Alternatif Stabilisasi Lereng

Dapur Parallel |The Row Galley Kitchen

Desain Dapur

Desain Dapur ini juga bisa disebut linear dua sisi/dapur pararel. Lebar dua sisi linier setidaknya harus berksiar antara 2,1m – 3,8m dan harus direncanakan dengan luas keseluruhan sekitar 10m2. Ruang di antara meja dapur bisa dijadikan sebagai koridor yang digunakan untuk area gerak dengan minimal lebar 1,2 – 1,8m. Denah Dapur ini cocok untuk ruang yang berbentuk persegi panjang.

Baca Juga :  Metode Shotcrete (Beton Tembak) Pada Konstruksi Terlengkap

Dapur Straight | Single Row Galley Kitchen

Desain Dapur

Model Dapur ini disebut juga one wall kitchen/dapur satu sisi karena hanya berupa satu bidang kitchen set yang menempel ke dinding. Dapur satu sisi setidaknya harus memiliki panjang linier berkisar antara 2,1m – 3,8m dan harus direncanakan dengan luas keseluruhan sekitar 7m2. Lebar celah antara dapur dengan ruang lainnya harus berkisar 1,2m – 1,8m. Layout Dapur jenis ini cocok untuk hunian mmungil atau apartemen.

Baca Juga : Beton Bertulang Bambu Adalah Inovasi Yang Membahayakan

U-Shape Kitchen

Desain Dapur

Desain dapur tipe U memiliki 3 sisi sehingga ruang gerak lebih luas. Layout dapur tipe U memiliki lebar berkisar antara 2,7m – 3,7m dan kedalam yang bervariasi sesuai keinginan dan dengan luas kira kira 10m2. Lebar tengah harus disediakan minimum 1,53m untuk digunakan, tetapi direkomendasikan bahwa zona ini diperbesar menjadi antara 1,8m – 2,4m untuk menyediakan akses yang memadai.

Baca Juga : Kelebihan & Kekurangan Dak Keraton (Keramik Beton)

L-Shape Kitchen

Model Dapur

Model Dapur ini membentuk huruf L dengan dua bidang kabinet yang saling tegak lurus. Jarak bebas minimum 1,07m diperlukan di depan tata letak L-Shape. Dengan lebar yang disarankan dari 1,2m – 1,8m. Dapur L-Shape harus direncanakan dengan luas keseluruhan kira kira 10,3m. Tipe Dapur ini paling fungsional karena memudahkan alur kerja di dapur.

Baca Juga : Cara Pemasangan Aluminium Foil Atap (Radiant Barrier)

G-Shape | Peninsula Kitchen

Model Dapur

Denah Dapur tipe G merupakan pengembangan dari dapur tipe U dan dapur meja island. Lebar tengah harus disediakan minimum 1,53m tetapi direkomendasikan bahwa zona interior ini di perbesar antara 1,8m – 2,4m sehingga dapat menyediakan ruang yang memadai untuk beberapa orang bergerak dengan nyaman. Layout dapur tipe G harus direncanakan dengan luas keseluruhan sekitar 12,6m2.

Baca Juga : 8 Tahap Membuat & Bangun Kolam Renang Terlengkap

Broken Peninsula Kitchen

Tipe Dapur

Desain dapur tipe ini membagi dua sisipararel dan satu dinding meja bar yang diperpanjang. Lebar tengah harus disediakan minimum 1,53m tetapi direkomendasikan bahwa zona interior ini diperbesar antara 1,8m – 2,4m sehingga dapat memberikan ruang tambahan bagi beberapa orang untuk bergerak dengan nyaman. Tipe dapur ini harus direncanakan dengan luas keseluruhan sekitar 10,1m2.

Baca Juga : Letak & Fungsi Sloof dan Tie Beam Terlengkap

The Island Kitchen

Tipe Dapur

Model Dapur ini hampir sama dengan tipe lainnya, namun ada penambahan meja island ditengahnya. Ada beberapa tipe dapur yang dapat digabungkan dengan tipe the island kitchen, diantaranya adalah U-Shape Island Kitchen, L-Shape Island Square Kitchen Dan L-Shape Island Rectangle Kitchens. Meja island ini sangat multifungsi, arebawah dapat sebagai tempat pentimpanan tambahan, permukaan meja dapat menjadi meja bar dan meja penyajian makanan, hingga area panjang dekorasi.

Baca Juga : Memahami Detail dan Ukuran Tangga Terlengkap

Nahh artikel mimin tentang Layout, Model & Desain Dapur Minimalis Modern Mewah ini paling lengkap lo bosku, tidak cuman desain saja tapi memili layoutnya pula hehe. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button