Home & HouseTips

Desain & Cara Membuat Tangga Melayang Terlengkap

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Sobat sobat ihategreenjello ingin membuat tangga melayang? Lalu gimanakah caranya? Tangga ini bisa melayang bukan karena ada mantra bimsalabim hehe. Bisa kok bikin Model Tangga Melayang begini tanpa sulap, hanya butuh sedikit teknik.

Tangga Melayang

Kok Bisa Sih Ada Tangga Melayang?

Tangga Melayang

Bukan sulap bukan sihir, tangga model floating ini bisa dibuat dengan sistem kantilever. Kantilever ini adalah sistem dimana sebuah struktur horizontal hanya ditopan di satu sisi saja. Ini sebabnya, Tangga Melayang biasanya ditempatkan menempel ke dinding.

Baca Juga :  Metode Shotcrete (Beton Tembak) Pada Konstruksi Terlengkap

Struktur Tangga Melayang

Tangga Melayang

Rangka anak tangga untuk floating stairs ini bisa menggunakan beton bertulang ataupun baja yang ditanam pada dinding struktural (load-bearing wall). Ada beberapa metode untuk memasang kantilever anak tangga ini, mulai dari stair stringers (ibu tangga) yang ditanam di dalam dinding, sampai kantilever baja yang menggantung di dinding.

Baca Juga : Kelebihan, Metode Soil Nailing Alternatif Stabilisasi Lereng

Hidden Stair Stringers

Tangga Melayang

Untuk struktur ini, kita membutuhkan dinding yang sifatnya menahan beban (load bearing). Biasanya adalah dinding beton bertulang. Ibu tangga (stringers) yang terbuat dari baja ditanam didalam dinding. Baja kantilever yang menopang anak tangga menempel pada stringers ini. Penutup anak tangga dipasang di atas baja kantilever, atau menutupi baja kantilever untuk tampilan yang lebih rapi.

Baca Juga :  Jenis Jenis Rumput Taman Kekinian Dan Mudah Dirawat.

Bagaimana Kalau Kita Tidak Punya Dinding Struktur?

Tangga Melayang

Kita bisa membuat struktur meenggunakan rangka baja, atau struktur balok beton bertulang yang terhubung dengan struktur asli untuk menjadi penopang dari stair stringers ini. Sistem ini memang rumit, tapi ini untuk memastikan tangga kuat dan aman.

Baca Juga : 8 Fungsi dan Jenis Dinding Penahan Tanah Terlengkap

Kantilever Anak Tangga

Tangga Melayang

Untuk tangga melayang model ini setiap anak tangga yang berupa kantilever baja dibautkan ke dinding secara individual, sistemnya mirip seperti menempelkan rak dinding. Cara ini cocok untuk tangga yang tidak terlalu lebar, sekitar 90cm. pijakan anak tangga kemudian ditempel diatas baja kantilevernya.

Baca Juga : Pengertian dan Tipe Spillway (Bangunan Pelimpah)

Nahh sobat kaula ihategreenjello sudah paham teori tentang Desain & Cara Membuat Tangga Melayang Terlengkap ini kan. Tidak susah sebenernya kalau untuk sekedar memahaminya, yang susah itu budgetnya haha. Tapi saya yakin sih, sebagian besar tukang yang berpengalaman sudah bisa membuat tangga model seperti ini. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button