Home & HouseTips

Pahami Tahapan Proses Tender Terlengkap

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Proses tender diselenggarakan oleh pemilik proyek/owner untuk mendapatkan kontraktor terbaik. Nantinya, kontraktor terpilihlah yang akan melaksanakan pembangunan proyek tersebut. Secara umum, Tahapan Proses Tender proyek konstruksi dijelaskan dibawah ini ya sobat mimin.

proses tender
Sumber Instagram @Galerisipil

1. Tahap Prakualifikasi Tender

proses tender
Sumber Instagram @Galerisipil

Pada awal Proses Tender ini biasanya, peserta tender yang berpartisipasi adalah kontraktor yang telah lulus penilaian secara umum dan diundang secara resmi oleh pemilik proyek. Pada Tahap Tender ini, biasanya owner akan meminta kontraktor menyerahkan dokumen berikut :

  • Data umum perusahaan (Company Profile).
  • Akta perusahaan.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK).
  • Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP).
  • Surat Tanda Daftar Rekanan (TDR).
  • Surat Pengukuhan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP).

Baca Juga : Jenis, Tipe, dan Ukuran Pintu Sesuai Standart Lengkap

2. Tahap Pengambilan Dokumen Tender

Pada Tahapan Tender kedua, Dokumen tender ini digunakan sebagai pedoman bagi para peserta tender untuk mengajukan penawaran/harga tender. Umumnya dokumen tender terdiri dari Administrasi, Teknis, Gambar, dan Big of Quantity.

proses tender
Sumber Instagram @Galerisipil

3. Tahap Rapat Pemberian Penjelasan (Aanwijzing)

Proses Tender Ketiga yaitu Rapat pemberian penjelasan atau aanwijzing adalah pertemuan antara peserta tender dengan owner dan konsultan perencana. Dalam pertemuan ini, akan diadakan tanya jawab baik dari sisi administrasi maupun teknis. Selanjutnya, dilakukan peninjauan ke lapangan agar peserta tender mendapatkan gambaran tentang kondisi proyek yang sebenarnya.

Baca Juga : 5 Tahap Membangun Ruang Bawah Tanah Terlengkap

4. Tahap Pemasukan Penawaran

Pada tahap tender ini, perserta tender akan mulai menghitung anggaran biaya proyek yang akan diajukan. Anggaran biaya tersebut disampaikan dalam bentuk Surat Penawaran Harga (SPH). Umumnya kontraktor wajib melampirkan berkas berkas yang terbagi menjadi dokumen administrasi, teknis, dan harga penawaran.

proses tender
Sumber Instagram @Galerisipil

5. Tahap Evaluai Tender

Owner akan mengadakan evaluasi SPH, meliputi evaluasi dokumen evaluasi SPH, meliputi evaluasi dokumen administrasi, teknis, dan harga penawaran. Kemudian, owner akan menentukan calon pemenang tender berdasarkan :

  • Penawaran yang paling sesuai dengan harga yang ditetapkan owner.
  • Kelengkapan syarat syarat teknis yang ditetapkan.

Baca Juga : 7 Alat Pengukur Tanah dan Fungsinya Terlengkap

6. Tahap Klarifikasi

Pada tahap ini bertujuan untuk memperoleh penjelasan mengenai hal hal yang terdapat dalam penawaran. Pada tahap ini juga owner dapat meminta pertanggung jawaban atas harga penawaran dan kejanggalan yang ditemukan dalam SPH.

proses tender
Sumber Instagram @Galerisipil

7. Tahap Pengumuman Pemenang Tender

Pemenang akan mendapatkan Surat Keputusan Penunjukan Pemenang dari owner dan dilakukan penanda tanganan kontrak dari kedua belah pihak.

Baca Juga : Sistem Dilatasi Bangunan / Pemisah Struktur Terlengkap

Nahh sobat sobat mimin ini harus Pahami Tahapan Proses Tender Terlengkap. Karena ini juga sangat penting loh saat ada didunia kerja nanti. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button