Home & HouseTips

Kenali Struktur Di Atas Air (Floating Structure) Lengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Struktur di Atas Air atau Bangunan Apung atau Floating Structure adalah dimana sebuah bangunan tersebut menggunakan struktur apung atau pondasi apung untuk tumpuannya agar dapat mengapung di atas air.

Struktur Atas Air

Hm.. Saat ini sebenernya suatu konsep Struktur di Atas Air atau apung merupakan sebuah solusi untuk keterbatasan lahan, dan sebenernya ini sangat lebih ramah lingkungan apabila dibandingkan dengan reklamasi, karena sebenernya reklamasi itu merusak ekosistem yang ada diperairan tersebut serta mengusik arus laut.

Struktur Atas Air

Baca Juga : Macam Jenis Jenis Dinding Pada Konstruksi Terlengkap

1. Material Struktur di Atas Air

Struktur Atas Air

Dalam pekerjaan Struktur Atas Air terdapat jenis material yang sudah diaplikasian dan dikembangkan sedimikan rupa dengan melalui berbagai trial and error sebagai material bangunan apung, di antaranya :

  • Drum Plastik
  • Pipa PVC
  • Bambu
  • Styrofoam

Baca Juga :  Jenis Jenis Rumput Taman Kekinian Dan Mudah Dirawat.

2. Bagaimana Suatu Struktur Dapat Mengapung?

Struktur Atas Air

Berdasarkan Prinsip Archimedes pada bangunan apung yaitu “Ketika Sebuah benda tercelp seluruhnya atau sebagian di dalam air atau zat cair, maka air atau zat cair akan memberkan gaya perlawanan sebesar berat benda yang ditenggelamkan.”

Baca Juga : Fungsi dan Jenis Jenis Pasir Dalam Konstruksi

3. Konsep Struktur di Atas Air

Struktur Atas Air

Baca Juga :  Jenis Jenis Plafon Serta Kelebihan & Kekurangannya

4. Rumus Menentukan Gaya Apung

Struktur Atas Air

Bangunan Apung sudah digunakan oleh negara kita sendiri loh, contohnya yang bisa kita lihat adalah bandara Internasional A. Yani Semarang, disebutkan bahwa bandara tersebut dibangunan dengan konsep bangunan apung, padahal bandara itu berat lohh kok bisa mengapung diatas air ya nggk sih?

Ah sebenernya saya sendiri disini pusing kalo suruh menjelaskan kayak gini hehe. Pada intinya pada pembangunan bangunan apung sendiri harus diperhitungkan dengan matang, karena bangunan itu pasti dibangun didekat laut yang rawan terhadap banjir ataupun rob.

Baca Juga :  Kenali Berbagai Jenis Jenis Plafon Terlengkap

Yapp selesai sudah pembahasan kita tentang Kenali Struktur di Atas Air (Plumbing Structure) Terlengkap ini. Yahh bismillah bermanfaat buat kontraktor yang baru belajar dan mungkin sudah mendapatkan proyek yang seperti ini?. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button