Home & HouseTips

Sistem Polder Pengendali Banjir di Perkotaan Terlengkap

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Kaula sipil apakah sudah tau apa itu sistem polder? polder adalah sebidang tanah rendah yang dikelilingi oleh embankmen (timbunan) atau tanggil yang membentuk semacam kesatuan hidrologis buatan, sehingga tidak ada kontak dengan air dari luar selain yang dialirkan melalui perangkat manual.

Sistem Polder

Baca Juga : Wajib Tahu! Fungsi dan Jenis Sambungan Baja Pada Konstruksi

1. Komponen Sitem Polder

Sistem Polder

  • Tanggul keliling, pertahanan laut (sea defense), dan/atau konstruksi isolasi lainnya,
  • Sistem drainase lapangan (field drainage system),
  • Sistem pembawa (conveyance system),
  • Kolam penampung dan stasiun pompa (outfall system),
  • Badan air penerima (receiving water).

Baca Juga : Kelebihan & Kekurangan Struktur Beton Bertulang dan Baja

2. Aspek Aspek Teknis Sistem Polder

Sistem Polder

  • Untuk pembangunan tanggul laut
  • Penurunan tanah
  • Konervasi Pantai
  • Manajemen polder

Baca Juga : Kelebihan & Kekurangan Tukang Harian & Pemborong Terlengkap

3. Teknologi Polder di Belanda

Sistem Polder

Teknologi polder sangat berkembang pesat di belanda, insinyur disana berhasil mengembangkan lahan basah menjadi lahan pertanian dan kegunaan lainnya. Tidak heran terdapat ungkapan “god created the world, but the dutch created the netherlands”.

Saat ini, 17% dataran belanda merupakan lahan hasil reklamasi (yang menghasilkan sekitar 3000 polder) dan 65% wilayah negara tersebut berada di bawah ketinggian permukaan air laut (Hoeksema 2017).

Tak heran dibelanda bisa mengembangkan lahan basah berubah menjadi lahan pertanian yang meningkatkan produktivitas bahan pangan dinegara tersebut, sehingga devisa negara belanda meningkat secara pesat dari tahun ke tahun.

Lalu bagaimana dengan indonesia kita kawan? btw bekasi juga banyak loh bangunan polder, biasanya terletak di daerah yang rawan banjir, fungsinya untuk menyedot air banjir agar cepat surut, selain itu bisa juga digunakan sebagai sarana rekreasi bagi warga sekitar. Tapi ya itu dinegara kita ini belum maksimal karena memang dari pemerintahnya sendiri yang kurang peduli, dan ada banyak yang memang dikorupsi sehingga menjadikan proyek ini tidak bisa maksimal.

Kalian sudah paham kan tentang Sistem Polder Pengendali Banjir di Perkotaan Terlengkap ini. Seorang teknik sipil harus tahu loh yaa, jika ditanya jangan jawab tidak tahu hehe, sedikit sedikit belajar disini yuk sobat. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button