Home & HouseTips

Jenis Sambungan Pipa PVC Serta Kegunaan Terlengkap

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Pada saat pembangunan atau perencanaan rumah ada hal yang paling krusial dan penting yaitu instalasi air. Utamanya adalah pada instalasi pipa, instalasi pipa yang baik dan bagus akan memberikan pasokan air yang lancar dan bagus. Perlu diketahui bahwa dalam menyusun pipa terdapat beberapa Jenis Sambungan Pipa, langsung cek aja ya dibawah yaw sobat.

Sambungan Pipa

1. Socket

Sudah tau belum kegunaan dari Sambungan Pipa yang biasa disebut socket ini? yaapp digunakan untuk menyambungkan 2 pipa yang berukuran sama ya sobat, ada dua jenis yaitu socket polos dan socket drat, perbedaannya dapat diliat dari ulir di ujung sambungannya.

Jenis Sambungan Pipa

2. Elbow / Siku

Pasti udah paham yaa tentang Jenis Sambungan Pipa yang satu ini. Elbow atau biasanya disebut siku itu untuk menyambungkan dua pipa dengan suduh 90 derajat dan 45 derajat, makanya disebut dengan siku.

Baca Juga : Jenis Jenis Atap Genteng Berkualitas

3. Cross

Jenis Sambungan Pipa yang satu ini untuk membagi sumber dari aliran air ke 3 saluran yang berbeda, jadi pada intinya memiliki 4 ujung polos seperti digambar ya.

Jenis Sambungan Pipa

4. Reducer / Increaser

Pernah tahu belum tentang Jenis Sambungan Pipa yang ini? biasanya digunakan untuk menyambungkan dua pipa yang berbeda ukuran ya sobat, dan ada juga reducer / increaser elbow yaitu selain menyambungkan juga langsung membelokkan pipa.

Baca Juga : Jenis Jenis Batu Alam Berkualitas

5. Faucet

Kalau Jenis Sambungan Pipa yang satu ini berguna untuk menghubungkan pipa yang disertai ulir dibagian dalamnya ya sobat, selain ada yang lurus ternyata jenis ini ada yang berbentuk elbow atau melengkung siku 90 derajat.

Sambungan Pipa

6. Tee Stuck

Biasanya Jenis ini digunakan untuk membagi sumber aliran air menjadi dua bagian, ada orang orang menyebutnya berbentuk seperti T, btw ada juga Tee Stuck yang dilengkapi ulir dibagian dalamnya ya.

Baca Juga :  Jenis Jenis Pasir Dalam Konstruksi

7. End Cap

Hayoo sudah pada tahu kan kalau Sambungan Pipa yang satu ini biasanya digunakan untuk menutup saluran air ya sobat, sambungan ini juga tersedia dalam bentuk polos atau ulir dibagian dalamnya.

Baca Juga : Jenis dan Ukuran Container Terlengkap

8. Water Mur / Union Socket

Sambungan Pipa

Jika sobat mimin ihategreenjello pengen nyambungin pipa tanpa lem water mur / union socket adalah solusinya. Anda cukup memutar baut untuk merekatkan sambungan pipa kalian ya sobat, disini juga tersedia bagian yang polos atau ulir dibagian dalamnya juga.

Baca Juga : Fungsi dan Jenis Jenis Pasir Dalam Konstruksi.

9. Clamp Saddle

Kalau jenis ini dapat menyambungkan dua pipa berbeda ukuran dengan sangat mudah, jenis ini memiliki sambungan menuju pipa berukuran kecil di bagian samping ya sobat.

Baca Juga : 5 Model Desain Taman Unik Tapi Mewah

Gimana sudah paham kan tentang Jenis Sambungan Pipa PVC Serta Kegunaan Terlengkap ini. Sobat teknik sipil udah pasti harus paham dong yaa, sudah harus diluar kepala ya kann. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button