Home & HouseTips

Macam Cara Sambungan Bambu Yang Benar!

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Cara menyambung bambu tentunya berbeda denan cara menyambung balok kayu. Balok kayu terbilang lebih mudah dikarenakan bentuknya yang datar dan memiliki sudut. Lain halnya dengan bambu yang memiliki permukaan cekung dengan rongga di dalamnya. Ada beberapa teknik yang perlu dilakukan dan dihindari dalam menyatukan bambu. Lalu gimana sih Sambungan Bambu yang benar itu?

Sambung Bambu
Sumber Instagram @gravelindonesia

1. Sambung Bambu Dengan Cara Memotong Sisi Bambu

Sambungan Bambu
Sumber Instagram @gravelindonesia

Terdapat contoh Sambungan Bambu yang dapat dilihat pada gambar diatas. Adapun antar satu bambu dengan bambu lainnya bisa disambungkan dengan cara memotong sisi bambu menyesuaikan bentuk bidang yang ingin di sambungkan. Pemotongan ini bisa dilakukan dengan perlengkapan standar pertukangan tradisional.

Baca Juga : 132 Model, Denah & Desain Rumah Minimalis

2. Menggunakan Pasak

Sambungan Bambu
Sumber Instagram @gravelindonesia

Bambu vertikal jika ingin disambungkan dengan bambu horizontal bisa menggunakan pasak sebagai penyambungnya. Pasak tersebut dipasang di bagian bambu vertikal dan diikat dengan tali atau rotan sehingga lebih rekat dan tidak menimbulkan retak.

Baca Juga : Jenis, Tipe, dan Ukuran Pintu Sesuai Standart Lengkap

3. Menggunakan Angkur

Sambungan Bambu
Sumber Instagram @gravelindonesia

Metode ini lebih modern dibandingkan dengan menggunakan pasak. Menggunakan angkur sebenernya susah susah gampang sob, karena kalau pemakaiannya terlalu kencang bisa menyebabkan bambu retak loh. Maka harus hati hati sekali nih dalam pemasangannya.

Baca Juga : Berapa Besar Sih Rata Rata Gaji Arsitek

4. Selang Seling Sambungan Bambu

Sambung Bambu
Sumber Instagram @gravelindonesia

Perletakkan bambu bisa di selang seling secara vertikal maupun horizontal, yang kemudian diikat satu sama lain menggunakan tali atau rotan. Dengan begini bambu akan mengikat dan menguatkan satu sama lain. Jika ingin melihat secara lengkap dan rinci bentuk bentuknya bisa dilihat pada gambar di atas sob. Di atas terdapat delapan macam conto yang bisa di praktekkan hehe.

Baca Juga : Tips Mudah Dan Cepat Agar Pemasangan Keramik Rapi

5. Jangan Menggunakan Paku Seenaknya Pada Bambu!

Sambung Bambu
Sumber Instagram @gravelindonesia

Lebih baik hindari pemakaian paku pada bambu, jika menggunakannya secara salah bisa bikin bambu menjadi retak atau bahkan pecah! Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, akan lebih baik jika menggunakan metode metode yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Baca Juga : Pentingnya Pasang Grounding Listrik di Rumah

Dapat diperhatikan pula tentang Macam Cara Sambungan Bambu Yang Benar ini agar bisa menjadi dasar agar tidak terjadi keretakan dalam proses penyatuan bambu. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button