Home & HouseTips

Pengertian dan Rumus Poisson Ratio Pada Suatu Benda

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Hello sobat sobat kaula teknik sipil, bagaimana dengan hari ini? alhamdulilah masih sehat kann?? yapp kali ini mimin akan share pengetahuan tentang Posson’s Ratio. Rasio poisson adalah perbandingan antara kontraksi lateral terhadap tegangan longitudinal.

poisson ratio

1. Memahami Poisson Ratio

poisson ratio

Ketika suatu benda ditarik dalam satu arah, maka benda tersebut akan cenderung menipis pada arah lateral. Sebaliknya, jika suatu benda ditekan dalam satu arah, maka benda ersebu akan menjadi lebih tebal pada arah lateralnya.

Baca Juga : Kelebihan & Kekurangan Struktur Beton Bertulang dan Baja

2. Rumus Poisson Ratio

poisson ratio

Nah, rasio poisson (poisson ratio) adalah perbandingan antara kontraksi lateral terhadap kontraksi lateral terhadap reganan longitudinal, jika suatu bahan ditarik secara linear. Atau lebih sederhananya, merupakan perbandingan antara penyempitan benda terhadap pertambahan panjang akibat tarikan.

poisson ratio

Nilai poisson ratio umumnya berkisar pada rentang 0,25 – 0,35. Material dengan poisson ratio tertinggi adalah karet (0,5), sedangkat yang paling terendah adalah beton (0,1).

Sebuah beton dengan v=0,1; mengindikasikan bahwa jika terjadi defromasi sebesar 1cm ke arah tegangan yang diberikan, maka terdapat ,1cm deformasi searah tegak lurus terhadap arah gaya yang diberikan.

Baca Juga : 8 Prospek Kerja Bidang Drafter Paling Dicari

Memang saya lihat lihat untuk memahami materi ini memang sangat susah sobat, sesusah susahnya materi ini tapi harus tahu ya sobat, setidaknya harus bisa memahami lah. Sehingga dalam dunia kerja anda dapat mengaplikasikan hal ini, memang pada kenyataannya didunia kerja tidak selalu memakai rumus ini ya sobat, karena mimin sudah terjun sendiri dilapangan, tapi hal ini wajib banget kamu pahami disekolah agar bisa lulus dan wisuda hehe.

Baca Juga : Sistem Polder Pengendali Banjir di Perkotaan Terlengkap

Yapp beberapa hal yang harus diketahui tentang Pengertian dan Rumus Poisson Ratio Pada Suatu Benda. Seorang teknik sipil harus paham loh yaa karena terkait dengan bahan bahan material juga. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button