Tips

Rumus Bilangan Reynolds dan Jenis Aliran Fluida

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Hallo kembali lagi nih sama artikle ihategreenjello punya, kali ini mimin bakalan membahas tentang Jenis Aliran Fluida Berdasarkan Bilangan Reynolds, sudah tahu belim bilangan reynolds itu apa? Bilangan reynolds merupakan nilai tak berdimensi dalam aliran fluida. Ingin tau lebih lengkapnya? Simak di bawah ini yaa.

Rumus Bilangan Reynolds dan Jenis Aliran Fluida

Bilangan Reynolds Itu Apa Sih?

Rumus Bilangan Reynolds dan Jenis Aliran Fluida

Bilangan reynold yaitu nilai yang tak berdimensi dalam mekanika fluida yang dapa digunakan untuk menentukan dynamic similitude. Sudah tahu belum bilangan ini ditemukan oleh siapa dan tahun berapa? Nah, bilangan ini ditemukan oleh Osborne Reynolds pada tahun 1883, kalian mesti belum pada lahir kaan, dibuat aja belum hihi. Lalu apa sih Rumus Bilangan Reynolds itu?

Baca Juga :  Jenis Jenis Rumput Taman Kekinian Dan Mudah Dirawat.

Rumus Bilangan Reynolds (Reynolds Number)

Rumus Bilangan Reynolds dan Jenis Aliran Fluida

Bilangan reynolds itu bisa menentukan atau membagi sifat aliran fluida menjadi 3 jenis, yaitu aliran laminar, transisi, dan turbulen. Nah diatas ini adalah rumus rumus dan keterangannya yaa bisa langsung dilihat, dipelajari, dan dicerna sobat.

Baca Juga :  Metode Shotcrete (Beton Tembak) Pada Konstruksi Terlengkap

Jenis Jenis Aliran Fluida

Rumus Bilangan Reynolds dan Jenis Aliran Fluida

1. Aliran Laminar

Pada jenis aliran laminar ini, garis alir pada aliran fluida tidak saling berpotongan. Tidak terjadi pusaran, persilangan, maupun percampuran aliran fluida. Bilangan Reynolds aliran laminar itu antara 0 < Re < 2100.

2. Aliran Transisi

Di aliran transisi ini umumnya terjadi ketida terdapat perubahan penampang pada pipa. Aliran transisi dapat merujuk pada transisi antara laminar ke turbulen atau turbulen ke laminer. Bilangan Reynolds aliran transisi itu antara 2100 < Re < 4000.

3. Aliran Turbulen

Partikel fluida pada aliran turbulen bergerak secara acak dan tidak stabil dengan kecepatan yang berubah ubah. Aliran ini umumnya terjadi dalam waktu yang singkat dan akan menghilangkan akibat partikel fluida saling bertumbukan. Bilangan Reynolds aliran turbulen ini antara Re > 4000.

Baca Juga :  Inilah Beberapa Keuntungan Menggunakan Bio Septic Tank

Nahh sobat sobat kaula ihategreenjello sudah paham belum tentang Rumus Bilangan Reynolds dan Jenis Aliran Fluida ini? Jika belum paham bisa langsung ketik dikomentar dan tanyakan belumpahammnya disebelah mana ya. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button