Home & HouseTips

Ciri Kriteria Rumah Sehat Versi Kemenkes Terlengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Kriteria Rumah Sehat versi Kemenkes! Kesehatan manusia sangat dipengaruhi oleh kesehatan tempat tinggalnya. Untuk itu, tempat tinggal memiliki persyaratan yang sudah diatur oleh Keputusan Menteri Kesehatan RI No:829/Menkes/SK/VII/1999. Ingin tau Ciri Rumah Sehat? Yuk cek postingan berikut!

Rumah Sehat

1. Bahan Bangunan

Rumah Sehat

Untuk yang pertama yaitu tentang bahan bangunan, usahakan tidak terbuat dari bahan yang memiliki zat zat yang dapat terurai dan membahayakan kesehatan yaitu antara lain ada timah hitam, debu, dan asbes. Adapun dinding Rumah Sehat harus menggunakan bahan yang bisa mencegah timbulnya mikroorganisme patogen.

Baca Juga : Kegunaan dan Jenis Jenis Besi Terlengkap

2. Komponen dan Penataan Ruang Rumah

Rumah Sehat

Kriteria Rumah sehat kedua yaitu komponen dan penataan ruang rumah yang harus sesuai kondisi dan aturan rumah sehat yang telah dibuat kemenkes. Untuk kriterianya sudah saya jelaskan pada gambar langsung yaaa hehe.

Baca Juga : Jenis Beban Struktur Bangunan

3. Pencahayaan

Kondisi rumah sehat harus memiliki jendela agar pencahayaan didalam rumah bisa seusai standart rumah sehat akan tetapi jika ada cahaya buatan sangat disarankan memilih terang yang sesuai agar tidak menyilaukan.

4. Kualitas Udara

Nahh ini nih kualitas udara yang ada didalam rumah harus sesuai spesifikasi yang saya bagikan digambar ini ya. Jadi saya tidak perlu menjelaskan ulang, karena ini sangat penting agar terjaminnya kualitas udara dan oksigen yang ada didalam rumah.

Rumah Sehat

5. Ventilasi

Ini juga tidak kalah penting karena ventilasi juga berpengaruh langsung terhadap kualitas udara, jadi usahakan memiliki banyak ventilasi jika rumah anda tidak menggunkan AC, akan tetapi jika menggunakan AC bikin jendela saja agar suatu saat bisa kedap dan suatu saat harus dibuka agar sirkulasi udaranya bisa lebih fresh

6. Binatang Penular Penyakit

Ini nih paling bikin kalian terganggu yakan, didalam rumah usahakan jangan ada tikus, kecoa, tokek, dll.

7. Air

Naahh ini nih air adalah hal paling terpenting dalam kehidupan manusia, apalagi untuk rumah sehat udah pasti penting juga yakan. Untuk sekarang anda bisa menggunakan PDAM ataupun bikin Artetis untuk sumber air.

Rumah Sehat

8. Tersedianya sarana penyimpanan makanan yang aman

Ini mah juga penting bangett, karena setiap manusia harus makan dan minum untuk bertahan hidup. Tersedianya kulkas ataupun almari untuk menyimpan makanan itu harus loh yaa.

9. Limbah

Ini nihhh setiap hari kita kan selalu buang kotoran sampah ataupun limbah air yang kita pakai, jadi usahakan memiliki saluran pembuangan yang baik yaa.

10. Kepadatan hunian ruang tidur

Rumah Sehat

Ruang tidur harus sesuai ya dengan luas ruangannya, untuk spesifikasinya sudah saya jelaskan pada gambar yaa.

Baca Juga :  Jenis Jenis Pasir Dalam Konstruksi

Bagaimana Rumahmu? Apakah sudah sesuai Kriteria Rumah Sehat Versi Kemenkes? Yaapp seorang teknik sipil harus paham lohh agar bisa menyesuaikan tata letak ruangan dan bahan dinding dalam perencanaan pembangunan. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button