Home & HouseTips

Jenis & Cara Membangun Pondasi Rumah Panggung

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Pondasi adalah hal yang paling utama saat ingin membangun sebuah bangunan terutama untuk rumah. Bentuk dan jenisnya pun menyesuaikan dengan kebutuhan rumah yang akan dibangun, lalu kalau untuk rumah panggung gimana sih?

Pondasi rumah Panggung

Sejak dulu, rumah panggung efektif untuk daerah dekat air atau untuk tanah yang rendah agar menghindari banjir masuk ke rumah. Karena lantai dasarnya melayang, maka ini jelas berbeda dengan pondasi rumah biasa yang menapah di tanah. Gimana untuk pondasi khususnya buat bangunan yang di atas air? Nahh simak dibawah ini ya agar tahu Jenis Pondasinya yang benar.

Baca Juga :  Jenis Jenis Rumput Taman Kekinian Dan Mudah Dirawat.

Jenis Pondasi Rumah Panggung

Pondasi rumah Panggung

Pondasi Rumah Panggung ini sebenarnya menggunakan pondasi setempat. Pondasi ini menerus dari kolom sampai ke stilts (panggung) dan bagian yang tertanaman di dalam tanah. pondasi ini bisa berbentuk pondasi umpak dan pondasi telapak atau ceker ayam.

Baca Juga : 8 Fungsi dan Jenis Dinding Penahan Tanah Terlengkap

1. Pondasi Umpak

Pondasi buat rumah Panggung

Pondasi umpak ini adalah pondasi dari batu/beton yang menjadi dudukan dari tiang rumah panggung. Pondasi umpak bisa berbentu prisma terpancung atau kerucut terpancung, dengan bagian dasar yang lebih besar daripada bagian atasnya. Pondasi ini terhubung dengan tiangnya dengan angkur. Pondasi ini cocok untuk rumah panggung kayu atau rangka baja.

Baca Juga : Pengertian dan Tipe Spillway (Bangunan Pelimpah)

2. Pondasi Telapak atau Ceker Ayam

Pondasi untuk rumah Panggung

Untuk rumah panggung beton dan untuk pondasi di tanah yang kurang stabil, pondasi telapak/footplate lebih cocok. Pondasi ini bagian telapaknya tertanam di tanah, sedangkan tiangnya berada di atas tanah, dan tersambung dengan kolom di atasnya. Pondasi telapak juga cocok untuk tanah yang tidak stabil. Hal yang perlu diperhatikan adalah penggalian dan pemasangan pondasinya harus menemukan tanah kerasnya terlebih dahulu.

Baca Juga : Desain & Cara Membuat Tangga Melayang Terlengkap

Bagaimana Kalau Pondasinya Dibangun di Bawah Permukaan Air?

Jenis Pondasi rumah Panggung

Biasanya hal ini dilakukan dengan cara membuat cofferdam atau bendungan disekitar titik pondasinya. Lalu, air di dalam bendungan ini dipompakan keluar. Setelah area di dalam bendungannya kering, kita bisa menanam pondasinya.

Baca Juga : Jenis & Pengertian Sistem Struktur Bentang Lebar Terlengkap

Gimana sudah tahu dan paham betul kan tentang Jenis & Cara Membangun Pondasi Rumah Panggung Terlengkap ini. Jadi jangan sampai salah menggunakan pondasinya yaaa. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button