Tempat WisataTempat WisataWisata Jawa TimurWisata Lumajang

Pesona Keindahan Wisata Ranu Kumbolo Lumajang

Pesona Keindahan Wisata Ranu Kumbolo Lumajang

Ranu Kumbolo
Sumber Instagram @wargagunung

Informasi Utama

Ranu Kumbolo adalah sebuah danau yang terletak di kaki gunung semeru , danau gunung yang terkenal di kota Lumajang Jawa Timur , letaknya di pegunungan Tengger. dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( TNBTS) .

Ranu Kumbolo
Sumber Instagram @ndar_schatzy

Wisata Ranu Kumbolo ini merupakan wisata yang cocok buat para pendaki gunung maupun pecinta alam karena sulit di jangkau namun bagi anak – anak mua yang penasaran dengan tempat wisata ini bisa mencobanya sendiri , wisata ranu kumbolo ini merupakan jalur menuju pendakian Gunung Semeru .

luas wilayah danau ini sekitar 15 hektar dengan ketinggian 2400 mdpl .namun para wisatawan atau para pengunjung tidak akan menyesal datang ke wisata ini karena pesona keindahannya yang menakjubkan . 30 Daftar Tempat Wisata di Lumajang Jawa Timur

Lokasi

Lokasi Wisata Ranu Kumbolo Lumajang terletak di Desa Ranu Pane Kecamatan Lumajang Kabupaten Jawa Timur. Untuk lebih jelasnya sudah saya sertakan google maps di akhir postingan.

Daya Tarik

Wisata Ranu Kumbolo memiliki daya tarik tersendiri baagi para pecinta alam maupun bagi para pendaki gunung atau bagi wisatawan yang suka dengan tantangan, karena untuk atang ke wisata Ranu Kumbolo di butuhkan perjuangan yang cukup keras , namun setelah sampai di Ranu kumbolo kelelahan anda akan terbayar setelah melihat pemandangan yang sangat luar biasa, air danau yang berwarna hijau kebiru – biruan dan juga rimbunya pepohonan yang membuat udara terasa sejuk dan segar, Ranu Kumbolo ini terletak di lereng atas gunung semeru karena di ranu kumbolo inilah tempat istirahatnya para pendaki gunung dengan mendirikan base camp.

Ranu Kumbolo
Sumber Instagram @akarifqulmaula

jadi para pendaki gunung bisa bermalam di sini dan melanjutkan kembali mendaki gunung pada esok harinya, sambil beristirahat para pendaki gunung di suguhi dengan keindahan ranu kumbolo yang bisa memanjakan mata yang melihatnya, namun di ranu kumbolo ini juga terkenal angker dan seram namun itu masih mitos, konon katanya di ranu kumbolo ini ada penunggunya dan dia seorang wanita yang biasa muncul pada bulan purnama.

Menurut warga setempat pernah ada kejadian sepasang pengantin datng ke danau ranu kumbolo dan meeka berdua mandi bersama namun mempelai wanita terseret arus dan muncul lagi ke permuka’an namun sudah tidak bernyawa , namun ini hanya mitos masalah percaya atau tidak terserah anda masing – masing . 30 Daftar Tempat Wisata di Lumajang Jawa Timur

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di wisata Ranu Kumbolo adalah Yaitu tersedia area parkir, warung makan, pos penjaga ‘an, kamar mandi dan toilet juga sudah tersedia.

Transportasi

Untuk transportasi menuju wisata ranu kumbolo bisa di tempuh dari terminal malang lalu ambil jurusan ke terminal tumpang dari sini anda bisa naik jeep atau ojek yang telah di siapkan oleh penduduk setempat menuju desa ranu pane, karena akses jalannya sudah beraspal dan mudah bisa di lalui kendara’an roda 2 maupun roda 4, namun dari ranu pane ini para wisatawan atau pengunjung harus berjalan kaki sekitar 3-4 jam menuju jalur pendakian gunung semeru, dari ranu pane menuju ranu kumbolo kurang lebih berjarak 10 km dengan mean pendakian relatif naik turun .

Saran Dan Kritik

Sebelum anda pergi berwisata ke Ranu Kumbolo anda harus memastikan kalau liburan pada waktu musim kemarau karena kalau berwisata di musim hujan kurang enak rasanya , karena medan yg di lalui menuju ranu kumbolo sa’at musim hujan jalanya licin dan berbahaya, siapkan semua perlengkapan , dan juga jangan lupa membawa obat – obatan , dan juga jangan lupa membawa peralatan untuk mendirikan base camp bila anda ingin menginap di ranu kumbolo ,periksa juga kondisi kendara’an anda karena anda supaya nyaman dalam melakukan perjalanan .

Peta Lokasi

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Pesona Keindahan Wisata Ranu Kumbolo yang dapat saya tulis di sini , semoga bisa bermanfa’at bagi anda , wisata ini sangat coccok untuk para pecinta alam dan juga bagi yang suka tantangan wisata ranu kumbolo ini bisa menjadi pilihannya . 30 Daftar Tempat Wisata di Lumajang Jawa Timur

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close