Tempat WisataTempat WisataWisata Jawa TimurWisata Jember

Pesona Keindahan Museum Tembakau Jember

Pesona Keindahan Museum Tembakau Jember

Informasi

Museum Tembakau adalah salah satu tempat destinasi wisata baru yang berada di kota Jember. Kota Jember merupakan salah satu kota yang terletak di daerah Jawa Timur. Potensi Jember ialah keberadaannya sebagai salah satu eksportir tembakau terbaik di dunia. Sehingga tak salah tembakau dijadikan logo dari kabupaten Jember. Jember memiliki museum dan perpustakaan tembakau yang dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT). 41 Daftar Tempat Wisata di Jember Jawa Timur Harus Anda Kunjungi

Lokasi

Museum Tembakau terletak tidak jauh dari pusat keramaian kota Jember tepatnya berada di Jalan Kalimantan Nomor 1 Jember.

Daya Tarik

Kota Jember merupakan kota kecil yang didalamnya terdapat beberapa kekayaan yang dikelola oleh masyarakat kota Jember. Salah satunya adalah eksportir tembakau terbaik di dunia. Kini terdapat  Museum Tembakau yang berada di kota Jember. Museum Tembakau ini memiliki nuansa yang modern dan minimalis yang membuat  museum ini tampak berbeda dengan museum lainnya. Museum Tembakau terdapat berbagai daun tembakau dari sejumlah daerah dan produk diversifikasi tembakau. Selain itu juga dihadirkan daun-daun tembakau dari jenis kasturi dan nag oost. Museum ini juga dilengkapi dengan alat-alat yang digunakan untuk proses pengolahan tembakau seperti mesin pemotong ataupun mesin pencacah. Disana juga terdapat petugas museum nan ramah yang siap memberi informasi kepada pengunjung.  Tembakau tidak hanya membawa sisi negatif, namun sebenarnya tembakau juga dijadikan bahan untuk pembuatan produk lain yang juga bersisi positif diantaranya seperti parfum, bio diesel, pestisida, pupuk organik dan minyak atsiri.  41 Daftar Tempat Wisata di Jember Jawa Timur Harus Anda Kunjungi

Tembakau kering di dalam Musium

Museum Tembakau juga akan dilengkapi miniatur gudang atak, gudang pengeringan tembakau, dan juga cangkul milik George Birnie, warga negara Belanda keturunan Skotlandia yang membuka perusahaan perkebunantembakau pertama di Jember tahun 1850. Jika anda pergi kesana anda akan mendapatkan pengetahuan lebih tentang tembakau.

Fasilitas

Fasilitas yang dapat anda temui di tempat wisata ini adalah tempat penyimpanan tembakau dan alat pemotonganya, tersedia juga Area parker, MCK, dan lain-lain.

Transportasi

Jika anda mengunjungi Museum Tembakau ini anda akan terbilang cukup mudah. Hanya 25 menit dari terminal Tawang Alun serta sekitar 10 -15 jika Anda naik angkot. Anda juga bisa menaiki kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Saran dan Tips

Untuk pergi ke Museum Tembakau di sarankan pada bulan Agustus karena anda juga dapat menikmati rangkaian acara Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ) seperti pagelaran budaya, seni, pertunjukan dan lainnya.

Peta Lokasi

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Keindahan Museum Tembakau Jember yang dapat saya tulis di sini. Semoga bisa menginspirasi anda semua untuk mencoba berwisata ke Museum Tembakau Jember. Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk anda semua. 41 Daftar Tempat Wisata di Jember Jawa Timur Harus Anda Kunjungi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button