Tempat WisataTempat WisataWisata Jawa TimurWisata Jember

Pesona Keindahan Air Terjun Manggisan Jember

Pesona Keindahan Air Terjun Manggisan Jember

Informasi umum

Air Terjun meruapakan pesona keindahan alami yang sangat diminati oleh para pecinta alam. Kota Jember memiliki beberapa air terjun yang sangat indah untuk dikunjungi. Salah satunya air terjun manggisan Jember, yang banyak menyimpan keindahan alam yang patut dijadikan tempat untuk berwisata. Disana terlihat begitu sejuk akan merasakan sensasi  dingin menyegarkan. Selain dimanjakan dengan pamandangan air terjun yang mengalir dengan deras, bahkan harmoni gemericik air yang bertemu dengan bebatuan yang membuat pemandangan terlihat sangat mengagumkan. 41 Daftar Tempat Wisata di Jember Jawa Timur Harus Anda Kunjungi

Lokasi

Air Terjun Manggisan terletak kurang lebih 35 kilometer arah barat kota Jember. Menuju air terjun manggisan, kita bisa melalui kecamatan tanggul, kemudian belok kiri arah patemon. Menuju desa Manggisan, kurang lebih satu jam perjalanan yang akan dilalui.

Daya Tarik

Tempat wisata di Jember cukup banyak dan menarik untuk dikunjungi, di Jember ada beberapa air terjun  yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata anda. Air terjun menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta alam yang menyukai perjalanan yang sangat menantang. Salah satunya air terjun manggisan Jember, yang merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki kondisi alam yang masih alamai dan pemandangan yang sangat indah. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan, barisan bukit yang menghijau serta hamparan sawah yang begitu indah. Jalanan yang akan di sangatlah menantang dengan memasuki hutan, melewati jalanan setapak yang masih berlatarkan perkebunan yang sangat asri, hingga akhirnya di akhir perjalanan kita bisa menemukan aliran deras sungai yang memotong jalanan setapak tadi. 41 Daftar Tempat Wisata di Jember Jawa Timur Harus Anda Kunjungi

Debit air terjun ini 198 liter perdetik dan dengan kadar kerjernihan yang bagus dan didukung dengan suasana hijau disekitar bukit yang menambah keindahan dan kesejukan pemandangan alam pada wisata air terjun Manggisan ini. Ternyata disekitar air terjun juga ada tempat – tempat pemancingan lokal yang disediakan oleh warga setempat. Jadi para pengunjung bisa memancing dengan menikmati keindahan.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Manggisan Jember adalah tempat makan ,tempat parkir, dan tempat pemancingan lokal yang di sediakan oleh penduduk yang tinggal di sekitar air terjun tersebut .

Transportasi

Lokasi berjarak sekitar 42 km sebelah barat kota Jember dengan waktu tempu sekitar 1 jam berkendara.  Dari kota Jember arahkan kendaraan ke Kecamatan Tanggul.  Sesampainya di kecamatan belok kiri ke arah Patemon hingga tiba di Desa Manggisan .Jika berkunjung ke Air terjun Manggisan bisa menggunakan motor maupun mobil, jika mengendarai mobil disarankan ber-ground clearance ataupun double gardan. Dikarenakan setengah perjalanan yang kita lalui akan melewati jalan makadam dan jalan yang sangat sempit. Setelah sampai pemberhentian terakhir, saya berjalan kaki selama hampir 20 menit perjalanan.

Saran dan Tips

Disarankan membawa celana dan baju ganti, karena sungai yang akan kita sebrangi tingginya hampir sepinggang orang dewasa, apalagi jika sudah memasuki musim hujan. Maka tinggi air sungai bisa semakin tinggi dan arusnya juga semakin deras. Selain itu jalanan menuju air terjun juga sangat licin, diharuskan berjalan sedikit demi sedikit dan menempel erat di dinding dengan karena jika tergelincir sedikit saja, sudah ada jeram besar menanti dengan arus deras sungai dibawahnya.

Peta Lokasi

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Air Terjun Manggisan Jember yang dapat saya tulis di sini. Semoga bisa menginspirasi anda semua untuk mencoba berwisata ke air terjun Manggisan Jember. Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk anda semua. 41 Daftar Tempat Wisata di Jember Jawa Timur Harus Anda Kunjungi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button