Tempat WisataTempat WisataWisata Jawa TengahWisata Wonosobo

Pesona Destinasi Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah

Keindahan Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah

Informasi Umum

Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Jawa Tengah, Indonesia. Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Wonosobo tidak mengunjungi Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di kota Wonosobo.

Lokasi

Dimana lokasi Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah ? seperti yang tertulis di atas lokasi terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Jawa Tengah, Indonesia. Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah saya sarankan anda mencari dengan mengetik Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah di search google maps saja. Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.

Daya Tarik

Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah terdapat empat candi
yang terletak bersebelahan menghadap ke barat yaitu Candi Arjuna, Candi
Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra, dan Candi Semar yang
menghadap ke arah timur tepat di depan Candi Arjuna – yang terletak di
ujung utara deretan percandian di kompleks tersebut. Candi Arjuna
hanya sebesar 4 m2 dengan posisi bb ke arah barat.

Pada pintu masuk
dihiasi oleh kala makara yang dipercaya sebagai penjaga kesucian candi.
Kala mempunyai arti raksasa yang menakutkan, sementara makara berarti
wujud binatang dongeng Hindu yang terdiri dari campuran berbagai bentuk
hewan seperti gajah, buaya, dan ikan. Dikarenakan bentuk kala makara
yang menakutkan, diharapkan dapat menangkal roh-roh jahat yang mencoba
memasuki candi (yang dianggap sebagai bangunan suci umat Hindu).

Di dalam Candi Arjuna
dipercaya adanya air suci yang menggenang di dalam yoni (tempat untuk
melahirkan). Masyarakat sekitar mempercayai bahwa air suci itu tidak
pernah habis meskipun saat musim kemarau dan dianggap sakral hingga saat
ini. Di sini, Anda tidak hanya dimanjakan dengan pemandangan kompleks
candi yang begitu cantik dan kesejukan udaranya karena berada di
ketinggian lebih dari 2000 meter di atas permukaan laut. Anda juga akan
disuguhkan pentas seni Tarian Rampak Yakso Pringgondani.

Tarian ini
menceritakan peperangan antara Raden Gatotkaca didampingi oleh
Palwangaseta (berwujud kera putih) melawan musuh dari Kerjaan Gilling
Wesi yang dipimpin oleh Prabu Kaloprono dan Patih Sekapu yang membuat
onar di khayangan. Kompleks Candi Arjuna biasanya digunakan sebagai tempat pelaksanaan
Galungan dan terkadang juga ruwatan anak gimbal. Ritual ruwatan rambut
gimbal inilah yang menjadi andalan atraksi wisata budaya dalam Dieng
Cultural Festival.

Fasilitas

Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah bisa dibilang sebuah wisata sejarah yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut : – Area Parkir kendaraan – Mushola – Kamar mandi / MCK – Tempat Istirahat

– Warung Kuliner – dan masih banyak lainya

Transportasi

Bagi wisatawan asal kota Wonosobo sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka bingung dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota Wonosobo saya mempunyai solusinya agar anda semua tidak kesasar.

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.
Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di Kecamatan Batur. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju Desa Dieng Kulon hingga sampai di lokasi Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo tersebut.

Saran dan Tips

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah, anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan seperti membawa bekal, air minum dan lainnya. Serta beberapa barang tambahan seperti  kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman – teman anda.

Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, obat-obatan, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar.  Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati – hati.

Peta Lokasi

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah yang dapat saya informasikan di web https://ihategreenjello.com. Semoga bisa menginspirasi anda semua untuk mencoba berwisata ke Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah. Sebagai referensi inilah kumpulan wisata wisata terindah di kota Wonosobo, Jawa Tengah. Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk anda semua.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button