Home & HouseTips

Pengertian Dan Tipe Spillway (Bangunan Pelimpah)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Bangunan Pelimpah atau biasa disebut Spillway adalah bangunan hidrolis yang berfungsi mengalirkan aliran air yang melebihi kapasitas bendungan. Umumnya cara kerjanya itu dapat terkontrol ataupun tidak terkontrol. Berikut tipe / Jenis Spillway berdasarkan bentuknya.

spillway
Sumber Instagram @Galerisipil

Baca Juga : Kelebihan, Metode Soil Nailing Alternatif Stabilisasi Lereng

1. Pelimpah Ambang Jatuh Bebas (Straight Drop Spillway)

Biasanya ditemukan pada bendungan yang tidak terlalu tinggi. Desain pelimpah ini memungkinkan air jatuh bebas dari mercu pelimpah. Bagian bawah tempat air jatuh biasanya dilengkapi ventilasi untuk mencegah terjadinya puasaran air.

2. Pelimpah Ogee (Overflow Spillway)

Pelimpah ini memiliki ambang yang bentuknya menyerupai huruf S, dan bagian bawah pelimpah bersinggungan dengan kurva atas dan mennopang lembaran air yang jatuh.

bangunan pelimpah
Sumber Instagram @Galerisipil

3. Pelimpah Luncur (Chute Spillway)

Pada pelimpah ini, saluran pembuangannya dialirkan dari waduk ke bagian hilir permukaan sungai melalui saluran terbuka. Kemiringannya dirancang sedemikian rupa sehingga aliran selalu berada pada kondisi superkritis.

Baca Juga :  Jenis Jenis Rumput Taman Kekinian Dan Mudah Dirawat.

4. Pelimpah Samping (Side Channel Spillway)

Mirip dengan pelimpah luncur. Puncak pelimpah terletak di salah satu sisinya. Limpahan air dialirkan ke bak bendungan yang sempit hingga membentuk sudut siku siku dan mengalir sejajar dengan puncak pelimpah.

5. Pelimpah Corong (Shaft Spillway)

Aliran akan masuk melalui lubang yang posisinya horizontal, lalu turun melalui corong vertical atau miring hingga mencapai bagian hilir. Penggalian corong alami hanya mungkin dilakukan jika terdapat lapisan batuan keras di sisi hulu.

spillway
Sumber Instagram @Galerisipil

6. Pelimpah Sifon (Siphon Spillway)

Merupakan sistem saluran tertutup yang bekerja dengan metode tarikan sifon. Sistem saluran berbentuk tabung U terbalik. Aksi sifon terjadi setelah udara di belokkan melalui mercu yang ditarik oleh aliran air.

Baca Juga : 8 Fungsi dan Jenis Dinding Penahan Tanah Terlengkap

Lumayan bingung sih untuk memahami tentang Pengertian dan Tipe Spillway (Bangunan Pelimpah) ini. Pelan pelan pasti sobat sobat teknik sipil akan memahami ini kok, karena jika hanya teori saja pasti akan sulit, harus diimbangi dengan praktik dilapangan. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button