Home & HouseTips

Mengenal Jenis Jenis Tumpuan Struktur Terlengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Mengenal Jenis Tumpuan!! Seorang sarjana teknik sipil harus menguasai terkait dengan Jenis tumpuan pada suatu bangunan. Dikarenakan seorang sarjana maupun smk jurusan bangunan harus belajar banyak mengenai suatu struktur bangunan, tanpa panjang lebar. Lebih jelasnya, cek postingan ihategreenjello ini tentang pengertian tumpuan dan jenis jenis tumpuan.

Jenis Jenis Tumpuan
Sumber Gambar Instagram @galerisipil

Pengertian Tumpuan adalah tempat bersandarnya suatu konstruksi dan tempat berkerjanya reaksi. Istilah tumpuan ini sudah tidak asing lagi dalam analisis struktur. Dikarenakan jenis tumpuan yang digunakan berpengaruh terhadap jenis konstruksi. Jenis tumpuan yang sering digunakan dalam bangunan adalah tumpuan sendi, rol, dan jepit. Nah, seberapa tahu sih seorang teknik sipil tentang ‘tumpuan’ ini?

Baca Juga : Kelebihan Kekurangan Hebel (Bata Ringan), Bata Merah, dan Batako

1. Tumpuan Sendi

Jenis Jenis Tumpuan
Sumber Gambar Instagram @galerisipil

tumpuan sendi dalam penerapannya pada umumnya digunakan sebagai tempat bertumpunya sebatang balok. Tumpuan sendi dapat menahan gaya (baik horizontal maupun vertikal), namun tidak dapat menaan momen. Dengan demikian tumpuan sendi hanya mempunyai dua gaya reaksi yaitu reaksi vertikal RV dan reaksi horisontal RH.

Baca Juga :  Cara Menghitung Volume Sloof dan RAB

2. Tumpuan Rol

Jenis Jenis Tumpuan
Sumber Gambar Instagram @galerisipil

Tumpuan rol dalam kehidupan sehari-hari dapat ditemui pada konstruksi jempatan. Tumpuan rol hanya dapat menahan gaya vertikal saja. Dengan demikian tumpuan rol hanya dapat menahan satu gaya reaksi yang tegak lurus dengan RV.

3. Tumpuan Jepit

Jenis Jenis Tumpuan
Sumber Gambar Instagram @galerisipil

Tumpuan jepit paling sering ditemui pada tiang atau kolom beton pada bangunan. Tumpuan jepit membuat balok dalam keadaan kaku. Tumpuan jepit mampu menahan gaya vertikal dan horizontal serta momen. Dengan demikian jepit mempunyai tiga reaksi yaitu reaksi vertikal RV, reaksi horisontal RH dan reaksi momen RM.

So anda lebih paham tentang Jenis Jenis Tumpuan pada suatu struktur bangunan kan? seorang teknik sipil harus paham dan memahami secara betul dikarenakan jika melakukan kesalahan dalam menentukan tumpuan dan tata cara menghitung maka akan dipastikan bangunan tersebut akan mudah rubuh atau bahkan paling jeleknya pasti akan tidak simetris sehingga mengakibatkan kerubuhan bangunan dan mengancam jiwa pekerja maupun orang disekitar. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua ya. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button