Home & HouseTips

5 Cara Mudah Pasang Keramik Dinding Yang Benar

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Fungsi dari keramik sebenernya untuk memperindah sebuah banguanan atau rumah, tak terfikirkan bahwa memasang keramik rasanya gampang-gampang susah lho. Tidak hanya di lantai, keramik juga dipasang di dinding. Apa aja sih tahap-tahapnya? Simak dibawah ini ya agar tahu Cara Pasang Keramik Dinding!

Pasang Keramik Dinding

1. Pastikan Area Pemasangan Keramik Bersih

Area pemasangan keramik harus bersih ya sobat, cara pertama untuk Pasang Keramik Dinding tidak harus kering. Justru dilembabkan dulu akan lebih baik supaya air semen nanti tidak banyak diserap dinding, akibatnya mortar tidak maksimal kekuatannya.

Pasang Keramik Dinding

Kedua, durasi perendaman tidak sama untuk setiap jenis/merk keramik, tidak bisa bilang 15-30 menit. Ada merk yg menyarankan 1 jam, bahkan ada yg beberapa jam. Nah setelah tahu hal hal ini, buatlah garis garis vertikal dan horizontal dengan benang agar pemasangan rapi dan lurus.

Baca Juga :  Cara Pemasangan Keramik Di Atas Keramik (Tile on Tile)

2. Rendam Keramik

Cara Pasang Keramik Dinding

Keramik harus direndam terlebih dahulu agar air bisa masuk ke pori pori keramik dan semen dapat menempel dengan baik, kurang lebih selama 15-30 menit.

Baca Juga : Cara Hemat Renovasi Dapur Minimalis

3. Campuran Perekat Keramik

Cara Pasang Keramik Dinding

Buat campuran yang ideal dengan perbandingan pasir, beton dan semen 1:1:5 dan tambahkan air sampai campuran berbentuk seperti adonan. Atau bisa juga memakai perekat khusus keramik supaya lebih mudah, sesuai step pertama ya setiap merk mortar khusus keramik biasanya ada ketentuan khususnya.

Baca Juga : Memahami Detail dan Ukuran Tangga Terlengkap

4. Menempelkan Keramik

Memasang Keramik Dinding

Keramik harus ditiriskan dulu dari rendaman agar tidak terlalu basah. Setelah itu keramik yang sudah dilapisi dengan semen dapat ditempelkan pada dinding, kemudian ditekan dan diketuk perlahan dengan palu karet. Pelan Pelan ya! Jangan terlalu keras nanti retak. Pasang keramik dari bawah dulu, lalu menuju ke atas.

Baca Juga : 3 Cara Cepat Menghitung Kebutuhan Keramik

5. Finishing

Memasang Keramik Dinding

Setelah keramik di pasang, bersihkan permukaan keramik dengan spons atau kain yang lembut. Setelah 2-3 hari keramik dipasang, pengisian nat bisa mulai dilakukan. Taraaaa selesai deh.

Mudah bukan teori tentang 5 Cara Mudah Pasang Keramik Dinding Yang Benar ini? Eitsss jangan salah praktek itu tidak semudah teori lo sobat hihi. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button