Home & HouseTips

Pentingnya Pasang Grounding Listrik di Rumah!

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Grounding fungsinya adalah untuk menetralkan kelebihan tegangan listrik, seperti pada kebocoran listrik atau sambaran petir, dengan cara mengalirkan arusnya ke tanah. Seberapa penting sih pasang Grounding Listrik di rumah?.

Grounding Listrik
Sumber Instagram @gravelindonesia

Baca Juga : Kelebihan, Kekurangan & Hitung Kebutuhan Keramik

Apa Itu Grounding?

Grounding Listrik
Sumber Instagram @gravelindonesia

Grounding Listrik adalah suatu sistem yang menghubungkan instalasi listrik pada bangunan ke dalam tanah atau bumi, dengan menggunakan konduktor yang ditanam di tanah. Grounding berfungsi untuk menetralkan kelebihan tegangan listrikm seperti pada kebocoran listrik atau sambaran petir, dengan cara mengalirkan arusnya ke tanah.

Baca Juga : Jenis, Tipe, dan Ukuran Pintu Sesuai Standart Lengkap

Kenapa Harus Dialirkan ke Tanah?

Grounding Listrik
Sumber Instagram @gravelindonesia

Karena tanah memiliki massa yang besar, sehingga mampu unutk menetralkan arus dan tegangan listrik yang tinggi. Dengan menyalurkannya ke tanah, grounding bisa menyelematkan instalasi kelistrikan rumah dari kerusakan akibat tegangan berlebih!

Baca Juga : Layout, Model & Desain Dapur Minimalis Modern Mewah

Kenapa Harus Pakai Grounding?

Grounding Listrik
Sumber Instagram @gravelindonesia

Grounding Listrik ini sebenernya sederhana, tapi bisa menyelamatkan nyawa. Grounding ini memberi jalur alternatif untuk mengalirkan arus listrik saat terjadi korseting suaya tidak sepenuhnya mengalir ke tubuh manusia. Grounding juga bisa menstabilkan tegangan listrik yang mengalir ke alat elektronik, mencegah resiko kerusakan alat elektronik saat tegangan naik tiba tiba.

Baca Juga : Berapa Besar Sih Rata Rata Gaji Arsitek

Cara Pemasangan Grounding

Dengan prinsipnya grounding yang menghubungkan instalasi listrik ke dalam tanah, yang pertama harus dilakukan adalah memasang kabel netral dan ground yang digabung bersama dengan kabel bertengan dari kWh meter. Area pemasangan Ground/Arde ini umumnya sengaja ditempatkan dekat dengan kWh meter.

Grounding Listrik
Sumber Instagram @gravelindonesia

Kabel kabel ini nantinya akan dihubungkan pada seluruh jaringan dan stop kontak. Dari stop kontak inilah, nantinya grounding akan tersambung dan terkoneksi dengan berbagai peralatan listrik di rumah seperti kulkas, tv, komputer, dan lain sebagainya.

Grounding Listrik
Sumber Instagram @gravelindonesia

Batang batang arde (groundrod yang ditanam di tanah materialnya terbuat dari tembaga. Semakin banyak groundrod/arde yang dipasang, maka semakin baik juga bagi instalasi listriknya. Untuk detail pemasangannya, ada baiknya untuk ditanyakan pada tukang listrik saat pemasangan instalasi listrik rumah.

Baca Juga : Tips Mudah Dan Cepat Agar Pemasangan Keramik Rapi

Sudah tahu kan Pentingnya Pasang Grounding Listrik di Rumah sob. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button