Home & House

Cara Pasang Bondek / Floordeck Dengan Benar & Cepat

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Salah satu alternatif plat lantai cor yang lebih gampang adalah dengan steel floor deck, atau lebih dikenal dengan nama bondek. Nah, karena floor decknya ini bakal jadi satu dengan cornya, pemasangannya gak bisa sembarangan! Terus gimana sih cara Pasang Bondek yang benar itu?

Pasang Bondek

Apa itu Bondek / Steel Floor Deck ?

Pasang Bondek yang mudah
Sumber Instagram @gravelindonesia

Bondek / Steel Floordeck adalah lembaran baja yang bisa menjadi bekisting untuk menahan cor beton dan menjadi pengganti tulangan bawah pada dak beton. Steel floor deck ini bentuknya berupa lembaran baja bergelombang yang dipasang di atas balok beton maupun balok baja. Di pasaran, tukang dan mandor mengenalnya dengan nama bondek (sebenernya ini merk).

Baca Juga : Cara Menghitung Kebutuhan Plafon Termudah & Cepat

Sistem Pasang Bondek / Steel Floor Deck

Pasang Bondek yang mudah
Sumber Instagram @gravelindonesia

Bondek ini akan bekerjasama dengan beton dan wiremesh untuk membuat plat komposit. Steel floor deck ini menjadi tulangan bawah, sedangkan wiremesh tetap menjadi tulangan atasnya. Untuk detailnya bisa diliat seperti gambar diatas ya.

Baca Juga :  Cara Menghitung Kebutuhan Cat Termudah & Tercepat

Keuntungan Pemasangan Bondek / Steel Floor Deck

Pasang Bondek yang benar
Sumber Instagram @gravelindonesia

Pemasangan Bondek model seperti ini bisa menghemat bekisting dan menghemat waktu pengerjaan! Berbeda dengan saat menggunakan papan kayu atau tripleks sebagai alas pengecoran, lembarang bondek yang dipakai tidak akan dilepas dan tetap menjadi bagian plat cor.

Pasang Bondek yang benar
Sumber Instagram @gravelindonesia

Plat lantainya jadi lebih sedikit membutuhkan papan bekisting, hanya perancah saja untuk menahan beban beton sementara sebelum beton mengering, supaya bondek tidak melendut. Karena inilah, waktu pemasangan bekisting bisa jadi lebih cepat, dan menghemat waktu pengerjaan.

Baca Juga : Cara Menghitung Luas Atap Termudah dan Tercepat

Lalu bagaimana Pemasangan Bondek Untuk Lantai / Dak?

1. Letakkan Bondek / Steel Floor Deck Di Atas Balok

Pasang Bondek
Sumber Instagram @gravelindonesia

Ada baiknya untuk pasang bondek dengan arah gelombang searah ke bentang pendek. Misalnya, jika bentang antar balok 4×6 meter, maka kita sebaiknya memasang bondek dengan arah gelombangnya 4 meter. Dengan cara ini, bondek tidak akan mudah melendut. Beri jarak sekitar 1 inci ata 2,5cm dari tepi balok untuk memasang kuncian.

2. Pasang Pengunci Bondek

Pasang Bondek sesuai standar
Sumber Instagram @gravelindonesia

Pasang stek atau bolt sebagai penguat bondek agar menghunci sehingga bondek tetap berada pada tempatnya dan tidak bergeser. Pasang end stop untuk bagian tepi bondek supaya beton tidak tumpah saat dituang.

3. Gelar Wiremesh / Besi Tulangan Atas

Pasang Bondek sesuai standart
Sumber Instagram @gravelindonesia

Beri jarak sekitar sesuai ketebalan plat lantai yang direncanakan antara steel floor deck dan wiremesh. Supaya wiremesh tidak turun, kita bisa menggunakan tahu beton (concrete spacer).

4. Lakukan Pengecoran

Pasang Bondek sesuai standart
Sumber Instagram @gravelindonesia

Saat menuang adukan beton, ratakan adukan ke seluruh bagian steel floor deck, supaya tidak terjadi penumpukan beton yang bikin steel floor deck melendut. Supaya rata, kita bisa menuang beton dari ujung balok, dan bisa diratakan dengan vibrator semen.

Baca Juga : Berapa Luas Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal Itu?

Gimanaa ada yang masih bingung nggak tentang Cara Pasang Bondek / Floordeck Dengan Benar & Cepat ini? Kalau ada yang bingung silahkan komen dibawah ini saja ya. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button