Misteri Gunung

6 Misteri Gunung Sumbing Paling Mencekam

Misteri Gunung Sumbing – Gunung sumbing terletak di jawa tengah. Gunung ini masuk dalam daftar gunung tertinggi di jawa tengah dan banyak pendaki yang menjadikan sumbing sebagai tempat untuk memacu adrenalin. Gunung sumbing jawa tengah ini memiliki kembaran yang namanya gunung sindoro yang dulunya gunung ini diibaratkan sebagai anak kembar.

pesonagunung_

Misteri Gunung Sumbing

Menurut cerita, sumbing bertengkar dengan sindoro sehingga bibirnya menjadi sumbing. Tanda sumbing bisa dilihat dari puncak gunung yang menyerupai bibir sumbing. Lalu, apa saja hal yang menarik mengenai sumbing, tentu saja hal yang dimaksud adalah hal hal dibalik keindahannya yaitu Misteri Gunung Sumbing. jika kalian penasaran, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Slamet

1. Peri Gunung sumbing

Peri biasanya sering kalian dengar ada di dalam dongeng. Tetapi saat kalian mendaki gunung sumbing, peri akan menjadi bagian dari mitos gunung sumbing. Para pendaki mengatakan peri tersebut adalah makhluk yang bercahaya tetapi ia sangatlah tidak ingin jika manusia melihat wujudnya. Dalam versi lain mengatakan bahwa peri adalah jin jin penunggu gunung sumbing yang bisa saja menyesatkan pendaki ketika pendaki tidak menjaga adab selama pendakian

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Rinjani

2. Kakek Tua dan Rokok Menyan

Rokok menyan sering diidentikkan dengan hal mistis. Bau menyan biasanya sering diidentikkan dengan hal hal mistis. Biasanya bau menyan akan tercium saat kalian melihat sesajen. Dan pada saat kalian menaiki gunung sumbing, kalian akan sering melihat kakek tua yang sedang merokok menyan. Diamkan saja karena pendaki percaya bahwa kakek tua itu hanyalah penunggu dari gunung sumbing dan jangan heran jika kalian melihatnya selama pendakian menuju ke puncak sumbing.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Semeru

3. Orang berbaju putih

Sumbing memang lekat dengan nuansa mistisnya. Jika kalian tadi sudah mendengar cerita tentang kakek tua, kali ini cerita datang dari orang yang ada di atas gunung sumbing tetapi memakai jubah putih. Jubah putih sering diidentikkan dengan orang yang baik tetapi saat kalian menjumpainya di tengah pendakian, anda akan merasa takut pastinya. Jangan khawatir, saat kalian melihat orang jubah putih saat melakukan pendakian di sumbing, itu berarti kalian melihat para orang pintar yang sedang bertapa atau diskusi karena sumbing dipercaya sebagai tempat untuk lebih dekat pada tuhan.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Bromo

4. Orang berbaju hitam

Ada pula pendaki yang pernah melihat orang berbaju hitam saat melewati jalan menuju puncak sumbing. Tentu saja hal itu akan membuat bulu kuduk merinding apalagi jika jumlah dari kalian hanya sedikit. Menurut masyarakat setempat orang berbaju hitam yang sering dijumpai para pendaki adalah mereka yang memang sedang bertapa di sumbing. Entah apa tujuan dari pertapaannya tetapi orang berbaju hitam itu terlihat berkomat kamit sambil mengucap mantra atau doa. Jika kalian melihatnya, cukup diam dan jangan menyapanya.

Baca Juga : 7 Misteri Gunung Ciremai

5. Tempat pesugihan

Kadang kala ada yang menjadikan gunung sebagai tempat untuk meminta harta kekayaan dalam waktu yang singkat. Orang orang tersebut nantinya akan memberikan tumbal sebagai gantinya. Dan cerita tersebut tidaklah hanya dongeng belaka karena banyak orang yang sengaja datang ke kawah sumbing untuk meminta kekayaan pada penunggu. Tentu saja di kawah sumbing, kalian akan menjumpai banyak orang yang sedang melakukan perjanjian dengan makhluk ghaib. Jadi tidak usah heran jika nanti di kawah sumbing, kalian akan menjumpai banyak sesajen karena hal itu adalah permintaan dari penunggu sumbing.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Gede

6. Jangan menoleh ke belakang

Mitos ini agaknya mitos yang kadang sering terlupakan ketika pendaki mendaki gunung sumbing. Pendaki percaya bahwa dengan tidak menoleh, pendakian sampai ke puncak akan berjalan dengan lancar. Tetapi, ketika mereka menoleh, pendakian akan lambat karena penunggu sumbing sengaja akan mengecohkan jalan. Iya jika terkecoh kemudian sadar. Akan tetapi jika kalian nyasar dan tidak dapat menemukan rute yang benar, maka nyawa akan menjadi taruhannya. Jadi, ingat betul teruslah menghadap ke depan agar perjalanan menuju puncak sumbing semakin dekat.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Arjuno

Semoga cerita dan Mitos Gunung Sumbing yang ihategreenjello bagikan bisa dijadikan pembelajaran. Hanya saja jangan jadikan hal ini sebagai hal yang perlu ditakuti karena keselamatan kalian di tangan Tuhan maka takutlah pada Tuhan. Semoga bermanfaat!

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close