Misteri Gunung

6 Misteri Gunung Slamet Paling Mencekam

Misteri Gunung Slamet – Gunung slamet adalah gunung yang paling tinggi di pulau jawa. Sebagai gunung yang menyandang status sebagai gunung tertinggi, tak heran jika banyak pendaki yang ingin menjelajah gunung tersebut.

Misteri Gunung Slamet
Sumber Instagram @ulimuslih

Misteri Gunung Slamet

Tentu saja, tidak hanya pendaki yang berada di kawasan gunung slamet saja, melainkan dari berbagai daerah bahkan ada yang berasal dari luar negeri. Namun, seperti gunung yang lainnya, beberapa Misteri Gunung Slamet nyatanya menyimpan mitos yang cukup popular di kalangan mendaki. Seperti apa cerita selengkapnya, simak informasi berikut ini.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Rinjani

1. Manusia Kerdil

Jika kalian mengira bahwa manusia kerdil hanya akan dijumpai pada dongeng belaka, dugaan kalian salah besar karena manusia mini ini bisa kalian jumpai pada saat kalian mendaki gunung slamet. Gunung tertinggi di jateng ini konon katanya dihuni oleh manusia kerdil. Pada mulanya, manusia kerdil tersebut mendaki gunung tetapi ia tidak dapat kembali sehingga menjadi penunggu gunung slamet. Saking lamanya ia tidak berinteraksi dengan manusia, ia menjadi bersikap layaknya binatang. Bahkan, pada saat ada yang berkemah, manusia kerdil sering mengambil makanan di tenda tetapi ia sangat takut ketika melihat manusia.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Semeru

2. Misteri Surono

Surono adalah salah satu pendaki yang berhasil mendaki gunung slamet sampai ke puncak. Namun, keberadaan surono sampai ke puncak agaknya kurang beruntung karena di sana surono malah meninggal dunia. Entah apa penyebabnya, tetapi kematian surono menjadi moment tersendiri. Untuk mengingat surono dan menghormatinya, maka di puncak gunung slamet, pendaki akan melihat tugu surono yang dibangun untuk mengenang surono selama pendakian.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Bromo

3. Misteri Gerbang Ghaib

Dimanapun kalian melakukan pendakian, kalian pastilah akan menemukan unsur mistis. Begitupun saat kalian mendaki gunung slamet jawa tengah, ada sebuah jalur pendakian yang dipercaya sangatlah mistis. Namun, jalur tersebut adalah jalur yang memiliki rute terdekat sehingga banyak orang yang tetap memilihnya sebagai jalur utama. Di jalur slamet yang bernama brambangan, kalian akan menemukan dua pohon besar yang sekilas mirip sebuah gerbang. Dua pohon tersebut dipercaya sebagai pohon ghaib sehingga pendaki wajib berhati hati jika melewatinya karena jika pendaki kurang beruntung, pendaki bisa nyasar dan tidak akan kembali lagi.

Baca Juga : 7 Misteri Gunung Ciremai

4. Misteri Pos Samarantu

Selama pendakian pastinya kalian akan menemukan pos pos yang biasanya digunakan sebagai tempat peristirahatan selama pendakian. Ketika kalian mendaki di gunung slamet, kalian akan menemukan beberapa pos, salah satunya pos samarantu. Nama pos yang unik ternyata menyimpan kisah yang cukup menyeramkan. Menurut para pendaki, pos tersebut sebaiknya tidak digunakan untuk beristirahat karena di sana banyak penunggu yang jahil. Itulah mengapa pos dinamakan dengan pos samarantu yang dalam bahasa jawa artinya awas ada hantu.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Gede

5. Misteri Air Terjun Guci

Bagi kalian yang pernah ke tegal, kalian pastilah tidak asing dengan nama air terjun guci karena air terjun ini serint dijadikan sebagai destinasi wisata. Selain sebagai tempat wisata, banyak juga yang menjadikan daerah gucci sebagai jalur pendakian menuju gunung slamet. Ada cerita yang sedikit horor di sini. Konon katanya banyak orang yang menjadikan air terjun ini sebagai tempat untuk memperoleh ilmu supranural. Ada pula yang menjadikannya sebagai tempat mendapatkan awet muda khususnya wanita. Entah benar apa tidak itu hanyalah sebuah kepercayaan.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Cikuray

6. Misteri Pasar Setan

Ternyata yang namanya pasar setan tidak hanya dapat kalian temukan di gunung merapi saja. Ketika kalian mendaki gunung slamet, kalian juga akan menemukannya. Pasar setan dipercaya terletak di punggung gunung slamet. Di punggung gunung, pendaki akan lebih mendengar jelas suara angin yang kencang. Suara tersebut dipercaya sebagai suara penunggu gunung slamet yang sedang bertransaksi di pasar setan.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Arjuno

Meski kebenarannya hanya pernah dibuktikan oleh beberapa orang saja dan ihategreenjello pun belum mengalami sendiri, tetapi banyak yang menjadikan Misteri Gunung Slamet sebagai momok tersendiri. Kalian para pendaki mungkin bisa menjadikan cerita di atas sebagai pembelajaran tetapi jangan gunakan sebagai sumber yang patut ditakuti karena yang wajib kalian takuti adalah Tuhan. Sekian.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close