Misteri Gunung

6 Misteri Gunung Semeru Paling Mencekam

Gunung semeru adalah salah satu gunung yang sering dijadikan destinasi pendakian oleh para pencinta petualangan. Gunung ini memiliki ketinggian yang tidak boleh diremehkan begitu saja sehingga ketika kalian ingin melakukan pendakian, alangkah baiknya kalian mengetahui seluk beluk tentang gunung yang satu ini, termasuk misteri yang ada di gunung semeru.

Sumber Instagram @catatanflashpacker

Misteri Gunung Semeru

Seperti halnya dengan gunung yang lain, semeru memiliki cerita cerita yang membuat ramai di pendakian. Cerita itu entah fakta atau hanya kebetulan, tetapi cerita ini sudah mendarah daging di telinga para pendaki. Ingin tahu Misteri Gunung Semeru ?, simak informasi yang ihategreenjello bagikan dibawah ini.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Bromo

1. Misteri Guru Kunci Semeru

Semua tempat yang dianggap mistis biasanya sering memiliki juru kunci. Tidak hanya sebuah makam saja, tetapi juru kunci juga ada dalam sebuah pendakian gunung. Juru kunci adalah orang yang paham betul tentang gunung tersebut. Bahkan, kabarnya ketika gunung ingin meletus, juru kunci sudah diberitahu sebelumnya. jika gunung merapi dahulunya memiliki juru kunci yang bernama mbah mijan, semeru juga tak mau kalah, gunung yang gagah ini memiliki juru kunci yang dikenal masyarakat dengan nama mbah dipo. Ada sebuah wasiat dari mbah dipo untuk pendaki yaitu ketika gunung meletus pendaki jangan berlari ke arah gunung siwur tetapi pendaki harus berlari ke arah sungai. Meski sampai sekarang, tidak ada yang tahu maksutnya tetapi itulah kunci keselamatan yang dipegang oleh para pendaki.

Baca Juga : 7 Misteri Gunung Ciremai

2. Misteri Dua Prajurit

Kalian pernah menyaksikan film 5 cm meter. Jika sudah pernah, maka kalian mesti sudah bisa membayangkan bagaimana latar semeru. Gunung yang berjuluk atap pulau jawa ini memiliki salah satu tempat yang bernama arcopodo. Di tempat ini banyak pendaki yang memutuskan istirahat. Sayangnya, bagi mereka yang memiliki kemampuan indra ke enam, di arcopodo sangat banyak sekali makhluk tak kasat mata. Bahkan, ada juga yang mengatakan bahwa ada 2 prajurit yang menjaga di arcopodo dan prajurit tersebut berbentuk arca. Oleh karena itu, jika kalian sampai di arcopodo, kalian akan melihat arca yang penuh dengan sesajen. Hal tersebut semata mata hanya untuk simbol penghormatan.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Gede

3. Misteri Ranu Kumbolo

Semeru memang gudangnya keindahan. Salah satu keindahannya ada di ranu kumbolo yaitu tempat yang biasanya digunakan untuk menginap para pendaki. Ada satu misteri gunung semeru yang dipercaya di tempat ini, yaitu para pendaki tidak boleh sembarangan memancing. Ya, di tempat kemah itu ada danau besar yang dipercaya dijaga oleh seorang dewi. Dewi tersebut menjelma sebagai ikan. Itulah mengapa memancing disana menjadi salah satu larangan.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Cikuray

4. Misteri Dewi Berkebaya Kuning

Ketika kalian mendengar kata dewi, mesti didalam benak kalian adalah perempuan cantik seperti yang ada dalam sebuah dongeng. Agaknya hal tersebut menjadi nyata saat kalian berbicara tentang misteri gunung semeru. Di gunung semeru, tepatnya di ranu kumbolo ada seorang dewi yang kabarnya menjadi penunggu tempat tersebut. Pada saat bulan purnama tiba, dewi itu akan menampakkan dirinya yang ditandai dengan adanya kepulan asap. Dewi itu memakai baju khas jawa yaitu kebaya berwarna kuning. Bisa kalian bayangkan bagaimana cantiknya? Atau malah mengerikan?

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Arjuno

5. Misteri Kawasan Kelik

Gunung semeru selain indah juga menyimpan banyak cerita istis. Ada satu tempat yang sudah banyak memakan korban kesurupan. Di sana sering ada pendaki yang kerasukan entah roh penunggu atau roh binatang. Yang pasti kalian wajib berhati hati. Kawasan kelik cukup menyeramkan ketika kalian mendaki gunung semeru karena di tempat ini banyak nisan yang menandakan ada para pendaki yang meninggal dunia entah karena hypotermia atau kelelahan. Yang pasti jika kalian lelah lebih baik istirahat daripada nanti kerasukan di kawasan kelik semeru.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Halimun

6. Mitos Tentang Keberadaan Dewa di Puncak Semeru

Seorang pendaki tentunya akan sangat berbahagia jika mereka sudah dapat mencapai puncak. Karena di sana kalian bisa bernapas lega dan bisa langsung melihat pemandangan dari atas. Sayangnya, kalian perlu waspada ketika mencapai puncak semeru. Konon katanya puncak gunung ternama di pulau jawa ini adalah tempat bersemayamnya para dewa. Apabila pada saat di puncak semeru, kalian mendengar suara, alangkah baiknya kalian bersemedi terlebih dahulu jika ingin lancar selama melakukan pendakian.

Baca Juga :  7 Misteri Gunung Lawu

Demikian cerita Misteri Gunung Semeru yang ihategreenjello sampaikan. Jangan jadikan cerita mitos ini sebagai faktor pemicu ketakutan kalian pada semeru karena takut hanya boleh dirasakan pada saat kita merasa dekat dengan Tuhan. Semoga cerita tentang misteri gunung semeru ini bermanfaat bagi para pembacanya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close