Misteri Gunung

6 Misteri Gunung Merbabu Paling Mencekam

Misteri Gunung Merbabu – Gunung merbabu adalah gunung yang menghiasi daerah jawa tengah. Gunung ini memiliki keindahan yang membuat mata yang memandang semakin betah. Berawal dari memandang, banyak orang yang tertarik untuk melihatnya dari dekat sehingga memutuskan untuk melakukan pendakian ke merbabu.

Sumber Instagram @hanindotours

Tetapi, ada beberapa hal yang wajib kalian ketahui selama pendakian karena ada beberapa misteri dan mitos yang berkaitan dengan keselamatan selama pendakian. Dan inilah Misteri Gunung Merbabu yang dipercaya para pendaki ketika mendaki gunung yang berada di kawasan semarang jawa tengah.

Baca Juga : Misteri Gunung Sumbing

Misteri Gunung Merbabu

1. Penampakan Gendruwo

Istilah makhluk halus yang satu ini mungkin hanya populer di kalangan masyarakat jawa. Namun, tak ada salahnya kalian mengetahuinya. Gendruwo adalah makhluk halus dengan perawakan tinggi kekar dan hitam. Makhluk ini adalah salah satu makhluk penunggu gunung merbabu. Biasanya, pendaki yang memiliki indera ke enam sering melihatnya di salah satu pos yang ada di gunung merbabu. Cukup berdoa saja agar gendruwo tidak mengganggu selama pendakian.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Slamet

2. Penampakan hantu gendong

Hantu gendong mendapatkan julukan seperti itu tentunya bukan tanpa alasan. Salah satu mitos gunung merbabu menyebutkan bahwa ada penunggu gunung merbabu yang sering mengganggu pendaki. Penunggu itu akan berubah menjadi wanita yang cantik. Tentu saja, pendaki yang melihat wanita cantik biasanya akan terpesona. Wanita itu kemudian akan minta gedong. Jika pendaki kurang beruntung, ia akan diajak ke jalan yang bisa membuatnya tidak kembali. Jadi, berhati hatilah agar hantu gendong tidak menampakkan diri selama kalian melakukan pendakian di gunung merbabu.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Semeru

3. Penampakan Si gadis merbabu

Lain halnya dengan hantu gendong, ada pula yang mengatakan bahwa di merbabu ada yang pernah melihat perempuan cantik. Pendaki yang melihatnya terkadang dibuat terpesona. Namun, gadis itu nyatanya bukanlah gadis nyata karena menurut masyarakat sekitar, sang gadis dulunya adalah seorang pendaki perempuan yang mendaki gunung merbabu. Sayang, gadis tersebut tiba tiba menghilang tanpa sebab dan ia ditemukan dalam keadaan meninggal. Meninggal karena tidak wajar menyebabkan ia gentayangan dan sering mengganggu para pendaki yang melintasi gunung merbabu.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Bromo

4. Mitos tentang Macan

Macan adalah salah satu hewan buas yang sering memangsa siapa saja. Tetapi, pada zaman sekarang keberadaan macan tidaklah banyak. Namun, di gunung merbabu pernah ada korban yang meninggal. Di tubuh korban terlihat seperti ada gigitan dan cakaran macan. Padahal di merbabu sendiri bukanlah habitat macan. Adanya kejadian tersebut kemudian dikaitkan dengan hal mistis bahwa penunggu merbabu salah satunya macan ghaib. Ia akan menyerang apabila pendaki tidak menjaga kesopanan selama pendakian. Meski menyeramkan, asalkan kalian bersikap sopan, hal tersebut tidak akan menjadi kenyataan.

Baca Juga : 7 Misteri Gunung Ciremai

5. Larangan memakai baju hijau dan merah

Agaknya ketika kalian mendaki merbabu, kalian harus paham betul pakaian apa yang dikenakan karena jika kalian salah memakai pakaian, bisa saja keselamatan menjadi taruhannya. Menurut kepercayaan pendaki, saat kalian mendaki merbabu, kalian jangan memakai baju warna hijau dan merah. Warna hijau dan merah adalah warna pakaian yang dikenakan para prajurit di kerajaan ghaib yang dipercaya masih ada di gunung merbabu. Saat kalian mengenakannya, prajurit ghaib tidak akan membiarkan kalian pulang dalam keadaan selamat. Jadi, pilihlah warna baju yang dapat membuat kalian aman selama pendakian di merbabu.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Gede

6. Jembatan setan

Mendengar namanya saja kalian akan dibuat merinding apalagi sampai melintasinya. Jembatan ini adalah salah satu mitos ternama di gunung merbabu. Pendaki yang menuju puncak merbabu, mau tak mau harus melewatinya. Di sebut jembatan setan karena jalan ini adalah jalan yang sempit dimana kanan dan kirinya adalah jurang. Apabila kalian tidak berhati hati, maka kalian bisa saja terpeleset dan masuk ke jurang. Tentu saja, karena kurangnya kehati hatian, jembatan ini sering memakan korban. Jadi, tak ada salahnya kalian waspada demi keselamatan bersama.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Arjuno

Meski Misteri Gunung Merbabu cukup membuat jantung berdegup, tetapi jangan jadikan hal tersebut sebagai hal yang horor. Cukuplah sebagai pembelajaran agar kalian lebih berhati hati saat mendaki. Yang terutama, berserahlah pada tuhan karena kunci keselamatan kalian bergantung pada tuhan. Jadi takutlah pada tuhan jangan takut pada penunggu gunung merbabu atau pun yang lainnya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close