Misteri Gunung

7 Misteri Gunung Lawu Paling Mencekam

Misteri Gunung Lawu – Gunung Lawu terletak di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah dimana Magetan dan Karanganyar menghimpit Gunung ini. Ketinggiannya mencapai 3.265 mdpl sehingga butuh waktu tidak sampai satu hari. Apalagi jika anda melalui jalur pendakian Via Cemoro Sewu, track yang cukup menanjak tapi lebih singkat.

Sumber Instagram @kulusuh

7 Misteri Gunung Lawu

Mendaki gunung tidak akan pernah nihil dari cerita-cerita misteri dari gunung lawu, begitu juga bagi para pendaki yang melakukan pendakian di Gunung Lawu. Lawu adalah salah satu Gunung Angker di Indonesia setelah Salak, Halimun, Merapi dan lain sebagainya. Misteri Gunung Lawu pun tersebut luas dan dipercayai oleh sebagian besar masyarakat. Beberapa cerita misteri di gunung lawu ada dibawah ini.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Gede

1. Nenek minta gendhong

Untuk perempuan biasanya carier dibebani dengan berat 40-45Kg, namun relatif juga untuk para pendaki laki maupun perempuan. Laki-laki biasa mampu membawa beban dari 50-60Kg beban yang bisa dibawa sampai dipuncak. Namun jangan heran ketika beban yang anda pikul dari pos 0 sampai di pos 5 sampai anda kelelahan. Itulah yang diceritakan banyak pendaki dengan mitos nenek minta gendong. Mereka katanya mengikuti anda dan ikut naik di atas tas anda sehingga terasa lebih berat dari biasanya. Kejadian ini biasanya terjadi antara pos 4 sampai 5, sehingga anda harus banyak berdo’a dan fokus pada tujuan.

Baca Juga : 7 Misteri Gunung Ciremai

2. Pasar setan

Pasar setan sudah banyak sekali dikenal dimana letaknya adalah di Pos 5 tepatnya disekitaran warung Mbok Yem yang selalu tutup. Pasar itu akan mulai muncul dengan disertai bunyi gamelan yang riuh. Perlahan bunyi gamelan berubah menjadi bunyi kerumunan orang yang bercakap-cakap dan berbincang-bincang layaknya kita berada di pasar. Pesan saya jika mendaki Gunung Lawu jangan terpengaruh oleh hal-hal tersebut atau berusaha menghampirinya karena khawatirnya terjadi sesuatu pada anda.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Bromo

3. Ruh Pendaki Mati, Tragedi Kebakaran Lawu

Beberapa waktu yang lalu kejadian yang cukup na’as menimpa beberapa pendaki Gunung Lawu di pos 4. Kebakaran yang menghanguskan sebagian besar tanaman kering dari pos 1 sampai sebagian pos 4 memakan korban sekitar 9 orang pendaki yang tengah berkemah disana. 4 orang diantaranya tidak teridentifikasi identitasnya, sehingga beberapa kali mereka menampakkan diri untuk sekedar menyapa saja. Hal ini diceritakan oleh bapak basecame atau juru kunci Gunung Lawu yang beberapa kali menemukan pendaki yang kesurupan saat turun atau yang sakit karena berinteraksi dengan ruh tersebut.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Cikuray

4. Pos 5 dan kawanan setan

Pasar setan yang terdapat di Pos 5 tidak hanya mengganggu para pendaki juga kerapkali usil dan meminta korban. Mereka membuat para pendaki berhalusinasi kemudian mengikuti perintah-perintah tidak logis yang diajak oleh mereka. Mereka membuat para pendaki calon korban menginginkan hal-hal yang tidak wajar seperti berjalan terus menerus bahkan dalam keadaan lelah dan lain sebagainya.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Arjuno

5. 1 syuro Gunung Lawu

1 syuro’ atau malam 1 Muharam adalah tahun baru Islam yang tidak dirayakan seperti halnya tahun baru masehi. 1 syuro bagi para kalangan agamawan merayakannya dengan melakukan ibadah dan memanjatkan do’a-do’a. Sedangkan bagi para dukun merayakannya dengan mandikan pusaka yang dimiliki. 1 syuro ternyata tidak hanya dirayakan oleh manusia namun jin setan dan segala yang menghuni Gunung Lawu. Maka dari itulah setiap 1 Syuro jika ada kejadian-kejadian tertentu maka kadang pendakian ditutup. Namun banyak juga pendaki yang nekat naik untuk melakukan ritual 1 syuro di puncak Lawu.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Halimun

6. Kabut Setan

Kabut setan ini seringkali muncul di pos 2 pendakian, dimana kabut ini juga mengandung belerang yang sangat berbahaya untuk pernafasan. Suatu waktu beredar cerita bahwa seorang perempuan tewas karena tidak dapat bernafas oleh kabut setan yang mengandung belerang. Sehingga di pos 2 tidak dianjurkan untuk beristrahat terlalu lama atau bahkan mendirikan tenda untuk bermalam disana.

Baca Juga :  7 Legenda Misteri Gunung Kelud

7. Mitos jumlah pendaki ganjil genap

Mitos ini sangat dipercayai oleh setiap orang sekitar baik juru kunci maupun pendaki-pendaki yang sudah sering melakukan pendakian di Gunung Lawu. Pendaki yang jumlahnya ganjil akan mendapatkan banyak gangguan-gangguan dari makhluk-makhluk yang menghuni Gunung Lawu. Banyak juga pengalaman para pendaki yang naik dengan jumlah ganjil tidak menyenangkan. Banyak hal yang terjadi kepada mereka.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Kerinci

Nah apa yang dibagikan oleh ihategreenjello diatas tentang misteri gunung lawu memang boleh tidak dipercaya ataupun tidak. kalau bagi saya selalu percaya Allah SWT bahwa khilafah dibumi itu manusia. Jangan pernah takut dengan hal hal misteri seperti itu.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close