Misteri Gunung

6 Misteri Gunung Kerinci Paling Mencekam

Misteri Gunung Kerinci – Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Sumatera yang terletak di Provinsi Jambi tepatnya di Pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Barat. Memiliki ragam flora dan fauna seperti Bunga Rafflesia Arnoldi, Pohon Cemara, jenis Mahoni dan lainnya. Hewan-hewan yang sering terlihat di kawasan ini adalah gajah, badak sumatera, beruang madu, dan lainnya.

Sumber Instagram @info.kerinci

6 Misteri Gunung Kerinci 

Gunung Kerinci memang memiliki keanekaragaman flora dan fauna serta pemandangan yang sangat indah dari puncak namun gunung ini tidak luput dari kisah mistis yang membuat para pendaki harus selalu berhati-hati saat melakukan pendakian.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Gede

1. Keberadaan Uhang Pandak

Makhluk bernama Uhang Pandak merupakan salah satu misteri Gunung Kerinci yang sampai sekarang masih menarik rasa penasaran masyakarat. Uhang pandak merupakan orang pendek dalam Bahasa Indonesia. Misteri ini bukan hanya membuat peneliti di Indonesia penasaran tapi sampai dengan peneliti luar negri, salah satu yang paling dikenal adalah ilmuwan asal Inggris bernama Debbie Martyr yang mencari tahu tentang uhang pandak selama belasan tahun.

Menurut Debbie, uhang pandak yang dilihatnya tidak memiliki kaki terbalik yang dipercaya mitos tetapi memiliki kaki seperti kera. Mereka memiliki tinggi badan sekitar 80cm yang ditutupi bulu-bulu berwarna abu-abu, tubuh gemuk dengan tangan yang panjang, dan memiliki mata merah menyala. Makhluk ini makan dengan cara berbaring kemudian memegang mangsanya dengan tangan dan merobek dengan kaki mereka.

Meskipun sudah banyak orang yang mengaku pernah melihat uhang pandak, sampai sekarang bukti adanya makhluk di Gunung Kerinci masih belum bisa dibuktikan karena tidak ada yang berhasil mengabadikan keberadaanya karena setiap kali mereka ingin mengambil foto atau merekam video, makhluk tersebut sudah menghilang begitu saja. Bahkan sebanyak 40 kamera yang dipasang di kawasan tersebut tidak berhasil menangkap keberadaan uhang pandak.

Baca Juga : 7 Misteri Gunung Ciremai

2. Larangan Jam 12

Menurut warga setempat terdapat larangan di Gunung Kerinci yang harus dipatuhi yaitu tidak boleh main air, minum air, dan mandi di jam 12 siang karena pada jam tersebut penunggu di sana sedang menggunakan air dan itu adalah waktu mereka. Pada suatu hari ada seseorang yang melanggar larangan tersebut, ia pun kemudian sakit perut setelah meminum air di jam 12. Jadi hargailah tuan rumah di sana karena kita hanyalah tamu jika ingin pulang dengan selamat.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Bromo

3. Rumah Sakit Kolonial Belanda

Rumah sakit yang telah ada berabad abad ini memiliki aura yang sangat angker, terletak di kebun teh Kayu Aro tepatnya di Sungai Penuh kawasan Gunung Kerinci. Tempat Ini sering dijadikan sebagai tempat uji nyali oleh stasiun TV dan ada yang mengatakan sering terlihat sosok hantu dokter, perawat, dan pasien dengan wajah yang hancur dan mengerikan.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Cikuray

4. Naga Raksasa

Legenda naga raksasa di Gunung Kerinci berhubungan dengan terbentuknya danau dan sungai di kawasan ini. Konon hidup sepasang saudara kembar yatim piatu bernama Calungga dan Calupat. Pada suatu hari Calungga pergi ke hutan seorang diri dan menemukan sebuah telur besar kemudian memakannya sendiri tanpa memberi tahu Calupat. Keanehan pun terjadi setelah ia memakan telur tersebut, tubuh Calungga kemudian memanjang dan tumbuh sisik-sisik berwarna emas di sekujur tubuhnya. Bekas putaran dari tubuh Calungga yang besar tersebut yang kemudian membentuk Danau Bento dan semburan api naga membentuk Sungai Muara Angin.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Arjuno

5. Hantu Gendong

Hantu ini sering mengganggu pendaki yang akan turun dari gunung. Menurut penuturan para pendaki bahwa hantu tersebut selalu memberikan berat kepada tas yang dibawa para pendaki padahal barang bawaan yang dibawa tidak berat. Jika para pendaki merasakan tas yang dibawanya semakin berat maka mereka harus meminta maaf kepada sang hantu karena tidak bisa membawanya keluar karena jika tidak maka tas akan menjadi semakin berat dan mengakibatkan pendakit tersebut tertinggal rombongan dan hilang.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Halimun

6. Pintu Rimba

Pendakian menuju ke puncak Gunung Kerinci melewati pintu rimba yang menurut para pendaki bahwa sering terlihat penampakan sosok wanita yang tidak menampakkan wajahnya yang berpakaian putih. Sosok penampakan tersebut masih menjadi misteri sampai sekarang.

Baca Juga :  7 Legenda Misteri Gunung Kelud

Jika anda ingin berkunjung ke Gunung Kerinci, patuhi larangan dan peraturan yang telah dibuat. Percayalah kepada Allah SWT, selalu sopan dan menjaga sikap sehingga anda tidak diganggu oleh penunggu di wilayah tersebut adapun beberapa Misteri Gunung Kerinci yang belum diungkap oleh ihategreenjello.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button