Misteri Gunung

6 Misteri Gunung Gamalama Paling Angker

Misteri Gunung Gamalama Paling Angker – Gunung gamalama adalah salah satu gunung berapi yang ada di indonesia. Gunung yang ada di Pulau Ternate ini tak kalah mencekam dengan gunung merapi yang dikenal sebagai gunung berapi yang paling aktif di indonesia.

Sumber Instagram @surya_ash12

Misteri Gunung Gamalama

Bahkan, dari zaman dahulu kala, gunung gamalama ini sudah sering kali meletus. Memang, yang namanya gunung merapi adalah gunung yang bisa kapanpun meletus tetapi gunung gamalama ini hampir sama dengan gunung merapi yang sering kali meletus. Seperti apa sebenarnya misteri gunung gamalama jika Anda mengenalnya lebih dekat?

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Dempo

1. Gunung yang Sering Meletus

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa gunung gamalama adalah gunung yang hampir mirip seperti merapi. Gunung ini memiliki aktivitas yang tinggi sehingga sering meletus secara tiba tiba. Menurut catatan para ahli, setidaknya gunung gamalama sudah meletus selama 60 kali sejak tahun 1958. Letusan gunung gamalama paling akhir pada tahun 2016. Padahal sebelumnya gunung yang ada di pulau ternate ini pernah meletus pada tahun 2014.

Baca Juga : 7 Misteri Gunung Ciremai

2. Gunung yang sering memakan korban jiwa

Gunung yang tingginya sekitar 1700 di atas laut ini tergolong gunung berapi yang aktif. Ketika gunung meletus, yang menjadi korban bukan hanya rumah dan harta benda saja. Ada yang lebih mengerikan ternyata. Pada setiap letusannya, gunung berapi pulau ternate ini sering memakan korban jiwa. Setidaknya, sudah 4 kali letusan terakhir, gunung berapi tersebut memakan korban. Masyarakat percaya bahwa korban- korban tersebut dikarenakan oleh gunung gamalama yang meminta tumbal kepada masyarakat. Akan tetapi saya tidak percaya dikarenakan kematian sudah takdir ALLAH SWT.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Bromo

3. Gunung yang memiliki hutan yang lebat

Jika dilihat dari kejauhan gunung gamalama memang terlihat apik. Bisa dibilang, gunung ini menawarkan keindahan yang begitu memukau. Tak heran jika banyak pendaki yang menginginkan menjadikannya sebagai tujuan pendakian. Dibalik keindahan yang dimiliki oleh gunung gamalama, gunung kawasan ternate ini nyatanya cukup menyeramkan karena gunung ini memiliki hutan yang lebat dimana apabila pendaki tersesat akan susah menemukan jalan. Salah satu hutan yang ternama adalah hutan montane.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Cikuray

4. Gunung yang memiliki danau

Selain dikenal sebagai gunung yang berhutan lebat, gunung gamalama juga memiliki misteri lainnya. Pada saat letusan dasyat terjadi, gunung gamalama tidak hanya banyak memakan korban jiwa. Keadaan gunung pun menjadi berubah seketika dimana gunung memunculkan danau yang ada sampai sekarang yaitu danau tolire jaha dan tolire kecil.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Arjuno

5. Mitos Makam yang Timbul Sendiri

Setiap gunung berapi memiliki cerita misteri sendiri. Seperti halnya gunung gamalama yang menurut masyarakat memiliki cerita misteri dimana di atas gunung tumbuh makam yang makan itu disebut jere karena tumbuh sendiri. Makam tersebut memunculkan nisan warna hitam dan makam itu dipercaya sebagai makam orang suci yang berasal dari kesultanan ternate.

Baca Juga : 3 Misteri Gunung Argopuro

6. Gunung yang memiliki banyak penunggu

Gunung gamalama dianggap sebagai gunung yang suci dimana di atas gunung sering muncul makam makam dengan sendirinya tanpa tahu dari mana asal mulanya. Selain itu, makam tersebut juga konon katanya ditunggu oleh para penunggu yang suci. Tidak sembarang orang dapat melihatnya. Yang dapat melihatnya hanyalah mereka yang memiliki mata batin kuat. Untuk itu, bagi para pendaki yang ingin selamat dan dapat menikmati gunung gamalama, diharapkan dapat menjaga kesopanan agar penunggu gunung gamalama tidak murka sehingga tidak membahayakan dirinya.

Baca Juga : 7 Misteri Gunung Galunggung

Apapun cerita Misteri Gunung Gamalama yang sudah dibagikan oleh ihategreenjello, kita sebagai manusia tidak usah menjadikannya suatu hal yang harus ditakutkan . Walaupun misteri tentang gunung gamalama sering membuat bulu kuduk merinding, tetapi yang wajib ditakuti hanyalah Allah semata dan kita sebagai hambanya hanya perlu takut kepadaNya.

Tetapi bukan berarti kita tidak harus percaya pada Misteri Gunung Gamalama. Memang harus percaya tetapi kepercayaan kita tetaplah harus pada Tuhan semata. Hanya perlu bersikap baik dan terus menjaganya agar keselamatan manusia juga dapat dirasa.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button