Misteri Gunung

7 Misteri Gunung Galunggung Paling Mencekam

Misteri Gunung Galunggung Paling Mencekam – Gunung Galunggung memiliki daya tarik wisata yang tinggi sehingga sering dikunjungi oleh wisatawan lokal bahkan sampai mancanegara. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.167 meter yang terletak sekitar 17 km dari kota Tasikmalaya.

Sumber Instagram @didhoet_

Letusan Dahsyat Gunung Galunggung

Pada tahun 1822, gunung Galunggung pernah meletus yang menghasilkan awan panas, abu halus, hujan pasir kemerahan yang sangat panas, serta lahar panas. Letusan ini menghancurkan 114 desa dan menewaskan 4.011 jiwa.

Pada tahun 1894 terjadi letusan kedua yang menghasilkan awan panas pada awal bulan Oktober kemudian pada akhir bulan Oktober terdapat lahar yang mengalir di sepanjang sungai. 50 desa hancur akibat letusan ini.

Di awal bulan Juli tahun 1918, terjadi letusan berikutnya yang ditandai dengan adanya gempa bumi dan menghasilkan hujan abu yang tebal serta mulai muncul kubah lava di dalam kawah yang kemudian diberi nama Gunung Jadi.

Pada tahun 1982 tepatnya tanggal 5 Mei terjadi letusan terakhir yang berlangsung selama 9 bulan, berakhir pada tanggal 8 Januari. Letusan ini disertai pijaran api, suara dentuman yang keras dan kilatan petir yang mengerikan. Diperkirakan kerugian yang dicapai sekitar Rp 1 Milliar. Sebanyak 18 orang meninggal dan 22 desa ditinggalkan penduduknya. adapun beberapa misteri gunung galunggung yaitu :

1. Sihir Pelet Misterius

Misteri gunung Galunggung yang satu ini sudah menjadi perbincangan bagi para pendaki. Menurut mereka, jika sudah mengunjungi gunung Galunggung sekali akan ada perasaan seperti magnet kuat yang selalu menarik anda agar ingin kembali ke gunung Galunggung.

Baca Juga : 7 Misteri Gunung Ciremai

2. Tempat Tinggal Makhluk Gaib

Bagi manusia pada umumnya akan takjub pada keindahan di puncak gunung Galunggung namun berbeda dengan mereka yang memiliki pandangan gaib. Menurut orang-orang tersebut, banyak makhluk tak kasat mata di puncak gunung Galunggung yang sangat ramai bahkan mengalahkan keramaian orang-orang yang berkunjung. Puncak gunung Galunggung disebut sebagai pemukiman makhluk gaib atau tempat perkumpulan jin.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Bromo

3. Batu Besar Tempat Bertapa Orang Sakti

Gunung memang sudah sering dijadikan sebagai tempat bertapa oleh orang-orang sakti pada masa lalu juga bagi para penyebar Islam terutama di gunung Galunggung. Konon sudah banyak orang-orang sakti dan ulama penyebar agama Islam pada masa lalu yang duduk bertapa dan bersemedi di Batu Besar di gunung Galunggung. Menurut penuturan para pendaki dan warga sekitar, anda akan dibuat merinding jika melewati Batu Besar tersebut karena memiliki energi mistis yang kuat.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Cikuray

4. Mushola di Bibir Kawah

Jika anda sudah mencapai puncak gunung Galunggung, cobalah untuk mengunjungi mushola yang terdapat di bibir kawah. Udara di sekeliling mushola sangatlah asri dan sejuk dimana terdapat awan-awan yang sangat dekat.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Arjuno

5. Larangan Memancing Ikan

Terdapat air kawah di puncak gunung Galunggung yang penuh dengan ikan-ikan namun menurut kepercayaan, ikan-ikan tersebut merupakan milik jin sehingga manusia tidak boleh memancingnya.

Pada suatu hari, ada yang nekad memancing di air kawah tersebut dan kemudian menyantap ikan hasil tangkapannya, setelah pulang ke rumah ia malah jatuh sakit karena dirasuki oleh jin yang sakit hati dan marah karena ikan-ikannya telah diambil.

Baca Juga : 6 Misteri Legenda Dan Sejarah Gunung Batur Bali

6. Sumber Mata Air 7 Rasa

Di gunung Galunggung, dikatakan terdapat 7 sumber mata air yang mengeluarkan air dengan rasa yang berbeda-beda. Tidak dapat dijelaskan secara ilmiah kenapa hal tersebut bisa terjadi namun menurut masyarakat bahwa sumber mata air tersebut sangatlah suci.

Baca Juga : 3 Misteri Gunung Argopuro

7. Misteri Tiga Dimensi

Banyak dari mereka yang pernah berkunjung ke gunung Galunggung sudah mengetahui tentang misteri gunung galunggung yang satu ini. gunung Galunggung memiliki pemandangan dengan panorama yang sangat indah bahkan tidak bisa dideskripsikan dengan kata-kata sehingga para wisatawan selalu berlomba-lomba mengabadikan keindahan tersebut.

Namun apa yang didapatkan sangatlah berbeda dari yang terlihat langsung di depan mata karena hasil foto sama sekali terlihat biasa saja seperti seolah menyembunyikan keindahannya pada kamera. Hal ini juga sudah dibuktikan oleh para fotografer yang pernah mencoba mengabadikan keindahan tersebut.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Dempo

Dari artikel yang di share oleh ihategreenjello tentang Misteri Gunung Galunggung yang memang sudah dikenal dengan cerita Mistisnya, namun disamping benar tidaknya Misteri Gunung Galunggung ini, ingatlah kepada Allah SWT. janganlah bertindak sembarangan dan taatlah kepada peraturan yang telah dibuat pada saat anda berkunjung ke tempat wisata ini.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button