Misteri Gunung

6 Misteri Gunung Dempo Paling Mencekam

Misteri Gunung Dempo Paling Mencekam – Gunung Dempo merupakan gunung yang terletak di perbatasan provinsi Sumatera Selatan dan provinsi Bengkulu, tepatnya di kota Pagaralam yang merupakan penghasil kopi robusta yang juga merupakan penghasil teh. Anda bisa menikmati kebun teh dan kopi yang berada di kaki gunung Dempo ini.

Sumber Instagram @emulnugraha_

6 Misteri Gunung Dempo

Kali ini akan dibahas misteri gunung dempo sampai legenda yang sering menjadi perbincangan masyarakat di wilayah gunung Dempo.

Baca Juga : 7 Misteri Gunung Ciremai

1. Pohon Kayu Panjang Umur

Salah satu misteri gunung Dempo yang menarik adalah pohon yang dinamakan Pohon Kayu Panjang Umur.Jika diperhatikan, pohon ini seperti ditanam secara sengaja karena tersusun dengan sangat rapi dan memiliki jarak 2 meter antar pohon. Bila batang kayu tersebut tumbuh kurang dari 2 meter maka akan mati dengan sendirinya.

Namun pohon yang buahnya hanya bisa ditemukan di puncak gunung ini sudah hampir punah karena sering diambil oleh para pendaki yang tidak tahu-menahu soal pohon ini. Selain Pohon Kayu Panjang Umur, ada tanaman unik lainnya yang dinamakan Kayu Api. Kegunaan Kayu Api ini sesuai dengan namanya yaitu untuk menghasilkan api hanya dengan cara menggesekkan kayunya. Anda tidak akan bisa memasak dengan kompor minyak maupun kompor gas dan hanya bisa menggunakan Kayu Api.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Bromo

2. Siluman Harimau

Masyarakat sekitar memiliki kepercayaan bahwa gunung Dempo dijaga oleh siluman harimau yang wujudnya suka berubah-ubah terkadang menjadi manusia dan menjadi harimau. Siluman harimau ini tidak akan mengganggu jika tidak diganggu duluan. Siluman harimau ini sering menampakkan diri sebagai manusia namun tak jarang juga ada yang melihatnya sebagai harimau.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Cikuray

3. Penemuan Benda-Benda Purbakala

Banyak sekali benda-benda peninggalan sejarah yang ditemukan di kawasan wilayah gunung Dempo termasuk Pagaralam dan Lahat.Penemuan tersebut berupa emas murni, artefak, benda simbol kerajaan, dan lainnya.Karena penemuan tersebut seorang jurnalis yang bernama Sripo Sutrisman Dinah sangat ingin pemerintah melakukan penelitian pada gunung Dempo.

Hal ini dilakukan untuk meneliti tentang identitas bangsa dan untuk menggali lebih dalam mengenai sejarah-sejarah yang tersimpan di gunung Dempo. Menurut Sripo, bisa saja bangsa dan kebudayaan yang tersebar berasal dari sini.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Arjuno

4. Keajaiban Adzan

Anda pasti tidak akan percaya setelah membaca salah satu misteri gunung dempo ini, namun misteri gunung dempo ini sudah dibuktikan oleh beberapa pendaki. Jika ada kabut tebal yang tiba-tiba menghalangi dan menutup jalan, para pendaki akan langsung mengumandangkan adzan. Tidak berselang lama kemudian kabut tebal tersebut akan hilang begitu saja.

Baca Juga : 6 Misteri Legenda Dan Sejarah Gunung Batur Bali

5. Suku Pemberani di Gunung Dempo

Besemah Sekali Nuduh atau Besemah Libah yang dikenal sebagai suku pemberani ini menyebar dan meliputi beberapa suku di Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, dan Bengkulu.

Perlawanan suku Besemah merupakan perjuangan terpanjang selama sejarah dalam melawan Belanda dan Inggris selama masa penjajahan Sumatera Selatan.Mereka menyebut suku besemah ini sebagai orang-orang liar.

Baca Juga : 3 Misteri Gunung Argopuro

6. Si Pahit Lidah dan Si Mata Empat

Misteri tentang si pahit lidah dan si mata empat ini merupakan cerita turun temurun sampai ke cucu-cucu mereka. Konon katanya si pahit lidah dan si mata empat yang sama-sama memiliki kesaktian yang tinggi hidup pada awal mula berdirinya kerajaan Sriwijaya.

Si pahit lidah yang bernama asli Serunting merupakan nenek moyang keturunan suku Basemah sedangkan si mata empat merupakan nenek moyang suku komering yang kemudian mereka bertarung hingga mati. Menurut legenda dan misteri gunung Dempo, sebelum serunting mati ia bersumpah jika ada keturunan dari si mata empat yang menginjakkan kaki di gunung Dempo maka mereka akan mati.

Menurut misteri gunung dempo tersebut maka setiap ada yang datang berkunjung selalu dipastikan apakah orang tersebut merupakan suku komering atau bukan.Menurut warga, suku komering yang berkunjung ke gunung Dempo banyak yang hilang bahkan ada juga yang ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Agung Bali

Apakah anda percaya dengan misteri gunung dempo yang telah dibahas oleh ihategreenjello? Percaya atau tidak, kutiplah sisi positif dari misteri dan mitos yang telah dibahas seperti, jaga kelestarian alam, janganlah menganggu makhluk lain, dan lainnya di manapun anda berada baik di gunung Dempo atau tempat-tempat lain dan selalu berdoa dan berlindung kepada Allah SWT.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button