Misteri Gunung

7 Misteri Gunung Ciremai Paling Mencekam

Misteri Gunung Ciremai Paling Mencekam – Tidak perlu diragukan lagi keindahan alam gunung tertinggi yang terletak di Jawa Barat yaitu gunung Ciremai. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 3.078 meter di atas permukaan laut ini memiliki berbagai keanekaragaman hayati mulai dari tumbuh-tumbuhan dan berbagai jenis satwa.

Sumber Instagram @gilann___

Misteri Gunung Ciremai

Gunung Ciremai yang masih masuk ke dalam kategori gunung berapi yang masih aktif ini memang menyimpan keanekaragaman hayati dan keindahan alam serta pemandangan indah yang bisa dinikmati di puncak gunung. Namun gunung ini juga menyimpan banyak misteri yang akan kita bahas satu persatu.

1. Sosok Nyi Lingga

Sosok Nyi Lingga merupakan misteri gunung Ciremai yang paling populer bahkan sudah menjadi hal yang umum dan sering diperbincangkan oleh masyarakat sekitar dan para pendaki. Nyi Lingga disebut sebagai salah satu sosok penunggu di Batu Lingga yang katanya berhubungan dengan Wali Songo yakni Sunan Gunung Jati.

Konon menurut masyarakat sekitar, setelah Sunan Gunung Jati tidak bertapa di Batu Lingga, Nyi Lingga menggantikan Sunan Gunung Jati dan melanjutkan persemediannya di Batu Lingga tersebut dengan ditemani oleh dua ekor macan. Namun ditengah-tengah persemediannya, Nyi Lingga gagal dan meninggal di Batu Lingga.

Masyarakat juga menemukan jasad Nyi Lingga di Batu Lingga tersebut tetapi yang menjadi misteri adalah dua ekor macan yang selalu menemani Nyi Lingga saat bertapa tidak pernah ditemukan sampai sekarang. Sejak saat itu sering terlihat sosok seorang nenek yang sering muncul bersama dengan dua ekor macan.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Bromo

2. Kakek Dengan Jubah Putih

Sosok seorang kakek dengan jubah putih sering terlihat di Batu Lingga yang kerap menampakkan diri pada para pendaki yang melintasi area tersebut. Konon katanya Batu Lingga adalah tempat yang dipakai untuk bertapa oleh kakek dari Kanjeng Sunan Gunung Jati sampai Sunan Gunung Jati dan Nyi Lingga. Sosok kakek dengan jubah putih tersebut diyakini adalah kakek dari Sunan Gunung Jati.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Cikuray

3. Suara Gamelan

Anda pasti terheran-heran dan bertanya bagaimana bisa ada suara gamelan yang mengalun di gunung. Namun faktanya para pendaki sudah sering mendengar suara gamelan saat melakukan pendakian di gunung Ciremai.

Mitos mengatakan suara gamelan ini merupakan ucapan selamat datang bagi para pendaki tetapi ada juga yang mengatakan bahwa suara gamelan ini berasal dari para makhluk halus yang ingin menyesatkan para pendaki sehingga terpisah dari rombongan dan keluar dari jalur pendakian. Sampai sekarang belum diketahui dari mana suara tersebut berasal.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Arjuno

4. Tanjakan Bapa Tere

Terdapat tanjakan yang sangat menanjak saat anda ingin ke puncak gunung Ciremai yang disebut Tanjakan Bapa Tere. Karena tanjakan ini sangat terjal dan curam sampai-sampai anda harus merangkak untuk melaluinya, maka tanjakan ini juga dikenal sebagai tanjakan penyiksaan.

Menurut mitos, katanya seorang ayah tiri mengajak anaknya untuk mendaki gunung dan melewati tanjakan tersebut. Namun sebelum sang anak dapat menikmati indahnya pemandangan di puncak gunung, ia dibunuh oleh ayah tirinya tepat di tanjakan tersebut sehingga tanjakan tersebut diberi nama Tanjakan Bapa Tere.

Baca Juga : 6 Misteri Legenda Dan Sejarah Gunung Batur Bali

5. Jalak Hitam dan Tawon Hitam

Mitos gunung Ciremai yang berikutnya adalah jalak hitam dan tawon hitam. Jalak hitam selalu terlihat pada pos VI atau disebut pengalap dan katanya jalak hitam ini akan mengikuti dan mengantarkan para pendaki untuk melanjutkan perjalanannya dan tawon hitam yang akan mengganggu perjalanan tersebut.

Masih menjadi misteri tentang jalak hitam dan tawon hitam tersebut namun menurut kepercayaan masyarakat bahwa para pendaki tidak boleh mengganggu hewan yang ada di daerah tersebut.

Baca Juga : 3 Misteri Gunung Argopuro

6. Ritual Menghindari Makhluk Halus

Menurut pendaki senior dan masyarakat sekitar, injaklah bumi sebanyak tiga kali kemudian ucapkan salam agar tidak menyinggung penghuni di sana sehingga anda tidak diganggu oleh makhluk halus di gunung Ciremai selama perjalanan.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Agung Bali

7. Pantangan Saat Mendaki

Salah satu hal yang harus dihindari jika anda memutuskan untuk mendaki gunung ini adalah mengeluh. Menurut mitos yang beredar, keluhan anda dapat didengar olah gunung Ciremai. Semakin sering anda mengeluh maka semakin banyak juga kejadian yang dialami sesuai dengan yang dikeluhkan.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Burangrang

Tetaplah percaya kepada Allah SWT, bukan dengan Misteri Gunung Ciremai yang beredar. ihategreenjello memberikan nasihat bahwa di manapun anda berada terutama tempat-tempat penuh hal mistis seperti gunung Ciremai terlepas dari percayanya anda terhadap mitos yang ada, jagalah sikap baik berupa perbuatan maupun ucapan.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close