Misteri Gunung

6 Misteri Gunung Bromo Hati-Hati Jika Ingin Berkunjung

6 Misteri Gunung Bromo – Gunung Bromo yang dikenal sebagai gunung suci merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini yang telah meletus selama beberapa kali sejak abad 20 dan 21. Namanya berasal dari seorang dewa dalam agama Hindu yang bernama Dewa Brahma.

Sumber Instagram @tourguidebromo

Merupakan objek wisata yang terletak di Jawa Timur dengan ketinggian sekitar 2.329 meter di atas permukaan laut. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Inilah 6 Misteri Gunung Bromo yang Terkenal dan sangat anger ini :

1. Tempat Berlindung Kerajaan Majapahit

Pada zaman dahulu, Kerajaan Majapahit diserang dari berbagai daerah. Merasa harus berlindung karena diserang oleh pasukan yang sangat banyak, mereka membagi menjadi dua rombongan. Satu rombongan berlindung di Pulau Bali dan rombongan lainnya mengungsi ke Gunung Bromo. Rombongan yang telah tiba di gunung Bromo meminta perlindungan kepada para dewa.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Agung Bali

2. Joko Seger dan Roro Anteng

Legenda Gunung Bromo yang kerap menjadi perbincangan adalah kisah cinta Joko Seger dan Roro Anteng. Joko Seger adalah anak dari seorang Brahmana yang sangat kuat dan gagah sedangkan Roro Anteng merupakan keturunan Dewa yang sangat cantik. Konon menurut legenda, Joko Seger dan Roro Anteng ditaktdirkan untuk bersama dan saling mencintai.

Baca Juga : 3 Misteri Gunung Argopuro

3. Gunung Batok

Kecantikan Roro Anteng sudah terdengar sampai ke penjuru negeri sehingga banyak yang berlomba-lomba untuk melamar Roro Anteng namun selalu ditolak karena ia hanya mencintai Joko Seger. Suatu hari ada seorang pemuda sakti yang datang melamar Roro Anteng namun ditolak juga. Tetapi pemuda tersebut tidak menyerah dan mengancam akan menyakiti orang tua Roro Anteng.

Karena takut akan terjadi hal buruk kepada orang tuanya maka Roro Anteng pun menerima lamaran tersebut dengan satu syarat. Pemuda tersebut harus mengubah sekeliling menjadi lautan agar Gunung Bromo terlihat seperti pulau dalam waktu satu malam berharap pemuda tersebut tidak akan menyanggupinya.

Namun tak disangka pemuda sakti tadi sepakat dengan syarat itu dan mulai menggali di sekitar Bromo dengan batok raksasa karena kesaktiannya. Karena pekerjaannya hampir selesai, Roro Anteng pun tidak tinggal diam. Dia menumbuk padi di malam hari sehingga ayam-ayam yang mendengar suara tersebut mulai berkokok seolah-olah pagi hari sudah datang.

Pemuda sakti itu pun merasa kesal dan kemudian membuang batok raksasa itu yang sampai saat ini kita kenal sebagai Gunung Batok.

Baca Juga : 6 Misteri Legenda Dan Sejarah Gunung Batur Bali

4. Kerajaan Gaib

Gunung Bromo mengalami peningkatan aktifitas kala tahun 2015 sampai 2016 yang menurut ahli paranormal bahwa aktifitas tersebut dikarenakan ada pembangunan kerajaan gaib yang dikerjakan oleh Ki Bromo. Masyarakat sekitar percaya dan memberikan sesajian kepada Ki Bromo agar pembangunan bisa diselesaikan dengan cepat.

Gunung Bromo sebagai tempat bersemayamnya dewa sehingga sering terjadi kejadian yang aneh maka dari itu berhati-hatilah dengan menjaga sikap saat berkunjung. Pada suatu hari ada seorang gadis yang sangat kegirangan ketika berhasil mencapai puncak gunung sehingga ia melempar gitarnya di kawah. Namun ia malah jatuh sakit saat pulang ke rumah yang tidak jelas apa penyakit yang diderita. Menurut paranormal bahwa gadis itu sakit karena diganggu oleh penunggu Gunung Bromo, gadis tersebut akhirnya meninggal sebelum sempat meminta maaf.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Arjuno

5. Akar Gaib

Misteri selanjutnya adalah misteri akar gaib di Gunung Bromo. Akar tersebut memiliki aura negatif yang konon katanya jika ada orang berhati busuk dan jahat yang menginjak akan tersebut akan hilang dari muka bumi ini. Akar gaib ini sangat sulit terlihat dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihatnya.

Baca Juga : 6 Misteri dan Fakta Gunung Batutara

6. Pasir Hisap

Anda pasti pernah dengar mengenai lumpur hisap, di Gunung Bromo juga ada pasir hisap yang menyerupai lumpur hisap. Pasir hisap akan menelan anda sampai ke dalam tanah jika menginjaknya. Maka dari itu berhati-hatilah saat mengunjungi Gunung Bromo dengan membawa juru kunci.

Baca Juga : 6 Mitos dan Informasi Gunung Batusibela

Karena misteri-misteri Gunung Bromo yang telah dibagikan oleh ihategreenjello di atas, selalu siapkan mental, selalu berdoa kepada Allah SWT dan jangan pernah ada niatan buruk dari dalam diri kita maka niscaya akan dijauhkan dari malapetaka.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button