Misteri Gunung

5 Misteri Gunung Arjuno Yang Menyeramkan

5 Misteri Gunung Arjuno Yang Menyeramkan – Mengulik kisah misteri di gunung arjuno selalu menyenangkan. Banyak hal menarik yang bisa dibicarakan. Banyak pendaki gunung dan masyarakat sekitar yang mempercayai misteri di gunung ini. Konon katanya arjuno termasuk gunung paling angker di jawa timur.

Sumber Instagram @nglencer_yuk

Ketika mendaki gunung, kita harus menjaga sopan santun. Karena gunung terdapat penjaga dan memiliki misteri menyeramkan. Banyak orang menghilang dan kisah misteri yang terjadi di gunung. Berikut ini beberapa kisah misteri yang terjadi di arjuno.

1. Tempat Keramat di Gunung Arjuno

Di arjuno terdapat banyak sekali tempat pemujaan. Karena dulu gunung ini dijadikan tempat bertapa. Ada beberapa tempat keramat disini antara lain :

  • Onto boego, tempat ini diljaga oleh seekor ular naga yang besar. Tidak semua orang bisa bertapa di tempat ini.
  • Candi madrim, berbentuk punden 3 teras dan ditutupi kain putih. Salah satu teras digunakan untuk tempat pemujaan
  • Sendang dewi kunti, sumber air yang digunakan sebagai tempat ritual.
  • Situs eyang semar, tempat menghilangnya eyang semar. Disini terdapat patung semar
  • Situs eyang sekutrem, tempat yang digunakan untuk menyimpan arca dan melakukan ziarah
  • Hyang sakri, tempat bersemedi
  • Situs eyang abiyoso berupa punden berundak
  • Candi sepilar terletak di bagian lingga dan yoni
  • Mangkutoromo situs arkeologi di jalur pendakian
  • Pondok rahayu, seperti gubuk hantu di tengah hutan dan terdapat aksara jawa di bangunannya.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Agung Bali

2. Petilasan Petapa Di Gunung Arjuno

Ketika mendaki ke gunung arjuno, anda akan melihat petilasan para petapa. Dari zaman kerajaan majapahit dan singosari, gunung ini sudah digunakan untuk tempat bertapa. Masyarakat percaya para pertapa yang melakukan moksa di zamannya, masih bersemayam di gunung tersebut. Salah satunya putra bathari dresnala dan arjuno, bambang wisanggeni. Oleh karena itu banyak penunggu di gunung ini.

Baca Juga : 3 Misteri Gunung Argopuro

3. Pasar Setan di Gunung Arjuno

Mungkin hampir di semua gunung memiliki pasar setan. Begitu pula di arjuno, disini juga terdapat pasar setan. Pasar ini terletak di daerah yang luas, seperti seubah padang rumput. Area ini lokasinya sebelum puncak dan terdapat beberapa makam. Banyak hal mistis yang terjadi di tempat ini. Sehingga dipercaya sebagai pasar setan. Para pendaki sering mendengar suara ramai, seperti di pasar. Bahkan ada pendaki, yang pernah membeli sesuatu di pasar tersebut. Jika anda mendengarnya, lebih baik jangan dihiraukan. Dan jangan membeli apapun. Jika ada ucapan ajakan membeli, cukup lemparkan sesuatu sebagai uangnya.

4. Keberadaan Alas Lali Jiwo

Alas lali jiwo merupakan salah satu bagian gunung yang paling terkenal. Jika anda mendaki gunung via tretes, pasti akan melewati alas lali jiwo ini. Lokasinya sebelum sampai puncak. Alas lali jiwo artinya hutan lupa diri. Hutan ini bisa membuat siapa saja tersesat, jika ada niatan buruk atau mengucapkan hal buruk disini. Konon katanya disini dihuni oleh banyak jin penunggu.

Menurut mitos, jika tidak ingin tersesat ada harus menjauhi semua larangan. Seperti tidak menggunakan pakaian berwarna merah, tidak membawa rombongan dalam jumlah ganjil, mengucapkan kata-kata yang senonoh, tidak merusak situs petilasan dan lainnya. Jalur pendakian disini juga cukup ekstrim, banyak pendaki yang sering melihat penampakan menyeramkan.

5. Suara Ritual Ngunduh Mantu

Di sekitar hutan lali jiwo, banyak pendaki yang sering mendengar ritual ngunduh mantu. Terdengar suara gamelan yang datang dan pergu. Suara gamelannya, seperti di acara ngunduh mantu. Menurut mitos yang beredar, jika anda mendengarkan suara itu. Lebih baik untuk berhenti dan jangan meneruskan pendakian. Karena mungkin anda akan dibawa ke dunia lain dan dinikahkan oleh jin penunggu gunung.

Ada banyak sekali kisah misteri di gunung arjuno ini. Dari kisah petilasan petapa hingga alas lali jiwo. Walaupun menakutkan, anda tidak perlu takut untuk mendaki gunung arjuno. Jika anda mematuhi semua peraturan yang anda, tidak mengucapkan kata-kata jorok dan lainnya semua akan baik-baik saja. Selalu percayakan keselamatan kepada allah swt, supaya tetap dilindungi selama proses pendakian. Sekian informasi ihategreenjello kali ini, semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button