Misteri Gunung

3 Misteri Penunggu Gunung Argopuro Jember

3 Misteri Gunung Argopuro – Indonesia merupakan negara yang memiliki puluhan gunung yang berjajar rapi. Hampir di setiap daerah memiliki gunung yang masih aktif atau non aktif. Salah satunya gunung argopuro yang terletak di jawa timur. Gunung setinggi 3.088 mdpl ini berada di 5 kabupaten. Yaitu kabupaten bondowoso, lumajang, probolinggo, situbondo dan Jember. Diapit oleh gunung raung dan gunung semeru yang gagah.

Sumber Instagram @al_rauf27

Gunung ini terkenal sebagai gunung track terpanjang. Membutuhkan waktu lama untuk sampai ke puncaknya, namun dibalik itu, tersimpan berbagai kisah misteri horor yang menyeramkan.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Agung Bali

Terutama kisah tentang penunggu gunung ini yang bernama dewi rengganis. Banyak pendaki yang percaya tentang misteri ini. Untuk lebih jelasnya kita akan membahas semua tentang misteri gunung argopuro yang penuh misteri ini.

  1. Misteri Dibalik Nama Gunung Argopuro

Argopuro memiliki arti sebagai gunung pura. Argo artinya gunung dan puro artinya pura. Ketika mendaki gunung ini, anda akan melihat kawasan puncak yang terdapat puing bangunan. Jika dilihat dengan seksama, puing bangunan seperti sebuah pura. Oleh karena itu, gunung yang berada di jawa timur ini disebut sebagai argopuro.

  1. Misteri Dewi Rengganis

Menurut warga setempat, dulu gunung ini merupakan kompleks kerajaan yang besar. Kerajaan ini dipimpin oleh wanita cantik bernama dewi rengganis. Dibagian puncaknya berdiri keraton kerajaan. Selain itu ada alun-alun rawa embik, yang berupa padang rumput dan digunakan untuk mengambala hewan kerajaan. Dewi rengganis merupakan putri dari prabu brawijaya. Ia diasingkan, karena anak dari hubungan terlarang prabu dengan salah satu selirnya.

Ia kabur kemudian mendirikan kerajaan di tengah hutan, tempat yang terpencil dan di dataran tinggi. Untuk menghormati kisahnya, salah satu puncak di gunung argopuro disebut sebagai puncak dewi rengganis. Ada banyak kisah misteri mengenai sosok wanita cantik ini. Konon katanya dia memiliki rambut panjang dengan paras yang sangat cantik. Ia memakai baju warna merah dan mahkota di kepalanya.

Dewi rengganis sering menyapa warga yang sedang melakukan semedi atau pertapaan di gunung. Bahkan para pendaki ada beberapa yang pernah melihat penampakan dewi penunggu gunung. Di ladang sabana cikasur, sering terdengar suara jejak langkah prajurit kerajaan dewi rengganis. Tempat ini sering digunaka pendaki untuk beristirahat dan mendirikan tenda. Terkadang juga terdengar musik gamelan yang menyeramkan. Kisah ini sudah terkenal di kalangan pendaki dan masyarakat sekitar.

Cikasur merupakan padang savana di argopuro. Dulunya padang savana ini digunakan sebagai landasan pesawat yang dibuat oleh penjajahan belanda. Di sini ditemukan alat pembangkit listrik yang dibuat pada tahun 1912. Ketika proses pembuatan landasan pesawat, banyak warga pribumi yang dibantai disini, selain disuruh membuat landasan pesawat, mereka juga disuruh membuat sungai sebagai aliran air. Semua pribumi yang mati dikuburkan secara masal di galian sungai. Hal ini membuat wilayah ini menyimpan banyak misteri.

  1. Misteri Danau Taman Hidup

Selain misteri dewi rengganis, di gunung ini juga terdapat misteri tentang danau taman hidup. Danau ini terletak di lembah gunung, kurang lebih 6 jam perjalanan dari desa bremi, kecamatan krucil, kota probolinggo. Selain menyimpan pemandangan yang indah, danau ini juga memiliki cerita mistis yang menyeramkan. Taman ini dikenal sebagai tempat favorit dewi rengganis.

Ada mitos yang tersimpan di danau ini. Jika anda berteriak di depan danau, tiba-tiba akan ada kabut tebal yang menghampiri dan menghalangi pemandangan danau yang indah. Sudah banyak yang membuktikannya dan memang terbukti.

Ada banyak sekali cerita misteri yang terjadi di gunung ini. Pada bulan april 2015, ada dua pendaki yang hilang. Setelah dilakukan pencarian selama 5 hari, keduanya ditemukan selamat. Namun ada pengalaman aneh yang mereka alami. Ketika tersesat di tengah gunung yang lebat, mereka mendengar suara orkes dangdut. Mereka mencoba menelusurinya dan tidak ditemukan suara apapun. Karena mereka berada di tengah hutan yang lebat.

Setiap gunung di Indonesia memang menyimpan misteri termasuk salah satunya adalah misteri gunung argopuro ini. Ketika kita mendaki gunung harus menjaga adab, bila sembarangan bisa diganggu oleh penunggu gunung tersebut. Termasuk mendaki ke gunung argopuro. Sekian informasi dari ihategreenjello, semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button