Misteri Gunung

6 Misteri dan Fakta Gunung Batutara Yang Mencekam

6 Misteri dan Fakta Gunung Batutara – Gunung batutara, mungkin masih terdengar asing di telinga kalian. Gunung ini adalah salah satu gunung berapi yang ada di Nusa Tenggara Timur. Meski namanya batutara, masyarakat nusa tenggara mengenalnya dengan sebutan lain yaitu gunung batar.

Sumber Instagram @retno_redwindsock

Apapun namanya, gunung di nusa tenggara ini pernah membuat gempar indonesia karena gunung yang dikenal sebagai gunung yang tidak aktif nyatanya gunung tersebut meletus tiba tiba pada bulan maret 2007. Apakah kalian penasaran dengan misteri gunung batutara? Bersiaplah menyimak informasi yang berikut ini.

Misteri Gunung Batutara NTT

1. Gunung Fenomenal

Sudah disinggung sebelumnya bahwa gunung batutara merupakan gunung yang fenomenal. Gunung yang dianggap hanya sebagai tumpukan batu batuan yang tinggi pada kenyataaannya gunung tersebut tiba tiba meletus. Menurut ahli, sudah lama sekali batutara tidak melakukan aktivitas hingga gunung termasuk gunung yang tidak aktif. Terakhir meletus pada tahun 1950 an dan setelah lama tidur akhirnya batutara memuntahkan larva pijar pada tahun 2007 silam. Kejadian tersebut sempat menggegerkan jagad bahkan bupati wilayah gunung batutara bermukim pun terkejut bukan main.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Agung Bali

2. Gunung Unik

Setelah membuat warga masyarakat NTT dan masyarakat indonesia kaget bukan kepalang, nyatanya gunung batutara malah menjadi gunung unik bahkan di dunia. Setelah vakum dan meletus kembali pada tahun 2007, gunung batutara sekarang masih aktif mengeluarkan larva pijar. Letusan gunung batutara akan terjadi setelah 20 menit sekali. Jika pada malam hari dan pada pagi buta larva pijar terlihat sangat indah dimana percikan apinya terlihat dari jarak 20 meter saja. Sehingga, tak heran banyak dari wisatawan yang rela datang ke NTT hanya untuk menyaksikan fenomenal yang unik tersebut.

Baca Juga : 3 Misteri Gunung Argopuro

3. Gunung Berhantu

Keindahan gunung batutara ternyata menyingkap sebuah misteri yang mana dapat membuat bulu kuduk merinding. Sebelum gunung NTT ini meletus, masyarakat lebih mengenalnya sebagai gunung yang berhantu. Jika biasa gunung sering dijadikan alternatif pendakian, berbeda dengan gunung yang mendapat julukan gunung betar ini karena tidak ada satupun orang yang berani mendekat. Konon kabarnya, gunung tersebut dihuni oleh makhluk halus yang akan membuat orang yang datang tidak akan kembali lagi ke tempat asalnya.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Arjuno

4. Gunung Misterius

Masyarakat sekitar gunung batutara lebih mengenal gunung api kecil ini sebagai tumpukan batu yang tidak memiliki daya tarik. Gunung itu jarang sekali dipijak oleh manusia. Bahkan ada yang mengatakan bahwa alat pendeteksi gunung pun tidak dapat di pasang di sana. Entah apa alasannya tetapi dari ahli gunung pun berkata demikian dan angkat tangan. Oleh sebab itu, masyarakat pun tidak berani datang ke sana bahkan mendekatpun enggan karena ketakutannya akan bahaya yang menghadang.

Baca Juga : 6 Misteri Legenda Dan Sejarah Gunung Batur Bali

5. Gunung penghilang jejak

Misteri gunung batutara sebelum gunung itu menjadi fenomenal sangatlah menakutkan. Meski kini gunung sudah didatangi oleh para wisatawan, tetapi dulunya gunung ini konon katanya dapat menghilangkan jejak orang yang berani mendekatinya. Menurut cerita masyarakat sekitar, pada zaman dahulu ada sebuah nelayan yang senang mendekati gunung batutara karena air di sana memiliki banyak ikan untuk dapat dipancing. Pada suatu ketika, ia pun membawa kapalnya semakin mendekat ke gunung. Tetapi, alangkah malangnya, setelah ia diketahui berlayar di daerah batutara, jejaknya tak lagi bisa ditemukan. Nelayan itu menghilang tanpa jejak entah siapa yang membawanya.

6. Gunung Penghilang Nyawa

Batutara sungguh tidak dapat ditebak. Gunung NTT ini membuat masyarakat benar benar tidak berani mendekatinya. Entah siapa yang awal mula mengatakan bahwa gunung tersebut tersebut dihuni makhluk yang berbahaya. Bagi yang kurang percaya akan hal mistis, mereka akan mengatakan bahwa mungkin ada seseorang yang sengaja memberikan informasi mistis tentang gunung api NTT itu agar gunung bisa dieksploitasi tanpa harus ada perlawanan dari masyarakat. Tetapi, apapun alasannya, gunung batutara telah membuat masyarakat berpikir gunung bisa menghilangkan nyawa dan tidak akan membuat orang kembali saat berhasil masuk kesana.

Apa yang kalian rasakan setelah menyimak informasi tentang misteri yang tersimpan di gunung batutara? Meski ketakutan menghantui, tetapi kalian tidak perlu menjadikannya sebagai hal yang memicu ketakutan yang sangat. Ingatlah ada Tuhan yang lebih harus ditakuti dan hanya Tuhan yang berhak mengambil nyawa dari seseorang. Semoga artikel ihategreenjello tentang misteri gunung batutara bisa menambah wawasan untuk para pembaca!

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button