Home & House

Cara Menghitung Luas Atap Termudah dan Tercepat

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Untuk mengetahui jumlah penutup atap, kita harus tahu dulu seberapa luas atapnya. Kita cuman butuh rumus bangun ruang saja kok, yang penting kita mengetahui tinggi puncak atap dan lepas bidang atap, serta panjang dan lebar bangunan. Akan lebih mudah kalo yang dihitung ini modelnya atap pelana, soalnya cuma 2 bidang saja.

Menghitung Luas Atap

Sebagai contoh, disini kita akan Menghitung Luas Atap pada bangunan 10 x 15 meter persegi dengan kemiringan atap sekitar 30 derajat. Selengkapnya lihat dibawah ini yaa sobattt semua.

Baca Juga : Layout, Model & Desain Dapur Minimalis Modern Mewah

1. Menghitung Luas Atap Pelana

Cara mengukur kemiringan atap dengan tinggi ini biasanya digunakan oleh banyak tukang bangunan karena lebih sederhana. Misalnya, kita memiliki tinggi puncak atap 2,25 meter, dengan lebar bangunan 10 meter. Dengan rumus pythagoras, kita bisa mengetahui kalau satu sisi miring atap memiliki lebar 5,5 meter.

Menghitung Luas Atap

Sebagai contoh sesuai gambar di atas :

X² = (5×5)+(2,25 x 2,25)

X² = 30,0625

X = √30,0625

X = 5,5m

Baca Juga : Tips Mudah Dan Cepat Agar Pemasangan Keramik Rapi

2. Tambahkan Teritisan

Menghitung Luas Atap

Lebar sisi atap di atas belum termasuk teritisan. Jika ditambah teritisan 1 meter, maka panjangnya jadi 6,5 meter. Untuk mengetahui panjang atapnya, kita harus mengetahui panjang bangunan, dan tambahkan tiap ujungnya 1 meter sebagai teritisan. Misalnya, kalau panjang bangunan 15 meter, maka panjang atapnya jadi 17 meter.

Baca Juga : Cara Menghitung Kebutuhan Plafon Termudah & Cepat

3. Hitung Luas Atap

Menghitung Luas Atap

Kita sudah mengetahui sisi miring atap yang menjadi lebar bidang atap, dan juga sudah tahu panjang atap. Jadi, dengan lebar atap 6,5 meter dan panjang atap 17 meter, maka luas atap satu sisi adalah 110,5 meter persegi. Karena atapnya ada 2 bidang maka kalikan 2, jadinya kita dapat mengetahui luas atapnya adalah 221 meter persegi!

Baca Juga :  Cara Menghitung Kebutuhan Cat Termudah & Tercepat

Sekarang udah nggak pusing lagi kan bro tentang Cara Menghitung Luas Atap Termudah dan Tercepat ini. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button