Home & HouseTips

3 Cara Cepat Menghitung Kebutuhan Keramik

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Berapa banyak keramik yang kita butuhkan buat satu ruangan? Keramik biasanya dijual dalam satuan dus, dan tersedia dalam beragam ukuran. Keramik lantai biasanya berukuran lebih besar dari keramik dinding, dan satu dus keramik dinding isinya lebih banyak dari keramik lantai. Jadi, kalau satu ruangan mau dikeramik, Berapa sih Kebutuhan Keramik nya?

Kebutuhan Keramik

1. Menentukan Luas Permukaan Yang Akan Dikeramik

Menghitung Keramik

Step pertama dalam Menghitung Keramik adalah harus menghitung luasnya terlebih dahulu. Mau di lantai atau di dinding? Kita perlu menentukan luasan yang akan dikeramik. Menentukan luasan ini cukup mudah dan gampang, dengan cara mengukur panjang dan lebar area yang akan dikermik saja. Misalnya kita akan mengeramik lantai suatu kamar berukuran 3 x 4. Maka kita akan mengeramik luasan 12 meter persegi.

Baca Juga : Denah, Model & Desain Kamar Mandi Minimalis Modern

2. Menentukan Besar Keramik Yang Dipakai

Menghitung Kebutuhan Keramik

Langkah kedua untuk Menghitung Kebutuhan Keramik yaitu menentukan besaran keramik yang dipakai, karena berpengaruh dengan jumlah keramik yang akan digunakan pula. Misalnya, kita akan memakai keramik ukuran 40×40 di dalam kamar 3×4 meter. Untuk sisi ruangan 4 meter (400cm), kita membutuhkan 10 deret keramik utuh 40 cm. untuk sisi panjang 3 meter (300cm), kita akan membuthukan 7 deret keramik utuh (total panjang 280cm), dan keramik yang dipotong sepanjang 20cm.

Baca Juga : Layout, Model & Desain Dapur Minimalis Modern Mewah

3. Berapa Jumlah Keramik Yang Akan Dipakai?

Menghitung Kebutuhan Keramik

Sebenarnya, dalam Menghitung Kebutuhan Keramik kita tinggal membagi luas ruangan yang akan dikeramik dengan luas selembar keramik yang akan dipakai. Misal, untuk luas ruangan 12 meter persegi dan kita akan menggunakan keramik 40x40cm, maka 12 m2 / (0,4m x 0,4m) = 75 buah. Dengan perhitungan besar keramik di atas, kita akan menggunakan 70 keramik utuh dan 4 keramik yang akan dipotong masing masing 20×40 cm.

Biasanya, keramik akan dijual per dus isi 4 atau 5 buah. Jadi pastikan untk membeli jumlah keramik yang cukup, jangan lupa sediakan cadangan untuk berjaga jaga kalau keramik pecah saat pemasangan dan lain lain!

Baca Juga : Denah, Model & Desain Kamar Tidur Minimalis Modern

Nah sekarang teman teman sudah paham dan bisa memahami tentang 3 Cara Cepat Menghitung Kebutuhan Keramik ini kan. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button