Home & House

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Termudah & Tercepat

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Menentukan jumalh cat yang akan dipakai tentunya harus pas supaya jumlah cat dinding tidak kurang atau lebih. Dengan penghitungan kebutuhan yang tepat, tentu kita bisa memastikan budget yang dibutuhkan dalam tahapan pengecatan dinding.

MENGHITUNG KEBUTUHAN CAT

Butuh berapa banyak cat sih buat ngecat satu ruangan? Biasanya memang cat dijual dalam bentuk kalengan, dalam kemasan literan atau kilogram. Bingung kan harus seberapa banyak? Di sini kita bahas hitung-hitungan ngecat biar gak kebanyakan beli, atau justru malah kurang. Simak dibawah ini Cara Menghitung Kebutuhan Cat secara rinci ini yaw.

Baca Juga : Denah, Model & Desain Kamar Mandi Minimalis Modern

1. Tentukan Luas Permukaan Yang Akan di Cat

KEBUTUHAN CAT

Step awal yang paling utama menentukan Kebutuhan Cat yaitu menghitung luas. Sebagai contoh, kita ingin mengecat kamar tidur ukuran 3 x 4 meter dengan tinggi ruangan 3 meter. Artinya akan ada dua bidang dinding berukuran 3 x 4 meter dan 3 x 3 meter. Jika dijumlahkan, ada 2(3×4) + 2(3×3) = 42 m2.

Baca Juga : Jenis, Tipe, dan Ukuran Pintu Sesuai Standart Lengkap

2. Ingat, Jendela dan Pintu Tidak di Cat

KEBUTUHAN CAT

Sebuah ruangan tentunya memiliki bukaan berupa pintu, mungkin juga ada jendela. Karena bagian bukaan ini tidak ikut di cat, kita harus kurangi luas permukaan dinding tadi dengan luas pintu atau jendela. Kebanyakan pintu memiliki ukuran lebar 80cm dan tinggi 2meter, sehingga luas yang harus dikurangi 2 x 0,8 m = 1,6 m2. Jadi setelah dikurangi luas ruangan awal dengan pintu yaitu 41 – 1,6 m2 = 40,4 m2.

Baca Juga : Layout, Model & Desain Dapur Minimalis Modern Mewah

3. Mengetahui Kebutuhan Cat Per M2

KEBUTUHAN CAT

Standarnya, 1 liter cat bisa dipakai untuk luasan 10-12 m2 untuk satu lapisan. Jika luas dinding yang akan dicat adalah 40,4 m2 seperti gambar diatas, maka kita membutuhkan 3,5 sampai 4 liter cat untuk satu lapis. Biasanya, cat dinding akan diaplikasian 2 lapis, maka kita membutuhkan 7-8 liter cat.

Baca Juga : Tips Mudah Dan Cepat Agar Pemasangan Keramik Rapi

4. Kalau Cat Dijual Dalam Satuan Kilogram?

MENGHITUNG KEBUTUHAN CAT

Setiap 1 liter cat biasanya memiliki berat 1,5kg. Jadi, kalikan hasil penjumlahan kebutuhan cat dalam liter tadi dengan 1,5. Untuk kebutuhan 8 liter cat, artinya 8 x 1,5kg = 12kg cat.

Baca Juga : Cara Menghitung Kebutuhan Plafon Termudah & Cepat

Sekarang udah nggak pusing lagi kan bro tentang Cara Menghitung Kebutuhan Cat Termudah & Tercepat ini. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button