Makanan KhasTempat Wisata

46 Makanan Khas Spanyol Paling Lezat dan Terkenal

46 Makanan Khas Spanyol yang Tidak Boleh Dilewatkan – Spanyol terkenal dengan sebutan negeri matador. Dimana, banyak sekali objek wisata yang bisa kita kunjungi. Bangunan khas eropa juga bisa kita temui disini. Seperti, Plaza Mayor, Retiro Park. Museo Del Prado dan masih banyak lagi tempat yang wajib kita kunjungi bila memutuskan berlibur disini.

Baca Juga : 45 Makanan Khas Italia Paling Lezat

Kali ini, kita akan menjelajah Spanyol. Tetapi, bukan dari dunia wisatanya. Melainkan, kita akan melihat sisi menarik negeri ini melalui dunia kulinernya. Konon katanya, banyak makanan lezat berhamburan yang wajib kita coba satu per satu. Baiklah, tanpa harus berpikir panjang mari kita langsung saja menuju ke TKP.

1. Migas

Menu pertama yang akan kita cicipi adalah Migas. Makanan khas spanyol ini biasanya akan anda temui pada saat sarapan pagi. Terbuat dari tortilla jagung. Cara masaknya adalah di tumis menggunakan sayuran dan telur kocok.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @manchego_gambitero’s

Tidak hanya di Spanyol saja. Migas ini juga terkenal di Meksiko dan juga Portugal sebagai menu sarapan pagi yang menjadi pilihan wisatawan saat mengunungi Spanyol. Tidak mengeyangkan memang tetapi, awet kenyang hingga nanti datang jam makan siang.

2. Sangria

Sangria adalah minuman khas spanyol yang namanya sudah cukup dikenal di beberapa negara eropa bahkan di dunia. Hampir di semua restoran spanyol menghadirkan minuman khas yang menyegarkan ini. Bahan utama yang digunakan adalah wine.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @the_key_of_travelers’s

Kemudian, di campur dengan menggunakan buah-buahan seperti jeruk, apel, lemon, dan masih banyak lagi. Perbedaan yang mencolok yang bisa anda rasakan sewaktu meminum sangria adalah wine yang digunakan. Semakin tinggi kelas yang digunakan, maka cita rasa yang dikeluarkan juga akan semakin kuat.

Tetapi, harga yang harus anda bayarkan juga semakin mahal. Cobalah meminum ini di kala panas terik menyengat. Rasa wine yang berpadu dengan beberapa buah yang asam akan terasa sangat menyegarkan. Lebih nikmat lagi disajikan dalam dingin. Jadi, bagi anda pecinta wine. Jangan lupa mencicipinya!

3. Tapas

Selanjutnya, adalah Tapas. Dimana, kuliner satu ini benar-benar digandrungi di berbagai belahan dunia karena, cita rasanya yang benar-benar menggoda anda. Lalu, bagaimana dengan Indonesia? ya, Makanan Khas Spanyol ini ternyata juga hadir di Restoran Grand Melia Jakarta.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @tapamaroficial

Untuk menikmati makanan ini sebaiknya, anda santap pada saat jam makan malam. Di Grand Melia sendiri, tapas disajikan dengan roti dan daging pilihan. Rasanya nikmat, dimana, dagingnya benar-benar diolah dengan benar. Menghasilkan tekstur yang empuk dan lembut.

Begiru pula dengan rotinya yang juga memiliki cita rasa hampir sama. Untuk menikmati makanan ini. Anda harus mengeluarkan uang sebesar 300 ribu rupiah. Rasakan kenikmatan Tapas yang buat anda ingin memakannya lagi.

4. Volovanes

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @recetasdeescandalo’s

Makanan khas spanyol ini nikmat dengan cita rasa krimnya yang lembut dan sedikit manis. Bentuknya bulat dan salah satu kue favorit di spanyol. Jadi, jangan sampai ketinggalan dengan kuliner ini ya.

5. Spanish Fardelejos

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @juliaysusrecetas

Kue lain yang wajib anda cicipi saat berada di negeri matador. Cita rasanya manis dan lembut. Di buat dari telur, gula, kacang almond, serta lemon. Efek dari lemon inilah yang mengahadirkan efek asam tetapi, dengan takaran yang sempurna. Sehingga, bisa dijadikan camilan saat sedang santai.

6. Porra Antequerana

Masuk musim dingin di Spanyol memang paling nikmat makanan yang berkuah. Nah, di salah satu desa ada sajian kuliner yang cita rasanya berbeda dari makanan spanyol lainnya.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @j.camacho76

Porra Antequerana adalah makanan sejenis sup yang di beri beberapa bahan campuran seperti telur. Rasa kuahnya sangat khas, dimana rempahnya yang digunakan sangat berasa. Tak salah bila makanan ini menadi incaran wisatawan baik di dalam spanyol sendiri atau juga mancanegara.

7. Turron

Kurang afdol bukan bila berkunung ke Spanyol tidak membawa oleh-oleh. Oleh karena itu, jangan lewatkan untuk membeli turron. Dimana, makanan ini adalah kacang almond khas spanyol.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @kainpilipinas

Bila dilihat secara mendalam oleh-oleh khas spanyol ini lebih mirip dengan wafer yang renyah dan garing. Sehingga, rasa almondnya akan terasa empuk. Dari segi harga juga sangat terjangkau bagi kantong anda.

8. Bunuelos

Menikmati liburan memang paling menyenangkan. Di Spanyol, momen liburan biasanya digunakan untuk membuat kue khas. Terutama pada saat momen natal dan tahun baru. Saat semua anggota keluarga kumpul bersama. Bunuelos akan hadir menjadi teman dan camilan yang tidak boleh ketinggalan.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @lilablogger

Bunuelos sendiri adalah roti goreng, bentuknya bundar seperti bola golf mempunyai cita rasa manis. Tidak hanya di spanyol saja, makanan ini juga popular di eropa. Menariknya lagi, Bunuelos adalah makanan yang diadaptasi dari asia yaitu Filipina, turki, dan arab.

Dalam bahasa spanyol sendiri bunuelos memiliki arti digoreng. Cara pembuatannya pun cukup mudah. Siapkan adonan roti kemudian, diberi bumbu rempah-rempah dan isian seperti selai coklat, atau keju, atau buah-buahan yang lainnya. Sesuai dengan selera.

Untuk lapisan terluarnya tambahkan madu, gula bubuk, gula pasir halus. Selain itu, menikmati bunuelos biasanya akan dipadukan dengan secangkit coklat panas. Rasanya benar-benar menggoda iman.

9. Chocolate Caliente

Berkunjung ke Spanyol memang wajib menikmati minuman yang satu ini. Namanya adalah Chocolate Caliente. Dari namanya saja, kita pasti sudah mengerti bila minuman khas satu ini adalah coklat panas yang nikmat.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @ladesserterierd

Dibuat dengan menggunakan susu serta tepung maizena yang dijadikan satu hingga air mendidih. Bila dilihat lebih dalam lagi, susu coklat satu ini lebih kental dari susu lainnya. Manisnya gula dan coklat menjadikan minuman khas Spanyol ini sangat cocok dinikmati selagi hangat dan di saat musim dingin.

10. Flan

Menikmati berbagai macam makanan khas spanyol memang paling nikmat. Tetapi, ada yang kurang bila kita tidak menikmati makanan penutup khas spanyol yang memang nikmatnya kebangetan.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @ttimejardinprive

Hampir di seluruh penjuru menghadirkan Flan yang terbuat dari susu atau krim, di tambah dengan telur utuh, untuk pemanisnya jangan lupa di kasih dengan gula. Bentuknya seperti jeli lalu, tak lupa pula diatasnya ditabur sebuah saus caramel atau juga sirup sehingga, menghadirkan cita rasa yang super nikmat.

11. Polvorones

Natal di negeri matador memang paling menyenangkan. Karena, akan ada banyak makanan yang dihadirkan disini. salah satunya adalah polvorones. Makanan khas spanyol ini terbuat dari lemak babi yang di tambah dengan susu. Menariknya, hampir setiap rumah membuat makanan ini.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @lacucinaimperfetta

Bagi anda warga muslim yang ingin menikmati makanan khas ini jangan takut.  Karena, Polvorones versi halal pun sudah mulai di buat. Cita rasanya pun nikmat. Apalagi, penggunaan susu yang cukup kental.

12. Leche Frita

Makanan Khas Spanyol selanjutnya adalah Leche Fritta dimana, kita bisa menikmati makan yang cukup unik. Karena, makanan khas spanyol ini terbuat dari susu yang di goreng? Lalu, bagaimana rasanya?

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @maytesweet

Jika, anda penasaran dengan Leche Fritta, tidak usah jauh-jauh pergi ke spanyol untuk menikmati makanan khasnya., Cukup bikin sendiri saja di rumah dengan bahan yang harus disediakan adalah Susu Cair, Tepung Maizena, telur, gula pasir, kayu manis, kulit jeruk nipis.

13. Vermouth

Sudah pernah mengunjungi beberapa pesta di Spanyol. Jika sudah pernah, pasti anda tidak akan asing lagi dengan minuman satu ini. Dimana, vermouth adalah minuman pelengkap untuk pesta yang dihadirkan di bar atau juga hotel.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @bar1806

Vermouth sendiri sejenis anggur dengan warna merah yang menggoda iman untuk menikmati kesegarannya. Bagi pecinta anggur, vermouth adalah minuman khas spanyol yang paling ditunggu-tunggu dan di cari.

Cara penyajian vermouth sendiri biasanya di padukan dengan sepotong jeruk. Sehingga, memberikan efek yang menyegarkan. Akan lebih sempurna lagi bila dipadukan dengan makanan pendampingnya yaitu tapas.

14. Champurrado

Sepintas melihat minuman satu ini mirip dengan cocholate caliante dengan warna coklat pekatnya. Tetapi, tahukah anda bila minuman satu ini ternyata mempunyai banyak perbedaan dengan chocolate caliente. Dimana, bahannya menggunakan coklat dan juga gula merah.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @jackysnailbeef

Ada campuran rempah-rempah seperti vanili dan kayu manis yang turut memeriahkan rasa minuman ini. Tidak hanya sampai disini saja, Champurrado juga akan di tambah dengan kacang tanah, kulit jeruk, kemudian, oat meal.

Bila ingin minuman ini lebih kental lagi, anda bisa menambahkan telur. Dan rasakan kenikmatan Champurrado ini.

15. Gambas Al Ajilo

Anda pecinta udang? Mungkin, anda harus terbang ke spanyol untuk menikmati makanan khas Spanyol yang menggunakan kreasi udang sebagai bahan utamanya. Nah, Gambas Al Ajilo ini sendiri mengkreasikannya dengan pasta ala italia dengan bumbu khas Spanyol.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @carol__dessert

Tetapi, ada kabar gembira untuk anda yang penasaran dengan menu makanan satu ini. dImana, kita tidak harus pergi ke negeri matador. Karena, di beberapa restoran spanyol yang ada di Indonesia sudah tersedia disini dengan cita rasa yang sama dengan yang ada di negerinya.

Cobala berkunjung ke Plan B yang terletak di Rukan permata senayan Blok D, jalan tentara pelajar. Disana, kita akan mendapati menu Gambas Al Ajilo dengan udang yang besar-besar dan porsi pastanya yang cukup untuk satu hingga dua orang. Kalau dari segi harga tidak terlalu mahal. Anda hanya harus merogoh kocek sebesr 40 ribu rupiah saja. untuk satu porsinya.

16. Leche Merengada

Berada di spanyol tapi takut minumannya mengandung alcohol? Tenang, bisa di bilang negeri matador adalah negara yang cukup ramah kepada semua pengunjung yang datang dan menikmati segala pesonanya.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @nyamyyummy

Leche Merengada adalah minuman khas spanyol tanpa menggunakan alkohol sedikit pun. sehingga, bagi anda yang tidak menyukai minuman berbuih, bisa meminum minuman ini yang terbuat dari susu.

Selain itu, bahan yang digunakan agar menjadi sebuah minuman khas yang sangat nikmat adalah kayu manis, gula pasir, untuk menambah efek asam ditambahkan dengan kulit lemon. Ada juga putih telur sebagai pelengkapnya.

Cara pembuatannta pun sangat mudah. Ambil susu kemudian dimasak dengan mencampurkan bahan di atas seperti kayu manis, gula pasir dan juga kulit lemon. Aduk hingga merata. Selanjutnya, bahan yang sudah di campur tadi akan didinginkan terlebih dahulu.

Kemudian, telur putih tadi di kocok hingga mengembang. Dicampurkan ke dalam minuman. Sebelum disajikan didinginkan kembali. Leche merengada  biasanya menjadi minuman favorit warga spanyol saat datang musim panas.

Saat ini kreasi minuman satu ini pun cukup beragam dimana, sudah ada dalam bentuk eskrim. Sehingga, siapa pun bisa menikmatinya.

17. Churros

Rasanya belum berkunjung ke spanyol bila anda belum menikmati kudapan atau camilan khas spanyol ini. Dimana, camilan khas spanyol ini adalah kue kering dengan rasa gurih dan manis. Biasanya digunakan sebagai teman untuk minum kopi atau juga coklat hangat.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @sweetchurro.ie

Cara pembuatannya pun sangat mudah, anda perlu menyiapkan garam, gula, minyak  zaitun dengan ekstra virgin, tepung terigu, krim tebal, dan juga coklat. Di tambah baking powder. Bagaimana bahan yang mudah bukan untuk membuat camilan khas spanyol. Sehingga, tidak perlu pergi ke sana  bila ingin menikmati cita rasanya yang luar biasa.

18. Agua Fresca

Agua fresca adalah minuman menyegarkan karena, di buat dengan menggunakan buah-buahan yang dijus dan di buang isinya. Tetapi,  ada juga beberapa restoran yang hanya menggunakan perasan jeruk lemon yang di tambah dengan daun mint. Sehingga, menghadirkan efek kesegaran yang luar biasa.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @dcolores559

Selain menggunakan perasan lemon, ada beberapa yang menggunakan anggur beku. Tetapi, yang paling terkenal diantaranya adalah semangka dan juga mangga. Dimana, keduanya sering sekali di cari oleh wisatawan.

19. Pinchitos

Ternyata tidak hanya di Indonesia saja yang mempunyai santapan sate dengan bumbu khas yang enak untuk di santap. Tetapi, di Spanyol juga tersedia sate yang di beri nama Pinchitos. Ada dua pilihan bahan yang bisa digunakan yaitu ayam dan juga sapi. Bisa dipilih sesuai dengan selera.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @saldemikocina

Sebelum di bakar di atas bara perapian daging-daging ini akan di beri bumbu terlebih dahulu. Bukan bumbu kacang serta kecap melainkan, bawang, garam, dan juga minyak zaitun agar cita rasa yang dihasilkan semakin menggiurkan untuk di santap.

Ada pula daging-daging ini di marinate dengan bumbu-bumbu berbeku khas cita rasa spanyol terlebih dahulu. Untuk menambah estetika dari makanan ini, kita akan melihat paprika yang berisi dua buah.

Sehingga, tersaji warna artistik yang menggugah selera. Pinchitos atau ada yang juga menyebutnya dengan pinchos ini biasanya dimakan dengan nasi putih hangat dan di tambah pula dengan saus khusus. Dimana, kita akan menemukan cita rasa asam pedas serta kesegaran saus alpukat yang sangat menyegarkan.

20. Rabo De Toro

Liburan di spanyol tetapi, merindukan beberapa masakan khas Indonesia? Mungkin, menu makanan satu ini bisa anda jadikan pilihan untuk mengobati rasa rindu. Rabo De Torro bisa dibilang sebagai sop buntutnya Spanyol, yang bisa kita nikmati bersama.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @hermanos_de_morro_fino

Di negeri matador, sop buntut memang menjadi favorit bagi para warganya, Apalagi, bagi wisatawan yang menyukai makanan berkuah. Bisa jadi Rabo De Toro adalah menu yang paling direkomendasikan.

Makanan Khas Spanyol ini biasa disajikan sebagai makanan wajib di berbagai macam acara yang di adakan disana. Nah, menurut dari bahasanya makanan khas spanyol ini diambil dari nama torro yang berarti banteng. Menurut sejarah yang tercatat, kuliner ini pertama kali di sajikan ke khalayak ramai pada abad ke 16 di kota Cordoba.

Konon katanya, makanan tradisional spanyol ini dahulu menggunakan ekor banteng yang mati karena diadu. Tetapi, seiring berkembangnya zaman, olahan dari Rabo de torro berkembang. Tidak hanya menggunakan ekor banteng saja melainkan, beralih pula menggunakan ekor lembu atau juga sapi.

Bila anda menikmati makanan ini, maka anda akan disuguhkan dengan kuah nyemek. Berbeda dengan yang ada di Indonesia yang kuahnya encer dan melimpah. Warnanya sedikit hitam ke coklatan seperti kuah rawon yang gurih.

Makanan khas Spanyol ini ternyata diadaptasi dari olahan makanan tradisional masyarakat arab. Di beberapa wilayah, kuahnya ada di tambah dengan wine sehingga,  menghadirkan cita rasa yang berbeda. Aroma rempahnya sangat kuat, dengan bahan-bahan yang cukup familiar untuk kita santap yaitu, wortel, bawang merah, bawang putih, tomat, bawang Bombay, serta buah zaitun.

Menariknya, makanan khas spanyol ini hadir di berbagai restoran di spanyol sehingga, anda tidak perlu bingung untuk mencicipi kuliner nikmat dan lezat. Untuk di Indonesia Rabao De Toro masih belum terlalu familiar.

21. Bacalao

Menu makanan khas spanyol atau ada yang menyebutnya pula dengan menu makanan khas negara Basque ini bernama bacalao atau ada beberapa pula yang memberikan nama Balacao pil-pil, karena menggunakan olahan pil-pil sebagai pelengkapnya.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @hastaenlasopa_crismoliner

Makanan satu ini paling cocok bagi anda yang menyukai olahan seafood. Karena, bahan utama yang digunakan adalah ikan cod asin. Cara pengolahannya dengan di goreng  terlebih dahulu menggunakan beberapa bahan khas seperti,  bawang putih dan minyak zaitun.

Ikan cod ini sendiri merupakan hasil tangkapan nelayan lokal di perairan basque. Biasanya sebelum di olah ikan ini akan di didiamkan terlebih dahulu selama 24 jam. Dengan peredaman ini, kadar garam yang ada di dalamnya sedikit demi sedikit akan berkurang dan bahkan menghilang.

Tidak hanya sampai di situ untuk menikmati makanan ini, kita harus menambahnya dengan saus khusus yang terbuat dari jus ikan, minyak zaitun dan bawang putih. Cobalah menyantap menu makanan ini, kelezatan sausnya yang membuat anda semakin rindu akan Makanan Khas spanyol ini.

22. Ensalada Tropical

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @representaciones_alimentacion

Sepertinya, anda bisa membuat makanan ini sendiri di rumah. Karena, hanya terdiri dari beberapa buah dan sayur yang diberi sedikit bumbu rempah sehingga, menghadirkan cita rasa nan nikmat. Menu paling cocok bagi anda yang sedang menjalanjan program diet.

23. Mosto

Ada lagi minuman di negeri matador yang tidak beralkohol yang bisa anda temui dan anda nikmati sebagai penghilang dahaga. Namanya adala mosto, bila dilihat dari luar warnanya adalah ungu seperti sebuah wine yang nikmatnya minta ampun.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @wineandkawaii

Menariknya, mosto di buat dari perasan anggur. Oleh karena itu, tak salah bila warnanya memang mirip dengan wine. Bahkan, ada beberapa wisatawan yang menganggapnya sebagai minuma anggur beralkohol.

Walaupun dari segi warna hampir mirip tetapi, ada perbedaan yang mencolok di antara mosto dengan wine. Penggunaan anggur yang diperas dan tidak difermentasi. Sehingga, tidak menimbulkan kadar alcohol.

Di berbagai restoran di Spanyol menghadirkan mosto dengan tiga varian yaitu merah, putih, dan ungu. Ada yang menggunakan es batu tetapi, tak sedikit pula tidak menggunakan es batu karena, ingin merasakan cita rasa anggurnya.

24. Pisto

Makanan ini memang terasa sangat special karena, hanya untuk mereka yang menjadikan diri mereka sebagai vegetarian. Atau hanya memakan sayur-sayuran saja yang akan memilih menu satu ini. Bahan yang digunakan dalam membuat Pisto ini adalah tomat, lada, timun jepang, bawang putih, bawang merah, serta minyak zaitun.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @futurobloguero

Sayangnya, menu makanan pisto ini jarang sekali ada yang buat, lantaran sepi peminat. Maklum saa, wisatawan vegetarian memang bisa dihitung menggunakan jari. Tetapi, bila anda ingin mencicipinya, anda bisa pergi ke selatan kota Madrid. Ada berbagai macam warung yang menghadirkan menu khas spanyol ini.

Tidak ada salahnya untuk mencoba. Karena, tidak selalu olahan daging itu nikmat. Begitu pula dengan pisto ini. Jadi, cobalah dan rasakan pengalaman berbeda dari makanan khas spanyol ini.

25. Fabada Asturiana

Fabada Asturiana adalah Makanan Khas spanyol yang tidak boleh anda lewatkan sedikit pun. Karena, banyak wisatawan akan langsung jatuh hati saat menikmati makanan ini. Bisa dibilang, banyak yang merekomendasikannya, dan berkata belum ke Spanyol kalau belum mencicipi makanan khasnya.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @koldogourmet

Fabada Asturiana adalah makanan asli rumahan dimana, isinya adalah sosis, kacang, serta chorizo. Menu satu ini pun memiliki banyak variasi yang bisa kita nikmati. Sehingga, tidak selalu dengan sosis dengan kacang. Bisa juga dengan daging, atau ayam tergantung dari selera saja.

26. Tortilla Espanyola

Makanan khas spanyol ini memang dikenal dengan tingkat kelezatannya. Dimana, bila dilihat secara mendalam kita akan melihat pizza yang sudah di potong. Bahan utama yang digunakan kuliner satu ini adalah telur dan juga kentang.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @francabello_78

Anda pun bisa membuatnya sendiri dari rumah lho. Dimana, kentang yang sudah anda kupas dari kulitnya, anda cuci dan anda tumbuk kemudian, di olah dengan telur yang sudah dipersiapkan.

27. Latin Limeade

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @julieseatsandtreats

Minuman satu ini juga tidak mengandung alcohol. Terbuat dari jeruk nipis. Ada yang menambahkan gula merah sebagai pemanis alaminya. Rasanya manis asam tetapi, tetap menyegarkan. Sangat cocok diminum bila suhu kota roma mencapai titik panasnya.

28. Jamon

Jamon adalah menu makanan yang termasuk dalam makanan tradisional khas spanyol. Sayangnya, jamon merupakan salah satu makanan non halal yang ada di negeri matador ini. Karena, bahan dasar yang digunakan adalah kaki babi.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @tastyfoodloverss

Bagi anda yang penasaran dan ingin mencicipinya, anda bisa pergi ke beberapa restoran di spanyol. Dimana, bila anda menemukan beberapa resto yang menggantung kaki babi sudah di pastikan tempat tersebut memiliki menu jamon yang konon katanya menggiurkan.

Biasanya, kaki dari daging babi ini akan diiris tipis-tipis. Kemudian, di panggang atau di bakar dengan menggunakan bumbu-bumbu khas spanyol yang menghasilkan rasa nan nikmat. setelah itu, daging ini akan menjadi isi dari sebuah roti yang bisa anda santap bersama dengan saus sambal.

Biasanya, Jamban digunakan sebagai menu makan malam karena porsinya yang tidak telalu besar. Sayangnya, menu ini tidak bisa diganti dengan daging yang lain karena, akan sangat berpengaruh ke rasa dan aroma. Jadi, bagi anda wisatawan muslim, jangan menangis ya. Masih banyak makanan khas spanyol yang rasanya benar-benar juara.

29. Calamares A la Romana

Bisa di bilang negeri matador memang rumahnya olahan seafood mulia dari ikan, udang, cumi, hingga kepiting. Seperti, calamares A la Romana ini adalah olahan cumi yang digoreng dengan menggunakan tepung. Kalau di Indonesia biasa di sebut dengan cumi goreng tepung yang dikreasikan dengan saus asam manis.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @mi_mundo_de_harina_

Tetapi, tidak untuk makanan khas Sapnyol yang ada di negerinya dengan yang ada di Indonesia adalah penggunaan jeruk lemonnya. Jadi, setelah di goreng dan ditiiriskan, dihilangkan minyaknya. Calamares A la Roamana ini akan ditaburi dengan perasan jeruk lemon.

Sehingga, saat masuk ke dalam mulut ada gurih dari tepung yang berpadu dengan asam dari jeruk lemon itu sendiri. Sehingga, sangat cocok bila dijadikan sebagai salah satu lauk dalam makanan. Cobalah cocol makanan khas Spanyol ini dengan saus sambal, pasti akan bertambah nikmat karena, efek pedas yang tercipta.

30. Gazpacho

Andalusia, salah satu kota di Spanyol yang mempunyai makanan khas spanyol nan nikmat untuk di santap. Rugi rasanya bila berkunjung ke negara ini tetapi, tidak menikmati Gazpacho. Hanya saja, ada yang perlu anda perhatikan bila ingin menyantap Makanan Khas Spanyol satu ini yaitu musim.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @dianagalt

Makanan Khas Spanyol ini adalah sajian terenak untuk menghadapi sengatan matahari di musim panas ala spanyol. Karena, hidangan ini adalah sup dingin yang rasanya sangat segar. Sehingga, bisa digunakan untuk mengusir dahaga.

Bahan untuk membuat Gazpacho adalah air, roti, tomat, bawang putih, mentimun, cabe merah, garam, minyak zaitun, vinegar atau cuka anggur. Menu Gazpacho biasanya dihidangkan sesuai dengan selera. Ada yang mengkreasikannya dengan menggunakan alpukat atau bahan lain sehingga, menghadirkan rasa dan aroma baru.

Ada pula dengan buah tomat segar yang membuatnya berwarna merah merona. Apa pun campuran dan warnanya, kuliner satu ini tetap juara saat musim panas tiba.

31. Horchata

Udara spanyol yang panas memang membuat siapa pun ingin menikmati sebuah minuman nan menyegarkan. Kalau begitu cobalah untuk menikmati Horchata yang menjadi alternatif kebanyakan wisatawan untuk menghilangkan haus dari terik matahari yang menyengat.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @instantpoteats

Minuman ini memang berwarna putih tetapi, bisa dipastikan bahwa horcata adalah minuman yang terbebas dari susu. Horchata di buat dengan menggunakan beras almond panggang.

Di tambahkan dengan kayu manis dan sedikit perasan jeruk nipis yang nikmatnya menggoda. Tidak lupa juga ditambahkan dengan beberapa potong es batu agar menciptakan sensasi dingin di tenggorokan. Penasaran dengan rasanya, anda bisa memesannya langsung, dijamin akan ketagihan.

32. Pulpo A la Galega

Udang sudah, cumi sudah, saatnya untuk ke gurita yang ternyata juga menjadi makanan khas spanyol. Namanya adalah Pulpo A la Galega yang mengolah gurita dari yang menakutkan, menjadi sajian yang sangat lezat dan juga nikmat untuk di santap.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @elpiratamayfair

Tidak hanya gurita saja tetapi, kita juga akan disajikan dengan kentang, bubuk cabai, serta minyak zaitun yang membuat makanan ini menjadi begitu nikmat. Ada beberapa wisatawan yang awalnya tidak menyukai makanan berupa gurita tetapi, setelah menyantap makanan ini, dia langsung jatuh cinta.

Saat dimakan, tidak ada rasa amis yang tercium atau dirasakan. Inila alasan mengapa banyak wisatawan sangat menyukai Makanan Khas spanyol ini. Hadirnya bubuk cabai membuat Pulpo A La Galega menjadi sajian yang tidak boleh untuk dilewatkan karena, rasa pedasnya membuat keinginan anda untuk memakannya akan semakin tinggi.

33. Berenjena Con Vinagreta

Berenjena Con Vinagreta adalah makanan khas spanyol yang memang istimewa karena, menu satu ini begitu sederhana. Menggunakan bahan terong goreng yang dibalur dengan madu.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @elosogolosobcn

Hidangan ini mulai diolah dan mulai dikenalkan pada tahun 700 oleh penduduk bangsa  Moors yang terletak di semenanjung Iberia. Menu yang satu ini biasanya digunakan sebagai hidangan pembuka sebelum anda menikmati sajian makanan berat.

Selain terong yang di balur madu. Makanan ini juga disajikan dengan tumis sayuran dan juga bawang. Rasa gurih yang disajikan membuat makanan ini cukup digemari oleh beberapa wisatawan yang mengunjungi spanyol. Apakah anda juga ingin menikmatinya?

34. Patatas Bravas

Makanan khas Spanyol selanjutnya adalah camilan yang cukup mengenyangkan dan mempunyai cita rasa nan lezat. Karena, terbuat dari bahan kentang. Digoreng dengan menggunakan bumbu khusus. Tetapi, sebelum digoreng, kentang-kentang ini akan di bentuk kotak-kotak terlebih dahulu agar nyaman untuk dimakan.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @thevegan100

Selanjutnya, Patatas Bravas akan di lumuri dengan mayonnaise dan juga saus sambal. Rasa mayo yang sedikit asam berpadu dengan pedasnya saus. Membuat cita rasa dari Patatas Bravas sulit sekali untuk anda tolak.

35. Pollo A la Riojana

Makanan ini berasal dari la Rioja, sebuah kota di negeri matador yang terkenal dengan produksi anggurnya. Konon katanya, minuman ini harganya sangat mahal tetapi, saat merasuk ke dalam tenggorokan, anda akan di buat melayang-layang karena cita rasanya yang benar-benar sempurna.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @lapolleriademiguel

Tetapi, Pollo bukanlah sebuah minuman anggur atau juga wine melainkan, makanan yang mempunyai cita rasa yang super nikmat. Makanan khas spanyol ini biasanya disajikan saat masuk musim dingin.

Dimana, pollo sendiri adalah olahan ayam yang dimasak dengan menggunakan anggur putih. Untuk bumbu penyedapnya sendiri menggunakan bawang putih, paprika merah, chorizo spanyol, semua bahan tersebut membuat makanan ini menjadi super nikmat.

Karena, makanan ini dikhususkan untuk musim dingin. Maka, coba nikmati saja menu Pollo di kala musim dingin. Maka kenikmatan yang akan anda rasakan meningkat luar biasa. Walau, anda baru makan satu suapan saja.

36. Fideua

Makanan khas Spanyol ini memang tidak terlalu terkenal dan namanya belum setenar menu makanan lainnya. Tetapi, bagi warga spanyol khususnya di kota Valencia dan Catalonia. Makanan Khas ini begitu popular dan menjadi sajian yang tidak boleh ketinggalan untuk di santap.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @alexcd69

Fideua sendiri adalah mie pastanya negeri matador. Teksturnya tipis-tipis dan pendek, mirip dengan bihun bila di Indonesia. Menu Makanan Khas Spanyol ini biasanya diolah menggunakan udang segar.

Tidak hanya udang saja yang bisa digunakan melainkan beberapa olahan ikan laut seperti cumi-cumi, gurita. Di tambah dengan kaldu ikan, bawang putih, minyak zaitun yang ekstra pedas, tidak lupa pula ditambahkan dengan jeruk nipis bukan hanya sebagai bumbu tetapi, juga sebagai pemanis.

Rasakan pengalaman yang berbeda saat menikmati olahan makanan yang cita rasanya dominan kepada gurih pedas.

37. Pimientos De Padron

Kalau dilihat dari gambarnya makanan khas spanyol ini memang kurang menarik, serta kurang berselera. Seperti cabe hijau yang diolah menjadi sajian makanan. Menurut sejarahnya, makanan khas spanyol ini berasal dari sebuah kota kecil yang terletak di  Barat Laut bernama Galicia.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @cocinacaseraes

Pada kenyatannya menu satu ini bukanlah cabe hijau. Makanan khas spanyol ini sebenarnya adalah paprika hijau yang diolah dengan menggunakan garam, kemudian di goreng dan di beri sedikit rempah. Sejujurnya, rasanya cukup aneh tetapi, cukup nikmat bila dipadukan dengan menu makanan lainnya, sebagai sebuah lauk.

38. Pan con Tomate

Bagi anda yang pernah mengunjungi Spanyol pasti tahu bila Pan Con Tomare ini adalah makanan khas yang paling sering di cari baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain enak, siapa pun bisa membuatnya sendiri dari rumah karena, tidak perlu menggunakan bahan yang rumit dan teknik memasak yang komplit.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @toastsforall

Kita hanya perlu menyiapkan roti serta saus tomat segar saja. setelah keduanya di campurkan, tahap berikutnya adalah di panggang di dalam oven. Rasa gurih dan manis dari tomat membuat siapa pun menyukainya.

Di Spanyol sendiri, makanan khas ini biasanya di santap saat sore hari. Atau di waktu-waktu santai bersama dengan keluarga. Berdamping bersama dengan minuman hangat seperti teh atau minuman lainnya.

39. Mallorcan Tumbet

Pada dasarnya, negeri matador ini seperti negeri-negeri lainnya yang selalu mempunyai beragam masakan tradisional. Mulai dari yang biasa saja, luar biasa, sampai bisa dibilang aneh Karena, termasuk dalam makanan ekstrem. Nah, salah satu makanan tradisional spanyol yang bisa dibilang luar biasa adalah Mallorcan Tumbet.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @shihchiyen

Makanan khas spanyol satu ini tidak menggunakan daging, telur, sayuran, atau ayam sekalipun. Melainkan, menggunakan cabai sebagai bahan utamanya. Bisa dibayangkan bukan bagaimana rasanya makan cabai?

Kemudian, di tambah dengan bumbu seperti minyak zaitun, cabai, tomat, sehingga menghasilkan cita rasa yang nikmat di setiap gigitan.

40. Cream Catalina

Tidak hanya makanan beratnya saja yang menjadi makanan khas dari spanyol melainkan, ada juga saian dessert yang juga dijadikan sebagai makanan khas yang rasanya tidak boleh di lewatkan.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @zgab82

Seperti halnya Cream Catalan ini yang banyak wisatawan menganggapnya sebagai cream brullenya spanyol. Tetapi, bila dikupas lebih dalam lagi memang sedikit berbeda. Bahan yang digunakan dalam menu satu ini adalah kulit jeruk serta kayu manis.

Menurut catatan sejarah, Cream catalan adalah resep asli dari spanyol tanpa ada campuran dari negara lain. Awalnya, resep makanan ini adalah custard yang di tambah dengan kuning telur serta susu. Kemudian, dikembangkan oleh suku moor. Menjadi sebuah sajian yang anda nikmati saat ini.

Bagi anda yang ingin menikmati makanan khas ini, bisa langsung pergi ke berbagai macam restoran yang sudah tersedia dalam buku menu mereka. Jadi, jangan sampai anda melewatkannya ya.

41. Croquetas

Bila kita melihat langsung makanan khas Spanyol ini maka, kita akan langsung menebaknya dengan nama kroket. Sebuah jajanan pasar di Indonesia yang di goreng dengan menggunakan tepung panir. Isinya ada ayam dan juga daging serta beberapa sayuran, tergantung dengan selera.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @gastrolifers

Dari segi namanya sendiri memang hampir sama. Begitu pula dengan bentuknya yang juga bulat. Croquetas menjadi sajian makanan pembuka yang hadir di berbagai restoran. Makanan khas dari spanyol ini pun terbuat dari kentang dengan isi daging cincang dan di tambah dengan sayuran seperti wortel dan juga buncis.

Tidak hanya daging saja tetapi, ada beberapa penjual yang membuatnya dengan menggunakan ikan cod. Sehingga, anda bisa memilih sendiri mana yang akan anda pilih untuk menikmatinya.

42. Albondigas

Makanan khas Indonesia ini memang nikmat untuk dsantap baik untuk makan malam dan juga makan siang. Dilihat dari bentuknya, Albondigas ini seperti sebuah bakso yang dilumuri bumbu yang menggugah selera.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @laguaridadelgreench’s

Menariknya dari Albondigas adalah di dalam menu ini terdapat potongan telur rebus yang dipotong-potong. Kemudian, rasa rempah yang cukup kuat membuat makanan khas ini  terasa menggoda. Rugi rasanya, bila berada di spanyol tetapi, tidak menikmati kuliner ini.

43. Empenadas

Satu lagi makanan Indonesia yang juga tersedia di Spanyol. Setelah kroket, kali ini adalah pastel. Dari bentuk dan juga isi memang hampir sama. Soal rasa, sejujurnya lebih nikmat pastel di Indonesia karena, lidah asia yang sudah melekat sejak dahulu.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @ohmybobasomd

Makanan khas spanyol inilah yang membuat wisatawan jatuh cinta kepada sajian kuliner di negeri matador. Rasanya nikmat, di buat dari daging yang di tumbuk kemudian, di campurkan dengan kentang dan di tambah dengan berbagai macam bumbu rempah khas spanyol. Terkadang, ada pula yang mencampurnya dengan telur.

Setelah semuanya berpadu menjadi satu, kuliner ini akan di goreng dengan mnyak yang panas. Disarankan untuk menyantapnya selagi hangat. Karena, setelah dingin makanan khas spanyol ini tingkat kelezatannya akan menurun drastis.

44. Paella

Diantara semua makanan khas spanyol mungkin, Paella ini adalah yang paling mewah dan yang paling wajib untuk anda nikmati. Makanan khas spanyol ini adalah nasi yang di tabur dengan bumbu-bumbu khas sehingga, menghadirkan rasa yang pasti tidak akan pernah bisa anda lupakan.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @errisor

Lauk yang digunakan untuk menciptakan pella pun beragam ada udang, kerang, ayam dan juga kelinci. Dari lauknya saja pasti anda sudah bisa membayangkan bagaiamana nikmatnya makanan khas spanyol ini.

Menurut sejarah yang tercatat Paella pertama kali disajikan dan di buat di Albuera laguna. Atau lebih tepatnya berada di pesisir pantai spanyol. Makanan khas spanyol ini di buat untuk berbagai macam pertemuan.

Paella disini ada dua jenis, ada de marisco atau seafood yang berisikan berbagai macam seafood. Vegetariana yang menghadirkan berbagai macam sayuran seperti paprika, kacang-kacangan, jamur. Menariknya lagi, dalam membuat paella harus menggunakan wajan khusus yaitu wajan pipih yang disebut dengan patella.

45. Tigres

Ada lagi nih, makanan khas spanyol yang memang wajib anda nikmati. Bila, anda mengaku sebagai pecinta seafood. Namanya adalah tigres, dimana seafood yang digunakan adalah cumi, udang, gurita yang ditumbuk halus. Kemudian, di tambah dengan beberapa bumbu khas sehingga, menghadirkan rasa yang aromatic.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @mariaorive

Setelah berpadu menjadi satu dan semua bumbu terasa sudah merasuk ke dalam. Langkah selanjutnya adalah di panggang sampai matang. Biasanya dari baunya saja kita sudah mengenal.

46. Suquet

Makanan khas spanyol selanjutnya yang bisa anda nikmati adalah suquet.  Dimana, makanan khas spanyol ini adalah sup dengan cita rasa yang mampu menggoyang lidah tanpa henti. Satu suapan membuat semua suapan terasa melayang-layang.

46 Makanan Khas Spanyol By Ihategreenjello
Sumber Instagram @mpaletgo

Bahan yang digunakan adalah kerang dan ikan. Banyak wisatawan yang memanfaatkan makanan ini sebagai menu penutup di kala malam. Tak ketinggalan pula diatasnya akan di tabur kacang almond sebagai toping yang tidak boleh ketinggalan.

Selesei sudah penjelajahan kami di Spanyol. Berbagai macam minuman dan makanan khas spanyol yang tersaji disini sudah kita berikan semuanya. Makanan ini memiliki ciri dan cita rasa yang berbeda-beda. Kalau anda, mana yang akan di santap untuk menemani perjalanan anda selama di negeri matador?

Akhirnya inilah akhir perjalanan kita di spanyol mengulas banyak sekali makanan khas spanyol yang nikmatnya memang menggoda. Ada juga camilan dan oleh-oleh khas yang mungkin bisa dijadikan rekomendasi buah tangan saat berada di spanyol.

Dari semua perjalanan ihategreengello, kalau anda mau menikmati yang mana. Atau lebih suka yang mana? Jangan lupa untuk menikmati semuanya ya. Rugi jauh-jauh ke spanyol bila tidak bisa merasakan semua makanan khas yang dijual di hampir setiap sudut kota.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close