Makanan KhasTempat Wisata

45 Makanan Khas Italia Paling Terkenal dan Terlezat

45 Makanan Khas Italia Terlezat– Berbicara soal italia, pasti kita akan berbicara mengenai dunia pariwisata yang terkenal dengan kota Venesia yang indahnya sudah mendunia. Sampai-sampai di Bogor mempunyai replika obek wisata yang mencerminkan kota ini.

Selain dunia pariwisatanya, Italia juga dikenal dengan sepak bolanya. Beberapa pemain terkenal pun muncul menghiasi layar kaca kita dengan aksi-aksinya yang memukau. Serta kota fashion yang bertumpu di Milan

Sepertinya, ada yang kurang bila kita tidak membicarakan mengenai berbagai sajian Makanan khas italia yang juga sudah mendunia. Bahkan, beberapa restoran di Indonesia sudah menjamur dengan berbagai makanan khas italia. Penasaran dengan berbagai macam menu khasnya, mari langsung saja, kita simak hasil penjelajahannya berikut ini.

1. Tramezzino

Sebenanrnya, Makanan Khas Italia ini begitu familiar hanya saja, nama aslinya yang terkadang kita tidak mengerti. Seperti Tramezzino ini, siapa sangka makanan khas Italia ini adalah roti sandwich yang sering kita buat di rumah atau yang kita beli di berbagai supermarket.

Sumber Instagram @adela_simon

Biasanya, roti ini berbentuk segitiga, pinggiran dari roti tawar di buang. Di tambah dengan daging, atau potongan tuna, selada, mentimun, toman, kalau di italia biasanya akan di tambahkan dengan prosciutto. Daging ham kering yang di iris tipis tanpa di masak.

Ada banyak ragam Trazmezzino yang bisa anda temui saat berkunjung ke Italia. Tetapi, bila anda ingin menikmati Makanan Khas Italia ini langsung di tempat asalnya. Anda bisa berkunjung ke  Café mulassano di Piazza, Castello, Kota Turin, Italia.

2. Fettucini Alfredo

Berbicara mengenai makanan khas italia ini memang mengesankan. Dimana, ada sejarah panjang di balik menu yang saat ini mulai digandrungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Fetucini sendiri adalah jenis dari pasta yang di campur dengan keju parmesan dan juga mentega. Sehingga, menghadirkan rasa gurih dari keju yang seakan mampu berpadu dengan baik.

Sumber Instagram @evo_calivo

Pencipta Makanan Khas Italia ini sendiri bernama Alfredo Di Lelio. Beliau adalah seorang chef di restoran milik ibunya sendiri. Pertama kali memasaknya dan memperkenalkannya ke khalayak umum pada tahun 1910 di kota Roma. Sejak pertama kali dihidangakan banyak wisatawan yang sudah merespon positif soal rasanya.

Kemudian, pada tahun 1914, beliau membuka sebuah restoran sendiri dengan nama “Alfredo” dimana, hidangan utama atau makanan unggulannya adalah Fetucini. Banyak pengunjung menyukai menu satu ini yang dianggap memiliki ciri khas yang unik dari pasta-pasta italia lainnya.

Sehingga, makanan satu ini dengan cepat menyebar luas ke berbagai penjuru dunia, termasuk pula di Indonesia. Saat ini Fetucini alfredo menjadi makanan wajib yang ada di buku tamu masakan italia khususnya restoran-restoran amerika latin yang tidak pernah absen mencantumkan makanan khas italia ini ke dalam daftar menunya.

3. Chicken Parmigiana

Berkunjung ke italia jangan hanya mencari pizza atau spaghetti saja. Karena, pada dasarnya negara yang terkenal dengan sepakbola catenacionya ini memiliki makanan khas lainnya, yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Chicken Pamigiana.

Sumber Instagram @amazinggrub

Makanan Khas Itala ini berasal di negara bagian utara yaitu Parma. Biasanya, Ayam Parmigiana disajikan untuk tamu-tamu yang berasal dari Australia dan Amerika yang datang berkunjung ke tempat ini. Bila anda memesan Makanan Khas Italia ini. Maka, dalam satu piring akan anda lihat satu ayam dada yang dilapisi dengan tepung crispi renyah. Dan diatasnya akan diguyur saus neopolitan.

Saus neopolitan sendiri adalah saus yang terbuat dari tomat dan keju. Sehingga, cita rasanya cenderung ke gurih sedikit asam dan manis. Sedangkan, ayamnya, sendiri menggunakan jenis schnitzel

Teknik pembuatannya dengan cara fillet. Atau di pisahkan antara daging dan tulangnya. Kemudian, di bekukan dan digoreng dengan menggunakan bumbu crispy setelah itu, dimasukkan kedalam oven untuk di panggang dimana, diatasnya sudah di beri tambahan keju dan tomat agar lelehannya melumuri seluruh ayam.

Bagi anda yang ingin mencicipinya, tidak perlu pusing mencarinya. Karena, di berbagai restoran italia sudah menghadirkan menu ini. Tidak hanya di sana saja. Beberapa restoran di Indonesia yang menyajikan menu western juga menghadirkan menu satu ini di dalam daftar buku menunya.

4. Salami

Saat anda berkunjung ke restoran italia. Di sana, akan ada hidangan pembuka sebelum anda menikmati makanan utama. Makanan khas tersebut bernama salami. Cobalah menu satu ini dimana, Makanan Khas Italia ini tidak mengenyangkan yang bentuknya seperti sosis.

Sumber Instagram @abruzzofoodguide’s

Pembuatan salami sendiri menggunakan campuran daging babi. Proses pembuatannya pun dengan menambahkan bumbu rempah-rempah. Memang sangat cocok dijadikan sebagai hidangan pembuka.

Sayangnya, belum ada yang mengolah salami dengan menggunakan daging ayam atau sapi. Sehingga, bagi wisatawan muslim, tidak bisa menikmatinya.

5. Penne Alla Vodak

Inila dia menu pasta lain yang wajib anda nikmati saat berada di Italia atau sedang makan di restoran italia. Penne Alla Vodak adalah pasta yang terbuat dari krim yang cukup kental.

Sumber Instagram @richgiasing

Untuk menambah cita rasa agar semakin menarik di makan, akan di tambah dengan bawang, tomat, daging, atau sosis, ada juga yang menggunakan ayam. Nah, demi menambah aroma dalam menu ini, biasanya di tambah dengan saus yang terbuat dari krim, marinara, vodka dan juga kemangi. Hingga rasa yang akan anda nikmati adalah gurih yang keluar dari vodka dan cukup wangi.

Penggunaan vodka ini yang membuat makanan khas italia ini di sebut dengan Penne Alla Vodka. Jadi, jangan lupa untuk mencicipinya ya. Rasakan pengalaman seru menikmati Vodka yang di olah menjadi makanan nan lezat.

6. Linguine Alle Vongole

Makanan khas italia ini termasuk makanan tradisional yang berasal dari daerah Genoa dan Liguaria.  Linguine adalah pasta lainnya yang disajikan sebagai ragam menu yang bisa anda pilih sewaktu berkunjung ke negeri ini.

Sumber Instagram @cucinediitalia

Nah, kebanyakan warga Italia menyebut Linguine Alle Vongole ini sebagai nama Trenette atau juga Bavette. Menariknya dari menu satu ini adalah mie yang akan dipadukan dengan kerang laut.

Kerang ini adalah kerang asli italia atau yang disebut dengan vongole. Untuk membuatnya. Anda perlu menghadirkan beberapa bumbu seperti, daun parsley, bawang putih, olive oil, garam, merica, cabai kering, tomat dan juga white wine yang merupakan ciri khas dari menu ini.

7. Panini

Banyak yang menyebutnya dengan nama Tramezzino. Tetapi, keduanya bisa diibaratkan sebagai kembar tapi tak sama atau tak identik. Keduanya sama-sama menggunakan roti sebagai bahan utamanya.

Sumber Instagram @daniela_tarallo_airbnb_hos

Begitu pula dengan isiannya yang biasanya menggunakan daging dan sayuran. Lalu, darimana letak perbedaan kedua Makanan Khas Italia ini? Berada di roti yang digunakan. Bila Panini ini menggunakan roti panggang seperti buatan rosetta. Kemudian, roti dipotong horizontal.

Makanan khas italia ini juga disebut dengan nama panino. Dimana, menggunakan bumbu rempah-rempah khas italia dan juga garam. Selain itu, Panini akan dimasak dengan menggunakan panggangan yang super panas. Panini paling nikmat bila dinikmati selagi hangat. Dengan tambahan cappuccino yang nikmat dan menggoda.

8. Shrimp fra Diavolo

Srimp Fra Diavolo adalah bukti bahwa makanan khas italia ini bukan mengenai pizza dan juga spaghetti semata. Makanan khas italia ini merupakan perpaduan antara pasta dengan bahan dasar udang segar nan nikmat. Seperti kita ketahui, bahwa perairan italia memang mempunyai cita rasa akan udangnya.

Sumber Instagram @marky.schulz

Untuk menambah cita rasanya makanan khas italia ini akan di tambah dengan berbagai macam bumbu seperti. Saus, merica, bawang putih  serta berbagai macam bumbu yang khas.

9. Ravioli

Bisa di bilang Ravioli adalah makanan legendaris dari italia yang makanannya sudah hadir sejak zaman romawi. Pembuatan Makanan khas italia ini menggunakan bahan  dari bayam dan juga ricotta.

Sumber Instagram @lucy_che_cucina

Bagi anda yang mengaku sebagai vegetarian dan sangat menyukai sayuran. Makanan Khas Italia ini, bisa jadi sebuah piliahan paling cocok untuk anda. Karena, Ravioli sendiri pengolahannya tidak menggunakan daging. Melainkan, sayur-sayuran. Porsinya pun juga kecil, sangat cocok bagi anda yang sedang melakukan diet.

10. Veal Marsala

Makanan khas italia ini menggunakan makanan yang berbahan dasar daging atau juga ayam yang memang menggoda untuk kita nikmati. Veal Marsala sendiri adalah saus anggur khas italia yang di tambah dengan berbagai macam bumbu seperti, jamur dan daun bawang.

Sumber Instagram @stpetefoodies

Menariknya lagi, daging yang digunakan memang tidak sembarangan. Melainkan, wajib dengan sirloin yang lembut. Rasakan perpaduan sirloin dan bumbu khas ala italia yang tidak akan pernah bisa anda lupakan sampai kapan pun.

11. Friselle

Bukan Italia namanya bila tidak mempunyai varian roti yang melimpah. Selain pizza, negeri ini juga punya Friselle. Bentuknya, mirip dengan donut hanya saja sedikit pipih dan di bagian atasnya di buat datar sehingga, kita bisa menaruh topping.

Sumber Instagram @frisellepugliesi

Biasanya Friselle disajikan dengan tomat segar yang sudah di potong cincang.  Kemudian, di tambah lagi dengan daun tyme dan juga minyak zaitun. Di beberapa toko roti di Italia, Friselle juga di tambah dengan berbagai varian seafood.

Bila anda nikmati roti ini, maka anda akan menemukan tekstur yang garing dan juga renyah.  Biasanya, masyarakat italia menikmati roti ini saat sarapan pagi bersama dengan segelas cappucino.

12. Pasta Carbonara

Makanan khas Italia ini memang menjadi kesukaan bagi wisatawan di seluruh dunia maupun di Indonesia. Tak jarang restoran-restoran di seluruh dunia termasuk di Indonesia pula menghadirkan menu satu ini.

Sumber Instagram @savure_pastificioconcucina

Tetapi, tahukah anda bila sebenarnya, makanan tradisional ini adalah merupakan salah satu makanan rakyat pedesaan yang di buat secara sederhana dan apa adanya. Ada empat bahan yang wajib digunakan saat membuat pasta carbonara ini yaitu pancetta atau bacon, telur, keju, dan juga lada hitam.

Inilah yang menjadi perbedaan antara pasta carbonara di Indonesia dengan di italia yaitu penggunaan telur kocok di campur dengan pasta panas dan tidak dimasak. Teknik inilah yang membuat rasa creamy bisa dihasilkan tanpa harus menggunakan krim seperti pasta carbonara ala Indonesia.

Salah satu kunci yang membuat makanan khas Italia ini menjadi semakin nikmat adalah pemilihan bahan yang akan diolah. Bila di italia menggunakan guancialle yang terbuat dari pork cheese atau pancetta yang terbuat dari pork belly meat. Sementara di Indonesia sendiri, penggunaan pork di ganti dengan beef. Ada beef bacon atau juga smoked beef yang cita rasanya tidak berbeda jauh.

13. Gnocchi

Sumber Instagram @vianapolipizzeria

Makanan khas italia selanjutnya adalah Gnocchi, dimana banyak wisatawan yang langsung jatuh cinta setelah menyantap menu makanan satu ini. kalau dilihat secara mendalam makanan khas italia ini adalah sejenis pangsit, terbuat dari tepung terigu.

14. Pizza

Inilah dia makanan khas Italia yang paling sering dinikmati di berbagai belahan dunia. Bentuk dari pizza ini berupa roti bundar dan pipih. Cara memasaknya dengan di panggang.

Sumber Instagram @idelvannoronha

Pilihan topingnya pun bervariasi. Ada yang menggunakan daging, keju, cabe, paprika, bawang putih, aneka sayuran dan masih banyak lagi sesuai dengan selera. Menurut catatan sejarah, makanan khas italia ini sudah dikenal sejak zaman dahulu. Bisa dikategorikan sebagai makanan legendaris.

Pizza yang ada di zaman dahulu sekitar tahun 1600 ternyata berbeda dengan apa yang ada saat ini. Dimana, zaman dahulu pizza hanya di lumuri dengan saus tomat saja yang kemudian, di tambah dengan mozzarella dan beberapa varian lainnya.

15. Taralli

Makanan khas italia ini memang mempunyai bentuk cukup unik. Menurut catatan sejarah yang tertulis, Taralli berasal dari Italia bagian selatan. Rasanya cukup nikmat dengan tekstur yang garing dan renyah.

Sumber Instagram @vivo_brindisi

Tidak hanya itu saja, aromanya memang sangat unik, Cobalah untuk anda cium sesaat ciri khas rempah-rempah sangat terasa. Rempah-rempah yang digunakan untuk membuat makanan khas italia ini adalah bawang putih, biji wijen, biji poppy, adas merica dan juga garam.

Menariknya lagi, Taralli bisa kuat hingga berbulan-bulan tanpa basi sedikit pun atau berjamur sekali pun. Andai saja, anda mampu menyimpannya di tempat yang kedap udara.

16. Tortelini

Makanan khas Italia ini terlihat cukup unik dan sangat menarik untuk di santap. Dimana, isinya adalah daging serta keju. Tidak hanya sampai di situ saja, ada kuah kaldu yang digunakan untuk menambah kenikmatan dari hidangan ini.

Sumber Instagram @healthy._.style

Tortelini sendiri berasal dari wilayah Emilia. Rasa gurih dari keju yang digunakan membuat banyak restoran italia di seluruh dunia termasuk di Indonesai pula mulai menambah makanan khas italia ini di dalam daftar buku menu mereka. Sehingga, anda harus menikmatinya.

17. Cornetto

Cornetto adalah roti makanan khas dari Italia yang bila dilihat lebih detail, dari bentuk serta teksturnya. Maka, kita akan setuju bila Cornetto ini mirip sekali dengan croissant yang ada di prancis. Jadi, bukan cornetto es krim ya.

Sumber Instagram @micropanificiomollica

Nah, ciri khas yang mencolok dan tidak akan terlupakan dari Cornetto adalah  isinya yang menggunakan custard cream yang akan menambah roti khas italia ini rasanya menjadi semakin sempurna untuk dijadikan sebagai menu pendamping kopi.

18. Frappe

Inilah dia minuman khas italia yang sangat menyegarkan. Frappe sendiri adalah ice blend yang mampu mendinginkan suhu panas di luar akibat terik matahari yang begitu kuat menyerang. Kadar gula yang terkandung dalam minuman ini memang cukup tinggi.

Sumber Instagram @clar__ita

Sehingga, bagi anda yang mempunyai gejala diabetes disarankan untuk tidak meminumnya secara berlebihan walau, terasa sangat segar di kerongkongan. Frappe sendiri mengandung susu serta beberapa buah-buahan sehingga, menimbulkan efek menyegarkan semakin terasa.

Biasanya, cara pembuatan frappe ini dengan di blender dengan menggunakan es krim. Sekali teguk, anda yang menyukai manis pasti akan ketagihan untuk menikmatinya lagi dan lagi.

19. Panzanella

Makanan khas Italia ini untuk pertama kalinya di temukan di wilayah Tuscany pada saat musim dingin sedang berlangsung. Menariknya, Panzanela ini adalah makanan khas yang di buat oleh para petani di wilayah tersebut.

Sumber Instagram @crumbykitchen

Bahan dasar dari menu tradisional ini adalah roti. Sebagai bumbu penyedapnya adalah saus tomat, kemangi segar, serta mentimun. Untuk menambahkan aroma di Makanan Khas Italia ini, biasanya di tambah dengan rempah-rempah. Sehingga, terciptalah perpaduan rasa yang sempurna untuk di santap di kala siang atau juga malam hari.

20. Sfogliatele

Tidak hanya makanan beratnya saja atau minumannya saja yang menjadi ciri khas dari italia. Melainkan kudapan yang mempunyai rasa elegan pun juga bisa menjadi alasan mengapa negara ini wajib anda kunjungi saat liburan esok.

Sumber Instagram @mia_dlite

Sfogliatele adalah camilan khas Italia terbuat dari adonan puff pastry tipis. Kemudian, digulung hingga membentuk layer. Kemudian, di goreng dengan menggunakan minyak panas.

Tunggu hingga warnanya berubah kecoklatan. Sebegai pelengkap rasa, Sfogliatele di beri isi berupa keju ricotta tepung semolina, gula, kayu manis, telur, ada pula yang menambahkan zest lemon. Cobalah menu ini di kala anda berada di Italia. Di jamin pasti akan ketagihan dan ingin memakannya lagi.

21. Spaghetti

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas italia satu ini. Hampir seluruh penjuru dunia, baik restoran kelas menengah kebawah hingga ke atas menyediakan menu satu ini.

Sumber Instagram @mineninmutfagindan

Spaghetti sendiri terbuat dari adonan tepung dan air. Sisi menarik yang bisa kita dapatkan dari makanan khas Italia ini adalah panjang spaghettinya yang harus mencapai 50 cm.

Tetapi, saat ini kita biasa melihat bila ukuran spaghetti sendiri yang hanya mencapai 20 samp 30 cm. Ada beberapa jenis spaghetti yang bisa di nikmati mulai dari carbonara, bolognise, dan masih banyak lagi ragam jenisnya.

22. Ciabatta

Ada lagi nih, roti khas italia yang biasanya dijadikan sebagai menu sarapan warganya dan beberapa wisatawan yang berkunjung ke Italia. Namanya adalah ciabatta. Makanan khas italia ini adalah roti tawar asli dengan tekstur yang lebih padat, di bandingkan dengan roti tawar yang ada selama ini.

Sumber Instagram @badonis60

Bentuknya yang pipih panjang, membuat roti ini sering digunakan sebagai roti sandwich. Dengan isian lengkap seperti daging asap, daging babi, keju, serta berbagai macam aneka sayuran seperti tomat dan juga selada segar.

Kemudian, roti ini dipanggang terlebih dahulu hingga warnanya berubah menjadi ke coklatan dan Makanan Khas Italia ini siap untuk di santap. Disarankan menikmati Ciabatta dalam keadaan masih hangat karena, setelah dingin kenikmatan makanan khas Italia ini akan berkurang drastis.

23. Rum Baba

Inilah hidangan penutup yang wajib untuk anda santap saat berada di Italia. Dessert khas italia ini menjadi sajian penutup wajib apalagi, untuk acara-acara penting hingga mendatangkan tamu. Rum Baba sendiri, terbuat dari telur, ragi, susu, dan  mentega,

Sumber Instagram @flaviofederico

Terkadang, Makanan Khas Italia ini di beri krim di tengah. Di buat dengan porsi kecil sehingga, hanya bisa untuk satu orang saja. Ada sedikit catatan sejarah yang menarik untuk disimak sebelum kalian mencicipi makanan satu ini. dimana, Rum Baba ini berasal dari Prancis lho. Tetapi, ada seorang warga italia yang mencoba memperkenalkannya sehingga, banyak yang mengira Rum Baba adalah makanan khas Italia.

24. Ossobuco alla Milanese

Ossobuco adalah makanan khas italia yang cukup menarik untuk disantap. Dimana, Makanan Khas Italia ini menggunakan bahan utamanya yaitu daging sapi. Dipotong tebal, dengan ukuran kurang lebih 2 cm. Di potong bulat dan masih berisi tulang yang ditengahnya masih terdapat sumsum tulang.

Sumber Instagram @taleitalei

Daging ini pun di masak terlebih dahulu dengan menggunakan api kecl. Berpadu dengan tomat yang gurih dan segar sehingga, anda akan merasakan kenikmatannya yang luar biasa. Tidak hanya itu saja, daging yang bisa anda nikmati ini sangat empuk sehingga, sangat ramah dimakan untuk semua umur.

Keunikan lain dari Ossobucco adalah makanan khas italia ini bisa dipadukan dengan berbagai macam makanan lho. Dengan roti enak, dengan risotto lezat, dengan bubur jagung pun tak kalah nikmat. Sehingga, bisa menjadi sebuah pilihan.

Bagi anda yang ingin menikmatinya tidak usah jauh-jauh pergi ke Italia. Karena, di Indonesia sudah ada beberapa restoran italia yang menyediakan makanan khas ini. Harganya pun mulai dari 60 ribuan. Tergantung, Ossobuco jenis apa yang akan anda pilih. Bagaimana, mau mencoba sensasinya?

25. Foccacia

Foccacia adalah makanan khas italia yang bila diperhatikan betul maka, akan mirip dengan pizza. Perbedaan yang mencolok dari makanan khas ini dengan pizza adalah bentuk rotinya yang cukup tebal.

Sumber Instagram @thepinkbasil

Toping yang digunakan pun juga sedikit berbeda. Dimana, Foccacia menggunakan minyak zaitun, smoke beef, serta irisan dari buah rosemary. Dari segi rasa tidak usah ditanya lagi. sudah pasti menghadirkan cita rasa yang benar-benar luar biasa.

26. Aperitivo

Minuman khas italia ini memang menyegarkan bila diminum. Biasanya aperitivo dipilih bagi mereka yang mengadakan sebuah acara atau hajatan besar. Termasuk santap malam bersama dengan keluarga, yang sering dilakukan oleh warga Italia.

Sumber Instagram @stimtimberg

Aperitivo sendiri adalah minuman cocktail yang mempunyai cita rasa yang membuat anda mabuk kepayang. Aroma winenya sangat terasa. Biasanya dipilih dengan menggunakan wine yang mempunyai cita rasa tinggi sehingga, jangan heran bila harga yang ditawarkan pun cukup tinggi.

27. Caponata

Makanan khas italia ini terletak di wilayah sisilia. Dimana, kawasan ini terkenal sebagai pulau terbesar di laut tengah. Makanan yang disajikan kebanyakan adalah seafood segar dari para nelayan, Maklum saja pulau satu ini memang terpengaruh cita rasa dari berbagai negara seperti prancis, Yunani, Spanyol serta Arab.

Sumber Instagram @francesca_isaporidiethra

Caponata sendiri adalah hidangan salad dengan bumbu khas dan di padukan dengan terung dan seledri. Kemudian, di tambah dengan sajian seafood segar seperti ikan tuna, cumi, udang, gurita, kepiting dan masih banyak lagi yang bisa anda pilih sesuai dengan selera.

28. Saltimbocca

Menu Makanan Khas Italia ini memang sedang naik daun di kalangan wisatawan yang sedang berkunjung ke italia. Dimana, kita bisa menikmati sajian berupa daging ayam, bayam, prosciutto ham atau penggunaan daging babi. Kemudian, di tambah dengan keju mozzarella untuk menambah cita rasanya.

Sumber Instagram @sylvia.sattler

Saltimboca sendiri mempunyai cita rasa rempah yang seakan tidak pernah terlupakan. Sedikit pedas dan gurih sehingga. Dijamin, anda pasti akan menyukainya mulai dari satu suapan saja.

29. Risotto

Italia adalah negeri dengan berbagai sajian makanan khas yang mendunia. Mulai dari Pizza, Spaghetti, saat ini yang mulai menjamur adalah kopi, dan masih banyak lagi menu-menu dengan cita rasa menarik yang bakal menggoyang lidah anda tanpa henti.

Sumber Instagram @chefkoch

Selain makanan diatas, ada lagi yang sedang naik daun dan termasuk dalam menu andalan di berbagai restoran. Makanan khas tersebut adalah Risooto. Makanan Khas Italia ini ditemukan di daerah piedmont. Dimana, padi tumbuh dengan sangat subur.

Sehingga, jangan terkejut bila di daerah itu pula tersedia beras untuk diolah menjadi nasi yang tidak kalah lezatnya. Bahan dasar untuk membuat risotto adalah bawang putih serta anggur yang segar di padukan dengan nasi sehingga menghadirkan rasa yang pas untuk disantap.

Sebagai pelengkap masakan makanan khas italia ini akan dipadukan dengan keju, potongan daging, serta beberapa sayuran. Di Indonesia, sudah banyak restoran italia yang menjual menu satu ini. Jadi, jangan sampai terlewatkan untuk menikmatinya. Dari segi harga pun tidak terlalu mahal hanya berkirsar antara 30 ribuan saja. untuk satu porsinya.

30. Arancini

Ada lagi menu nasi yang bisa anda nikmati di italia. Ya, Arancini adalah makanan khas italia berupa nasi yang di tambah dengan daging, keju, kacang polong, saus dengan nama ragu.

Sumber Instagram @tastebudslondon

Semua tambahan ini akan di bentuk bulat-bulat dilapisi dengan tepung roti kemudian, di goreng hingga warnanya kuning keemasan. Ada beberapa varian arancini yang bisa kita nikmati yaitu Arancii ragu seperti yang sudah kita bahas diatas.

Kemudian, Con burro yang terbuat dari saus béchamel krem. Ada pula yang berbahan dasar jamur bernama con fungi. Varian terakhir yang bisa kita nikmati adalah con melanzane yang cita rasanya tetap nikmat menggoda. Satu suapnya saja pasti membuat anda terbuai untuk menyantapnya lagi dan lagi.

31. Maraschino

Ada yang menarik dari sisi sejarah minuman ini. Ternyata usut punya usut Maraschino ini bukan berasal dari italia melainkan, dari Maroko. Saat di bawa ke italia minuman ini langsung mendapatkan perhatian dan antusias yang luar biasa.

Sumber Instagram @colljeffers

Oleh karena itu, banyak dari warganya menyebutkan bila minuman ini merupakan salah satu minuman tradisional dari Italia. Maraschino sendiri adalah minuman sejenis kopi yang merupakan turunan dari espresso.

Kemudian, di mix dengan coklat panas dan susu dengan foam yang sedikit tebal. Cita rasa kopi dan coklat memang mampu berpadu dengan baik. Sehingga, tidak heran bila minuman ini langsung di klaim oleh warga italia, sebagai minuman khas mereka.

32. Gelatto

Mungkin menu satu ini sudah tidak asing lagi dengan anda. Dimana, beberapa restoran sudah menyediakan kuliner khas italia yang teksturnya mirip dengan es krim ini. Rasa dari gelato ini memang sangat lembut sehingga saat anda santap akan langsung menghilang dengan sendirinya.

Sumber Instagram @julesdenby

Menariknya, Gelato adalah es krim yang rendah lemak lho. Sehingga, bagi anda yang sedang menjalani program diet tetap aman dan nyaman menikmatinya beberapa kali. Tidak hanya itu saja, kandungan gizi yang dimiliki gelato juga cukup baik untuk kesehatan lantaran tingginya kalsium yang dikandungnya.

Perlu di ketahui bila Gelato sangat mudah mencair. Sehingga, alangkah lebih baiknya untuk segera di santap. Cara pembuatannya tanpa menggunakan tangan melainkan, menggunakan mesin, membuat Gelato bisa dibilang cukup higienis.

33. Cappucino

Minuman khas italia ini pasti sudah tidak asing lagi bagi anda. Apalagi, bagi para penikmat kopi. Saat ini cappuccino memang sudah menjamur dimana-mana. Bahkan, semua kalangan pun menikmatinya. Menariknya lagi, tidak hanya ada di restoran saja. Minuman khas iItalia ini sudah tersedia dalam bentuk sachet.

Sumber Instagram @baristasiluman

Sehingga, semakin mudah bagi kita untuk mengkonsumsinya. Walaupun, dari segi rasa tetap berbeda. Perlu di ketahui bila di negerinya minuman ini disebut juga dengan little cup. Penyebutan nama ini terispirasi dari kelompok biarawan yang berasal dari capuchin.

Lalu, apa hubungannya cappuccino dengan biarawan capuchin ini? Biarawan ini menggunakan kerudung berwarna coklat yang diibaratkan sebagai perpaduan antara espresso dan susu. Biarawan ini juga botak di tengahnya sehingga banyak masyarakatk yang menyamakannya dengan foam yang selalu terlihat di minuman ini.

Biarawan-biarawan ini ternyata juga penikmat capucino. Nah, saat anda memesan minuman khas italia ini bila, disajikan tanpa menggunakan latte art dan hanya foam susu yang di taruh diatas. Itulah bentuk cappuccino pertama kali di temukan sekitar abad ke 15.

34. Prosciutto

Inilah daging ham yang mempunyai proses sangat panjang untuk pembuatannya. Ham yang paling terkenal berasal dari parma. Sebelum digunakan untuk berbagai macam olahan makanan khas italia, ham ini akan dilumuri dengan garam terlebih dahulu kemudian di awetkan.

Sumber Instagram @carlo.dantuono_photographer

Setelah itu, daging ini dipijat selama kurang lebih 10 bulan kedepan. Hingga kita bisa menikmati dagingnya untuk berbagai macam sajan yang menarik.

35. Cannoli

Kurang nikmat memang bila menyantap makanan kurang lengkap. Seperti hidangan pembuka, makanan utama, serta hidangan penutupnya atau biasa yang disebut dengan dessert.

Sumber Instagram @marchese.onwheels

Biasanya dessert di italia itu memiliki cita rasa yang cukup manis. Sayangnya, Cannoli adalah makanan khas yang memiliki cita rasa gurih karena, menu satu ini cara pembuatannya di goreng.

Menurut sejarahnya, makanan khas italia ini berasal dari wilayah Sisilia. Canolli sendiri adalah roti yang digulung seperti sebuah pipa kemudian, di goreng. Untuk isiannya sendiri adalah keju ricotta, manisan buah citurus, ada pula yang mencampurkannya dengan coklat.

Saat ini Canolli sudah mulai hadir di berbagai restoran sebagai hidangan penutup yang tidak boleh di lewatkan. Termasuk, beberapa restoran italia yang ada di Indonesia.

36. Classic Tirramisu

Tiramisu adalah sebuah makanan yang memang paling nikmat. Cita rasanya seperti coklat tetapi, rasanya lebih soft. Makanan khas italia ini merupakan salah satu daftar dari menu penutup di restoran italia.

Sumber Instagram @rico1108

Tiramissu sendiri di buat tidak di masak atau pun di panggang. Lalu, bagaimana? Tiramisu sendiri adalah biscuit yang direndam di dalam kopi dan juga keju. Selanjutnya, di susun berlapis kemudian, di beri krim serta taburan coklat di atasnya.

Karena perpaduannya dengan kopi inilah tiramisu mempunyai cita rasa yang khas  yang membuat anda ingin menikmatinya lagi dan lagi. Apalagi, teksturnya yang benar-benar super lembut.

37. Semi freddo

Satu lagi menu makanan khas italia yang berupa dessert. Teksturnya setengah frozen sehingga, saat anda memasukkan Makanan Khas Italia ini ke mulut, anda akan merasakan rasa dingin yang menyegarkan.

Sumber Instagram @mr.farmer_

Kelembutan dari semi freddo lantaran, makanan khas italia ini berasal dari mousse. Ada juga yang membuatnya dengan campuran meringue atau telur putih, gula yang dikocok dengan menggunakan whipped cream, tanpa menggunakan es krim sama sekali.

Biasanya, semi freddo terlihat dari berbagai macam bentuk lantaran kreasi dari si pembuat. Walau di taruh di dalam freezer agar tetap dingin. Namun, makanan khas itali ini tetap tidak membeku. Lantaran penggunaan putih telur yang dipadukan dengan whipped cream.

Saat ini Semi Freddo pun hadir dengan berbagai macam varian seperti hazelnut, vanilla, dan ada yang di campur dengan menggunakan gelato. Semi freddo sudah tersedia di hampir beberapa restoran italia. Jadi, jangan sampai melewatkan untuk menikmati menu satu ini ya.

38. Lasagna

Bisa dibilang makanan khas italia ini merupakan hidangan terlezat dan ternikmat di dunia dibandingkan dengan pizza. Dimana, banyak wisatawan akan memuji rasanya saat memakan Lasagna untuk pertama kali tiba di negeri Italia ini.

Sumber Instagram @huttoneats

Menurut cerita sebelum hadirnya pizza. Lasagna adalah hidangan pertama yang disajikan di negeri yang terkenal dengan bangunan Colloseumnya. Makanan khas Italia ini terbuat dari béchamel, ragu, parmigiano reggino.

Bila anda bisa merasakan tekstur dan rasanya. Maka, kita akan menemukan Lasagna yang berbeda bila di buat di italia dan di luar italia. Pada umumnya, makanan khas di Italia ini dibuat dengan menggunakan daging sapi, ayam, atau juga daging babi,  kemudian di tambah dengan berbagai macam sayuran seperti bayam dan juga jamur.

39. Bruschetta

Satu lagi makanan pembuka khas italia yang menghadirkan cita rasa menarik. Banyak wisatawan setuju bahwa Bruschetta adalah sajian menu pembuka paling nikmat diantara semua menu hidangan pembuka yang ada di restoran italia.

Sumber Instagram @beaubewust

Makanan khas Italia ini pun juga digunakan sebagai sajian saat ada tamu yang datang berkunjung ke rumah. Jika, kamu berkunjung ke italia jangan lupa untuk menikmati hidangan ini ya.

Karena, Bruschetta yang dihadirkan di sana dengan di negeri kita sendikit berbeda. Semuanya disesuaikan dengan kultur lidah Indonesia agar menyukai makanan khas ini.

Nah, Bruschetta yang asli adalah roti cabiatta yang dipadukan dengan berbagai macam isi seperti, keju mozzarella, daging asap scinken, tomat segar, oregano tabur, daun cincang, dan olive oil.

Ada tradisi menarik yang hadir di negara italia. Dimana, menikmati makanan khas ini di bulan November atau saat masuk musim dingin.

40. Panna Conta

Siapa yang tidak mengenal Panna Conta? Bagi yang benar-benar tidak mengenalnya, bisa dipastikan dia bukan pecinta kuliner sejati. Lantaran, panna conta adalah dessert paling terkenal di seluruh penjuru dunia. Bisa dibilang pula dessert khas italia paling nikmat yang pernah di buat.

Sumber Instagram @h.s.0831

Panna Conta pertama kali di buat di wilayah Italia utara. Lebih tepatnya berada di wilayah Piedmont. Hampir di seluruh restoran di italia kita bisa menemukan hidangan yang disajikan pada saat dingin.

Makanan khas italia ini di buat dengan menggunakan susu, gula, gelatin, krim yang didihkan dan dimasukkan ke dalam freezer agar menciptakan sensasi dingin yang menyegarkan saat menyantapnya.

Biasanya, Panna Conta ini akan disajikan dengan buah-buahan seperti strawberry atau juga blueberry. Rasanya manis dan paling tepat dijadikan sebagai penatralisir makanan sebelumnya. Bila belum pernah mencoba, anda wajib menikmatinya.

41. Espresso

Bagi beberapa pelanggan yang belum mengetahui lebih dalam mengenai kopi. Mungkin, kita tidak akan pernah mengerti bila espresso yang ada di dalam daftar menu sebenarnya adalah ekstrak kopi.

Sumber Instagram @cooking_damiano__official’s

Dimana, pembuatan menu ini di ekstrak sehingga, sari-sarinya hadir dan siap untuk disantap. Espresso adalah pondasi dari minuman-minuman ala italia yang lainnya. Bila, minuman khas italia ini bercita rasa tinggi maka, kemungkinan  besar cappuccino dan minuman lainnya akan memiliki cita rasa yang tinggi pula.

Biasanya espresso disajikan hanya untuk sekali teguk saja. Jadi, jangan kaget bila isinya hanya sedikit. Bila anda pecinta kopi, maka anda bisa menilai bagaimana cita rasa kopinya dari pembuatan espresso ini.

Bagi anda yang baru saja mengenal kopi, jangan sesekali memesan minuman khas italia ini. karena, rasanya akan sangat pahit. Jika, di tambah gula maka rasanya akan sangat aneh.

42. Granita

Italia tidak hanya mengenai kopinya yang benar-benar juara dan tidak ada yang bisa mengalahkan. Tetapi, Minuman Khas Italia masih ada Granita yang tidak kalah nikmat dan juga menyegarkan di tenggorokan.

Sumber Instagram @xx_olciqq_xx

Minuman khas italia ini berupa slushee ice. Kalau di Indonesia bisa di bilang sebagai es serut yang menghadirkan dingin luar biasa. Kandungan gulanya bisa dibilang sangat sedikit dan memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi.

Granita hampir seperti sorbet. Dengan tambahan perasan jeruk lemon, membuat minuman ini sangat cocok diminum pada saat siang hari, Saat suhu udara kota roma mencapai titik tertinggi panasnya.

43. Vanilla Latte

Tidak hanya cappuccino saja yang menjadi sajian minuman kopi di Italia. Tetapi, masih ada vanilla latte yang juga tak kalah nikmatnya. Minuman satu ini bisa disajikan pada saat panas atau juga dingin. Keduanya, sama-sama nikmat hingga anda tidak boleh melewatkan minuman ini.

Sumber Instagram @pianist0304’s profile picture

Apalagi, bagi anda yang tidak ingin kadar kopi dalam minuman anda terlalu banyak. Vanila latte mempunyai perbandingan susu dan kopi lebih banyak di susunya. Foamnya pun juga sedikit dibandingkan dengan Cappuccino.

Kalau di Indonesia biasanya vanilla late akan dihiasi dengan teknik latte art yang keren-keren dan kece. Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk menikmatinya ya.

44. Lacryma Christi

Inilah dia minuman khas italia selanjutnya yang bisa dibilang sangat legendaris. Minuman khas Italia ini merupakan hasil fermentasi dari buah anggur. Warna ungu dari anggur membuat warna di minuman ini menjadi terlihat menggoda.

Sumber Instagram @bellayein81

Menurut sejarah yang tercatat Lacryma Christi ternyata sudah hadir sejak kekaisaran roma. Dimana, para raja menghidangkan minuman khas Italia ini untuk para bangsawan yang datang berkunjung ke kerajaan waktu itu. Mereka semua pun menyukainya.

Ternyata saat diseruput kita tidak akan menikmati anggur saja. Tetapi, ada juga bahan-bahan tambahan seperti cengkeh dan berbagai macam rempah-rempah lain yang membuat rasa minuman ini begitu kharismatik.

45. Negroni

Terakhir adalah Negroni, minuman khas Italia ini pun tak kalah menyegarkannya dbandingkan dengan berbagai macam minuman yang sudah disajikan diatas. Negroni juga termasuk minuman legendaris karena konon katanya minuman ini sudah ada sejak tahun 1920.

Sumber Instagram @gianlucamoni_official_

Nama minuman khas Italia ini di ambil dari nama peracik pertamanya yang bernama  Camilo Negroni. Awal mula dari minuman ini adalah saat camilo yang datang ke sebuah restaurant dan memesan Americano. Setiap memesanannya ia selalu meminta di tambah dengan gin.

Ada beberapa orang yang mencoba minuman yang diracik oleh negroni ini. mereka pun sangat menikmati dan menyukainya. Negroni sendiri biasanya diminum sebelum makan malam. Efeknya adalah mampu menumbuhkan selera makan anda.

Biasanya disajikan dengan menggunakan gelas pendek yang dihias dengan menggunakan daun jeruk. Sehingga, minuman khas italia yang terdiri dari campuran vermouth, gin dan kulit jeruk ini memiliki cita rasa yang cukup kuat dan manis. Siapa pun pasti menyukainya.

Akhirnya selesai sudah kewajiban ihategreenjello untuk memberikan informasi tentang makanan khas italia yang paling populer sedunia. Itulah beberapa minuman dan makanan khas italia yang bisa disajikan dan direkomendasikan untuk anda. Dimana, sebagian besar makanan khasnya sudah familiar dan menghiasi beberapa daftar menu di berbagai restoran di Indonesia. Kalau anda, mau pilih menyantap yang mana?

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close