Misteri Gunung

7 Legenda Misteri Gunung Kelud Paling Mencekam

Legenda Misteri Gunung Kelud Paling Mencekam – Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif sampai sekarang di Indonesia. Gunung yang terletak di provinsi Jawa Tengah ini tercatat telah meletus sebanyak 30 tahun dalam 1000 tahun terakhir. Letusan paling hebat terjadi pada tahun 2014 yang menurut para ahli mengalahkan letusan Gunung Merapi dan Gunung Sinabung.

Sumber Instagram @firmannurwahyu_

7 Legenda Misteri Gunung Kelud 

Walaupun menjadi gunung berapi yang ditakuti karena letusannya yang dahsyat, masih banyak pengunjung yang datang ke Gunung Kelud untuk menikmati keindahannya. Letusan-letusan ini mulai memunculkan kisah misteri di Gunung Kelud yang tersebar di berbagai kalangan masyarakat.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Gede

1. Legenda Lembu Suro

Terdapat legenda Gunung Kelud tentang kisah tentang Lembu Suro yang dikhianati cintanya. Kisah ini berawal dari sayembara yang diadakan oleh Raja Brawijaya untuk menikahi putri cantiknya yang bernama Dyah Ayu Pusparani. Sayembara tersebut kemudian dimenangkan oleh manusia berkepala kerbau bernama Lembu Suro.

Namun sang putri tidak ingin menikahi Lembu Suro sehingga membuat syarat berharap pernikahan akan gagal. Sang putri menyuruh Lembu Suro untuk membuat sumur hanya dalam waktu satu malam dan disanggupi oleh Lembu Suro. Penggalian sumur pun dimulai, dengan segala kesaktiannya sumur sudah hampir selesai namun putri menyuruh prajurit kerajaan untuk menimbun Lembu Suro yang ada di dalam sumur dengan bebatuan dan pasir.

Sebelum tertimbun sepenuhnya, Lembu Suro yang murka membuat sumpah yang berisi “Orang-orang Kediri suatu saat pasti akan mendapat balasanku. Kediri akan menjadi sungai, Blitar akan menjadi daratan dan Tulunggagung jadi daerah perairan dalam”. Kemurkaan Lembu Suro dikaitkan dengan letusan Gunung Kelud.

Baca Juga : 7 Misteri Gunung Ciremai

2. Jelmaan Buaya Penunggu Danau

Gunung memang tidak jauh dari mitos. Mitos Gunung Kelud ini bercerita tentang dua orang bidadari di danau namun mereka melakukan hubungan tidak senonoh yang kemudian diketahui oleh Dewa dan langsung mengucapkan “kalian seperti buaya”. Karena kekuatan dewa yang besar, ucapan tersebut mengubah bidadari itu menjadi buaya yang sampai sekarang dipercaya menjaga Gunung Kelud.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Dempo

3. Jalan Misterius

Saat berkunjung ke Gunung Kelud anda pasti akan melewati jalanan misterius yang bisa membuat kendaraan bergerak sendiri pada jalanan yang datar walaupun mesin dalam keadaan mati yang dikaitkan dengan hal mistis. Menurut peneliti ada medan magnet yang kuat sehingga dapat menarik mobil namun masih menjadi pertanyaan kenapa mobil bisa bergerak sesuai arah jalan.

Baca Juga : 6 Misteri Gunung Bromo

4. Hari Keramat Wage

Wage, Pon, Wahing, ataupun Kliwon merupakan hitungan kalender Jawa. Mungkin anda sudah sering mendengar tentang malam jumat kliwon yang dianggap angker namun berbeda bagi penduduk Gunung Kelud yang selalu waspada pada tanggal Wage karena letusan gunung yang beberapa kali meletus selalu jatuh pada Wage seperti letusan pada tahun 1955, 1966, 1990, 2007, dan 2014.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Cikuray

5. Keris Mpu Gandring

Pada zaman Kerajaan Singosari, Mpu Gandring adalah orang yang mencipatakan keris dengan kesaktian yang luar biasa dan aura magis yang sangat jahat. Konon, keris ini direbut oleh Ken Arok dan digunakan untuk membunuh Mpu Gandring yang membuat keris tersebut semakin jahat di tangan yang salah. Keris tersebut yang menjadi penyebab terbunuhnya Ken Arok sendiri, Anusapati, dan Kebo Ijo.

Keris berpindah tangan menjadi milik Raja Wisnuwadhana yang berhasil direbut oleh Raja Hayam Wuruk yang berniat menghancurkan aura jahat dari keris tersebut. Ia pun mengubur keris di dalam Gunung Kelud untuk menahan aura jahat tersebut. Maka dari itu gunung yang tingginya tidak seberapa ini memiliki letusan yang sangat dahsyat.

Baca Juga : 5 Misteri Gunung Arjuno

6. Ritual Gunung Kelud

Sesuai dengan legenda yang dipercaya turun-temurun, ritual ini diadakan oleh warga setempat pada setiap bulan Suro untuk menolak sumpah yang dibuat oleh lembu Suro dan sebagai rasa syukur kepada Sang Hyang Widhi.

Baca Juga :  6 Misteri Gunung Halimun

7. Ramalan Jayabaya

Dipercaya oleh masyarakat sekitar jika Gunung Kelud meletus maka akan selalu diikuti oleh peristiwa-peristiwa besar. Kepercayaan ini sudah memiliki beberapa bukti yang nyata seperti kelahiran Raja Hayam Wuruk dan Presiden Soekarno yang lahir bersamaan dengan meletusnya Gunung Kelud. Terjadi letusan gunung pada tahun 1811 sebulan sebelum serbuan Inggris datang ke Indonesia. Tahun 1901 yang diawali dengan gerakan politik di Indonesia. Tahun 1919 sebagai awal gerakan kebangsaan Indonesia dan jatuhnya orde lama yang diganti menjadi orde baru pada tahun 1966.

Demikian tulisan coretan dari ihategreenjello tentang Legenda Misteri Gunung Kelud mulai dari  ramalan, bahkan mitos-mitos yang dipercaya oleh warga setempat namun janganlah terlalu percaya dengan misteri yang ada dan selalu percayalah kepada Allah SWT.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button