Home & HouseTips

Tips Mudah Dan Cepat Agar Pemasangan Keramik Rapi!

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Meski memasang keramik akan dilakukan oleh tukang, kita juga harus tahu cara yang benar supaya hasilnya bisa rapi dan sesuai keinginan kita. Apalagi kalau kita menginginkan pola lantai tertentu atau pakai tegel/keramik khusus, kita harus benar benar teliti mengawasi pemasangan keramik. Lalu bagaimana sih Tips Agar Pemasangan Keramik Rapi? Simak dibawah sobat.

Keramik Rapi

1. Ukur Luas Lantai

Keramik Rapi

Tips Agar Pemasangan Keramik Rapi yang rapi adalah mengukuran luas lantai ulang. Meski ruangan sesuai denah, pengukuran ini berguna untuk mengetahui luas asli lantai yang akan dikeramik, dan menentukan titik awal serta arah pemasangan keramik. Selain mengukur di kesemua sisinya, tentukan juga titik tengah ruangannya. Tandai dengan memasang benang sob.

Baca Juga : Kelebihan, Kekurangan & Hitung Kebutuhan Keramik

2. Tentukan Titik Pemasangan Awal

Keramik Rapi

Sebaiknya pemasangan keramik dimulai dari area pintu masuk, supaya bagian keramik yang tidak bisa dipasang utuh bisa berada di bagian belakang. Karena keramik juga akan dipasang menyamping dan ke belakang, tentukan garis pertemuannya, dan pastikan pertemuan ini siku siku sob. ini adalah titik pemasangan awal keramik. Tandai titik awal pemasangan ini dengan benang juga.

Keramik Rapi

Untuk pemasangan keramik dengan pola khusus, titik pemasangan awal keramik mungkin akan berbeda dengan memasang keramik polos biasa. Kita bisa menandai pola pola khusus ini dengan memasang benang sesuai dengan pola yang diinginkan.

Baca Juga : Jenis, Tipe, dan Ukuran Pintu Sesuai Standart Lengkap

3. Ujicoba Pemasangan Keramik Tanpa Perekat

Keramik Rapi

Sebelum pemasangan keramik dilakukan, kita coba memasang keramik ini tanpa perekat terlebih dahulu, dimulai dari titik awal yang sudah kita tentukan. Pakai tile spacer supaya ada jarak yang cukup antara keramik yang sudah ditata di atas lantai.

Hal ini untuk mengetahui bagian mana yang tidak bisa diisi keramik dengan utuh, sehingga kita bisa mengetahui seberapa banyak keramik yang akan dipotong, dan juga peletakannya.

Baca Juga : Denah, Model & Desain Kamar Mandi Minimalis Modern

4. Pengaplikasian Perekat Keramik & Pemasangan Keramik

Keramik Rapi

Ini adalah bagian pentingnya. Aplikasikan perekat keramik kelantai denga roskam bergerigi, dimulai dari titik awal pemasangan yang kita tentukan. Aplikasikan pada sedikit bagian dulu, lalu pasang keramiknya, supaya perekat keramik tidak keburu kering sebelum keramik dipasang. Gunakan tile spacer untuk memberi ruang yang akan diisi nat dan membuat kermaik tetap pada tempatnya.

Baca Juga : Layout, Model & Desain Dapur Minimalis Modern Mewah

5. Pengaplikasian Nat

Keramik Rapi

Setelah keramik kering sempurna dan tidak bergeser, lepaskan tile spacer dan isi celahnya dengan tile grout/hat. Isi sampai padan dan penuh, tunggu hingga kering. Setelah itu, bersihkan sisa nat ang ada di keramik dengan spons dan air.

Baca Juga : Berapa Besar Sih Rata Rata Gaji Arsitek

Gimana Tips Mudah Dan Cepat Agar Pemasangan Keramik Rapi ini ternyata gampang sekali kan. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button