Home & HouseTips

6 Kayu Olahan Terbaik Untuk Bahan Mebel & Furniture

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Pernah nggak sih kalian berfikir ketika membeli furniture perabotan rumah? Yap semacam kursi, meja, lemari dan lain lain. Biasanya mereka kebanyakan menggunakan material kayu olahan loh sobat, nah setiap kayu itu memiliki ciri khas masih masing sobat. Lalu apa aja sih Jenis Kayu Olahan yang baik dan bagus buat furniture itu? Cuss simak langsung yaaa.

Kayu Olahan

1. Kayu Solid (Kayu Utuh)

Kayu Olahan

Yapp di urutan pertama Kayu Olahan terbaik ada kayu solid, Kenapa? Karena kayu ini pasti memiliki kualitas yang sangat tinggi, lebih kokoh dan kuat. Eittss tapi ya itu harganya mesti mahal dari pada yang lain ya huhu.

Baca Juga :  6 Top Table Terbaik Untuk Rumahmu

2. Plywood (Multipleks)

Kayu Olahan

Kalau orang jawa sih kebanyakan menyebut kayu olahan ini dengan sebutan triplek hehe, kayu ini bagus banget kalau buat bahan furniture sebagai contoh saya beri gambaran meja kerja / kantor lalu dilapisi hpl, itu sudah pasti akan tahan lama dan awet sobat, biasanya pasangan multiplek buat furniture itu dengan kaki kaki kayu sobat jadi tambah awet ya.

Baca Juga : Jenis Jenis Kayu Terbaik Untuk Konstruksi & Mebel

3. MDF (Medium Density Fibreboard)

Kayu Olahan

Kayu Olahan MDF ini terbuat dari sisa sisa / bekas serbuk serbuk kayu yang memang sudah tidak terpakai ya sobat. Lalu serbuk tersebut di kumpulkan, di presss dengan tekanan tinggi dan biasanya di bantu dengan bahan kimia agar lebih rekat dan kuat. Material ini termask dalam material yang ramah terhadap lingkungan sobat.

Baca Juga : 10 Prospek Kerja Teknik Elektro Dengan Gaji Tinggi

4. Blockboard

Kayu Olahan

Yapp tidak salah lagi kayu olahan ini hampir mirip dengan MDF bedanya dia mengunakan balok kayu kecil yang disatukan ya, prosesnya juga hampir mirip cuman bentuk bahannya yang berbeda. Bahan ini juga bagus kok buat bahan mebel.

Baca Juga : Macam Jenis Jenis Dinding Pada Konstruksi Terlengkap

5. Particle Board

Kayu Olahan

Siap sih yang nggak kenal dengan kayu olahan yang satu ini? sering banget bahan ini dijual kaann, apa coba? yapp particle board. Material ini hampir mirip dengan MDF ya sobat, cuman bedanya tu tekstur particle board lebih kasar daripada MDF. Prosesnya pun juga sama, inget ya kalau kena air particle board pasti lama lama akan melengkung sobat.

Baca Juga : Karakteristik & Jenis Jenis Kayu Terbaik Untuk Mebel

6. Honeycomb Board

Kayu Olahan

Sudah pernah tahu belum tentang kayu olahan ini? mesti kebanyakan belum yaa, yapp namanya honeycomb board. Kenapa kok namanya mirip sarang lebah? Karena bagian bawahnya itu ada rongga rongganya yang menjadi mirip seperti sarang lebah. Material ini dikenal mudah digunakan, cukup kuat juga sih menurut mimin tapi nggak kuat kuat banget ya, dan material ini ringan.

Baca Juga : 7 Jenis Kayu Terbaik Untuk Mebel dan Furniture

Jadi gimana nih tentang 6 Kayu Olahan Terbaik Untuk Bahan Mebel & Furniture ini? kalau mimin jelas lebih memilih kayu solid atau multipleks sobat, karena jelas itu lebih kuat tapi ya itu agak mahal yaa dibanding yang lain. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button