Kumpulan Kata-Kata

Kata Kata Islami Inspiratif Beserta Makna Terdalam

Kata Kata Islami Penyejuk Hati dan Penguat Jiwa – Semakin hari, kita merasakan hidup ini semakin sulit saja. Dimana, banyak sekali cobaan hidup yang tidak terduga terjadi. Biasanya hal seperti ini yang membuat kita berada di dalam dua persimpangan. Menjalani dengan ikhlas dan sabar serta tetap berjalan di jalan Allah. Atau berbelok arah dan terus menentang apa yang diperintahkan Allah.

Sumber Instagram @purwoapow

Menjalankan kebaikan memang sulit dan tidak pernah ada yang mudah. Tetapi, mengerjakan kejahatan atau keburukan itu sangat mudah dan seringkali kita lakukan. Hanya saja, pada saat kita mengerjakan kebaikan, sebenarnya akan tumbuh kebaikan lain yang saat ini belum bisa kita petik hasilnya. Begitu pula dengan keburukan.

Baca Juga : 123 Kata Kata Mutiara dan Motivasi Pendaki Gunung

Di dunia ini ibarat kata kita adalah seorang petani. Saat kita menanam padi, kita rawat dengan baik, diberi cinta kasih yang tulus karena Allah. Insha Allah apa yang akan kita taui nanti saat panen hasilnya juga sangat bagus.

Kata Kata Islami Penyejuk Hati

Di bawah ini kita akan simak beberapa kata-kata islami yang bisa kita jadikan sebuah inspirasi. Terlebih lagi,  bagi anda yang saat ini masih tersesat dan membutuhkan cahaya terang untuk pulang dan kembali dalam pelukan Illahi.

1. Kata Islami Tentang Takdir

“Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum bila mereka tidak merubahnya sendiri.”

Baca Juga : 101 Best Islamic Quotes About Life

Dari petikan ayat suci alqur’an ini sudah jelas menyebutkan bahwa ada beberapa takdir Allah yang bisa dirubah dan ada beberapa pula yang tidak bisa dirubah. Allah adalah dzat yang selalu menghargai sebuah perjuangan sekecil apa pun itu. Karena, Allah suka kepada umatnya yang tidak mudah menyerah. Kata islami di atas sebenarnya bisa sejalan dengan prinsip orang barat yang tidak mudah menyerah dan terus mencoba. Karena, saat kau ingin makan nasi goreng kau harus bergerak untuk membeli atau membuatnya sendiri. Itulah contoh kecil yang bisa diberikan.

2. Kata Islami Tentang Allah Maha Pemaaf

“Seberapa pun kesalahan yang pernah kau lakukan, selama kau masih punya nafas berhembus maka bertaubatlah. Karena, Allah adalah sang pemberi maaf,” Terinspirasi dari surat An-Nisa ayat 16.

Manusia memang ditakdirkan Allah sebagai makhluk yang selalu punya salah dan dosa. Baik langsung kepada Allah, maupun hanya kepada manusia yang menyebabkan dosa. Selama kita masih hidup, cobalah untuk bertaubat, karena setiap kesalahan akan dibalas dengan ujian yang berat dan buruk pula. Inilah cara jitu dalam membersihakn dosa anda, Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk bertaubat.

Baca Juga : Kata Kata Bijak Mutiara Soe Hok Gie Paling Inspiratif

3. Kata Islami Tentang disetiap kesulitan pasti ada jalan keluar

“Allah selalu memberikan masalah disertai dengan solusinya hanya saja manusia yang tidak pernah tahu.”

Hidup ini pasti akan disertai dengan berbagai macam ujian. Sayangnya, saat menghadapi ujian terkadang kita kurang sabar sehingga, ujian tersebut seperti sangat berat. padahal ujian tersebut begitu mudah dan gampang. Banyak solusi yang sudah disediakan oleh Allah bersamaan dengan masalah yang datang. Hanya saja, anda masih kurang memahaminya dan membutuhkan waktu untuk bisa menjawabnya. Waktu yag diperlukan inilah yang terasa sangat berat, Tetapi, asalkan kita tetap yakin kepada Allah semuanya pasti akan teratasi dengan sendirinya.

4. Kata Islami Tentang Halal dan Haram

“Ada banyak manusia yang tidak mengetahui atau acuh begitu saja bila, halal dan haram itu mampu mempengaruhi hidup.”

Alam ayat suci Al-Qur’an kita sebagai umat islam sudah diajarkan untuk mencari harta dari uang yang halal dan tidak diizinkan sedikit pun menggunakan uang haram. Walau hanya 100 rupiah. Tetapi, zaman yang semakin kacau ini malah membuat kita lupa bahwa uang suap dan korupsi adalah uang haram. Efek dari uang haram ini sangat banyak salah satunya membuat hidup anda tidak tenang, gelisah, dan selalu merasa kurang.

5. Kata Islami Tentang Doa

“Allah lebih tahu bagaimana jalan hidup umatnya daripada umatnya itu sendiri.”

Setiap orang pasti mempunyai sebuah impian yang selalu ingin terwujud menjadi kenyataan. Sayangnya, waktu kita berdoa. Allah bukan mengabulkan doa kita tetapi, merubahnya menjadi sesuatu yang mungkin tidak pernah kita sangka. Sebenarnya, kasus ini sangat mudah. Bukan Allah tidak suka dengan apa yang kau inginkan. Melainkan, Allah menguji dirimu sendiri. Dari ujian itu, Allah sedang mempersiapkan apa yang menjadi keinginanmu. Hanya saja, anda terburu-buru berpikiran buruk kepada Allah dan enggan melanjutkan.

6. Kata Islami Tentang Semangat Hidup

“Ada banyak jalan menuju roma, jangan pernah menyerah karena, Allah tidak suka dengan orang-orang yang pantang menyerah.”

Mungkin, saat kita menjalani hari demi hari, impian-demi impian akan terasa sangat berat. Tetapi, jangan jadikan semua itu sebagai sebuah alasan untuk menyerah. Allah tidak suka dengan orang-orang yang menyerah begitu saja. Kita coba lihat para nabi yang menjalankan hidup mereka dengan hak yang tidak mudah. Kalau kita bisa berbicara mereka adalah nabi dan kita manusia biasa itu memang benar. Tetapi, dari segi semangat dan daya juang haruslah sama. Sebelum menjadi nabi, mereka adalah manusia biasa pula. Mereka tetap berjuang dan menang.”

7. Kata Islami Tentang Kekuatan Doa

“Kekuatan terbesar manusia ada di doa, Oleh karena itu, jangan pernah berhenti untuk berdoa sedetik pun. Karena, kekuatan itu yang akan merubah dari yang tidak mungkin menjadi mungkin dan dari yang mungkin, menjadi tidak mungkin.”

Di berbagai belahan dunia ini, pasti kiita akan menemukan berbagai macam orang yang tidak punya daya apa pun. Perjuangan keras sudah mereka berikan tetapi, mereka kalah dengan kebanyakan orang yang mempunyai senjata berupa harta atau yang lainnya. Sebagai warga muslim, kita diberi bekal untuk percaya kepada Allah dengan doa. Karena, semua yang menentukan adalah Allah bukan manusia itu sendiri.

8. Kata Islami Tentang Berserah Diri Kepada Allah

“Dalam hidup ini sebenarnya kau tidak pernah sendirian, kau punya Allah yang selalu ada untukmu, selalu melindungimu dalam keadaan apa pun. Hanya saja, kita tidak pernah melihatnya sedikit pun.”

Ada situasi dimana, kita tidak punya siapa-siapa. Tidak punya bantuan, sedangkan kita sendiri membutuhkan bantuan itu. Orang-orang yang kita percaya bisa mengulurkan tangannya ternyata tampak acuh dan tidak mau tahu sedikit pun. Jangan bersedih dan menghukum diri sendiri karena, kau masih punya Allah yang

9. Kata Islami Tentang Keutamaan Bersedekah 

“Ibadah yang disukai Allah adalah bersedekah kepada mereka yang membutuhkan. Sayangnya, tersebut adalah yang paling sulit daripada sholat.”

Uang adalah harta yang paling berharga yang dimiliki oleh manusia. Dicari dengan susah payah dan saat ini seakan menjadi dewa. Oleh karena itu, Allah paling suka bila ada umatnya yang mengeluarkan uang untuk orang yang membutuhkan disaat dia juga sedang membutuhkan. Bila bisa melakukannya sesuai janji Allah. Apa yang dikeluarkan akan dilipat gandakan. Dan darimana arah datangnya kita tidak akan pernah tahu.

10. Kata Islami Tentang Keutamaan Sholat

“Sholat adalah perantara antara manusia dengan Allah. Maka, saat kamu tidak pernah menunaikan sholat maka. Kau tidak akan pernah bertemu dengan Allah.”

Banyak yang mengingatkan jangan pernah meninggalkan sholat. Karena, sholat adalah salah satu perantara umat islm untuk berkomunikasi dengan Allah berdua saja. Seperti halnya, saat anda ingin mengajak teman anda berbicara empat mata di suatu tempat yang sepi dan tidak ada satu pun orang yang tahu. Tetapi, untuk menjalankan sholat memang tidak mudah. Karena, melakukan kebaikan itu seperti memasukkan benang ke dalam jarum.

11. Kata Islami Tentang Senyum Adalah Sedekah

“Bila kau tidak tahu mau berbuat apa pun maka, tersenyumlah untuk orang lain. Karena, senyum adalah sedekah terbesar yang bisa di lakukan oleh manusia.”

Terkadang, kita tidak punya apa-apa untuk membantu orang lain tetapi, degan tersenyum kita sudah membantu sangat banyak. Orang yang bisa tertawa disat ia sedang bersedih adalah pertanda kalau dirinya terbebas dari stress yang berkepanjangan. Saat anda adalah orang yang bisa melakukannya. Berarti anda sudah bersedekah walau hanya sedikit saja.”

12. Kata Islami Tentang Bersandar Kepada Allah

“Setiap dari kita selalu punya masalah, hanya saja tidak semua yang bersedia menyerahkannya kepada Allah.”

Semua masalah itu datangnya dari Allah, sudah semestinya kita mengembalikan pula kepada Allah. Bagaimana cara mengembalikannya? Sabar dan ikhlas menjalani semua ujian tersebut. Ingatlah, roda akan terus berputar tidak mungkin, kita akan ersu berada di bawah dalam masalah tersebut. Pasti kita akan berada di atas dengan segala kemudahan.

13. Kata Islami Tentang Hancurnya Orang Sombong

“Satu hal yang bisa menjatuhkan manusia adalah sifat sombong,”

Saat roda anda menanjak ke atas. Maka, anda akan berada di atas angin untuk melakukan apa pun. Sebenarnya di titik paling atas adalah sebuah ujian yang besar yang terkadang sulit dipungkiri aka nada berbagai bisikan setan yang terdengar dan menyuruh mengeluarkan kesombongan dengan berbagai tipu muslihatnya. Ingatlah bila Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan lupa dengan nikmat yang telah diberikan. Bisa saja apa yang kita punya itu digulingkan dengan mudah.

14. Kata Islami Tentang Lalai Karena Uang 

“Allah telah memberikan segalanya untuk manusia hidup di dunia. Sayangnya, manusia lebih menyembah uang daripada patuh pada ajaran Allah.”

Terkadang kita ingin membeli sesuatu tetapi, terkendala akan uang yang tidak mencukupi. Kalau di bayar dengan sabar kebutuhan barang tersebut sangat mendesak. Oleh karena itu, jalan paling mudah adalah hutang. Mereka lupa kalau sebenanrnya yang memiliki segalanya adalah Alla. Sama-sama bersabar dan berusaha keras. Lebih baik berusaha dijalan Allah.

Hutang mengandung riba. Uang itulah yang membuat hidup anda akan lebih sengsara daripada hari ini. Karena, sedikit pun uang haram yang masuk ke kantong anda berarti uang haram yang membuat semuanya berubah dari baik menjadi buruk.

15. Kata Islami Tentang Usaha dan Doa 

“Ada alasan lebih mengapa Allah memberikan sesuatu kepada umat manusia.”

Hidup ini memang selalu dengan sebuah alasan. Tentang mengapa anda dilahirkan di dunia. Tentang mengapa anda jatuh cinta dan harus menikah. Tentang semuanya. Termasuk saat ada jalan terjal di depan mata. Itu adalah jalan Allah untuk anda menuju kesuksesan. Alasan Allah lebih tepat daripada alasan kita. Karena, Allah lebih tahu bagaimana kita menjalani hidup ini daripada diri kita sendiri. Oleh karena itu, tetaplah bersemangat dan jangan pernah menyerah sedikit pun. Allah akan selalu ada untuk kita.

16. Kata Islami Tentang Keutamaan Sholat Subuh dan Tahajud

“Perjuangan terberat adalah bangun pada sepertiga malam terakhir dan sholat ditengah dinginnya pagi.”

Ada satu usaha yang sangat sulit tetapi, saat anda melakukannya, anda akan mendapatkan apa yang anda butuhkan dengan sangat cepat. Amalan itu adalah sholat malam. Saat semua orang masih lelap dalam tidurnya. Kau bangun berkunjung kepada Allah dan memanjatkan doa. Ibarat kata semua orang masih tertidur tetapi, engkau yang pertama yang meminta pertolongan Allah. Ingat, Allah akan selalu membalas semua perjuanganmu walau hanya kecil saja.

17. Kata Islami Tentang Waktu Adalah Harta

“Allah mempercepat waktu karena Allah tahu, saat ini waktu adalah harta yang paling berharga di dunia ini.”

Bila anda sadari bahwa saat ini waktu berjalan dengan sangat cepat. Waktu adalah harta yang paling berharga yang bisa kita miliki. Karena, saat kita kehilangan waktu. Maka, kita akan khilangan segalanya. Termasuk kehilangan uang yang jumlahnya sangat banyak. waktu tidak bisa diputar kembali atau dicari. Jadi, manfaatkan waktu dengan hal-hal yang baik.

18. Kata Islami Tentang Pertolongan Allah

“Jangan pernah takut untuk mencoba hal yang baru yang lebih baik. Karena, ada Allah yang akan selalu datang membantu anda.

Terkadang kita menginginkan sesuatu yang bitu mustahil. Sebagai contoh, kita seorang pekerja yang selalu disukai oleh bos. Tetapi, anda ingin keluar dan ingin membuka usaha sendiri. Sayangnya anda takut akan berbagai macam hal. Jangan pernah takut, lakukan apa yang kau yakini itu benar.

Walau banyak orang yang akan mencemooh. Itu adalah ujian dari keyakinan diri. Jikalau, kau bisa melewatinya dengan baik.  Maka kau akan mendapatkan bila semua itu akan indah pada waktunya..

19. Kata Islami Tentang Berbuat Baik

“Berbuat baik itu tidak akan pernah ada ruginya. Kalau pun kebaikan anda hanya dimanfaatkan oleh orang lain. Setidaknya kebaikan anda tidak prnah di permainkan oleh orang lain.”

Orang baik tidak akan pernah behenti untuk berbuat baik. Tetapi, banyak orang yang selalu memyalahgunakan kebaikan kita untuk sesuatu yang menguntungkan mereka. Janganlah kau sambut dengan amarah. Tetapi, sambutlah dengan sebuah kebaikan karena, Allah tahu apa yang ada  di balik setiap hati manusia. Allah yang akan membalasnya. Dan, pembalasa itu akan kekal abadi daripada pembalasan manusia.

20. Kata Islami Tentang Memperbaiki Sholat Akan Memperbaiki Akhlakmu

“Tidak perlu jauh-juah untuk memperbaiki diri, cukup perbaiki saja sholatmu.”

Memang tidak ada rumus yang mengatakan bila memperbaiki sholat maka, kualitas hidup kita juga akan menjadi baik. Tetapi, alangkah indahnya bila kita memperbaiki sholat kita di balik sholat tersebut tersimpan hikmah yang akan menggetarkan hati kita. Getaran hati itulah yang membuat anda tersadar bahwa hidup ini harus berbuat baik. Dengan sendirinya anda akan berbuat baik.

21. Kata Islami Tentang Hikmah Dibalik Ujian Allah

“Allah adalah seorang penguji kehidupan yang baik diantara para penguji. Karena, di balik ujian Allah ada sebuah rencana besar yang tidak akan pernah kita tahu.”

Hidup tidak akan pernah bahagia bila hidup kita datar begitu saja. Tidak ada tantangan dan cobaan yang berat membuat hidup anda menjadi hambar. Oleh karena itu jangan pernah menghardik saat kita sedang diberi ujian oleh Allah. Karena, di balik ujian itu, ada doa yang sedang berjalan di kabulkan. Tetapi, Allah tidak memberikan apa yang kita ingin kan melainkan apa yang kita butuhkan.

22. Kata Islami Tentang Tampan dan Cantiknya Akhlak

“Cantik itu hanya ada di dalam diri, bukan di dalam paras. Dan cantiknya umat islam ada di dalam ketulusan hati mereka menjalankan perintah Allah dan menjauhi semura larangan Allah.”

Mungkin, tampan dan cantik adalah tolok ukur seseorang untuk menentukan sebuah pilihan. Sayangnya, mereka tidak memilih perempuan yang hatinya lebih cantik daripada parasnya. Kecantikan abadi adalah kecantikan sempurna yang akan terpancar dengan sendirinya. Berbeda dengan kecantikan paras yang hanya bisa dipoles saja.

23. Kata Islami Tentang Hikmah Dari Kegagalan

“kegagalan adalah bagian dari rencana Allah yang tidak pernah kau ketahui.”

Jangan berpikir bila kegagalan yang selalu kau dapatkan hanyalah kegagalan, karena kau tidak baik ditempat itu. Tetapi, kegagalan itu merupakan pelajaran dari Allah. Agar kau bisa belajar lebih baik lagi. Tidak mungkin bukan, orang berhasil yang tidak pernah gagal sama sekali. Allah memberikan kegagalan agar kamu merasa siap kalau keberhasilan memang sangat layak untuk kau miliki.

24. Kata Islami Tentang Keutamaan Sabar

“Allah menyukai orang-orang sabar.”

Sebebarnya Allah bersama dengan orang-orang yang sabar. Mereka yang tidak pernah mengeluh walau terkena musibah apa pun. Sabar memang akan disayang oleh Allah, karena ia yakin bahwa semua ini akan menghilang dan berlalu seketika. Tidak akan kekal abadi kalau tidak kita yang membuatnya.

25. Kata Islami Tentang Jodoh Adalah Cerminan Diri

“Jodoh itu adalah cerminan dari diri kita. Bila kita masih sendiri, mungkin kita belum layak untuk mendapatkan jodoh.”

Sebenarnya, jodoh kita merupakan cerminan dari diri kita sendiri. Bila kita baik maka jodoh kita pun juga akan baik. Begitu pula dengan sebaliknya, bila kita buruk maka jodoh kita pun juga akan buruk. Oleh Karena itu, cobalah untuk merubah dirimu sendiri terlebih dahulu. Agar kau mendapatkan jodoh yang terbaik.

26. Kata Islami Tentang Keutamaan Niat

“Semua tergantung dari niat yang diucapkan kepada Allah.”

Tahukah anda bila niat yang sudah diucapkan dalam hati juga termasuk dari pahala. Jikalau memang niat itu adalah niat yang baik. Sebaliknya, bila niat itu adalah niat yang buruk maka juga, akan dicatat dalam amalan dosa. Oleh karena itu, selalulah berbuat baik. Agar Allah selalu mencatat amal yang baik kepadamu.

27. Kata Islami Tentang Ujian Keimanan

“Kau hanya perlu percaya dan tetap pada iman yang sama bila suatu saat nanti iman mu goyah.”

Saat kau berjalan di muka bumi ini, kau pasti akan mendapati sebuah ujian yang berat. Ujian dimana, akan menggoyahkan keyakinan dan imanmu. Bukan hanya soal cinta melainkan, soal bagaimana kau melejitkan karirmu. Oleh karena itu, jangan pernah sedikit pun kau goyah. Tetaplah berjalan walau semua itu sulit. Hidup ini tidak pernah ada yang mudah. Semuanya sulit hanya saja kau yang menjalani kesulitan itu, kau pula yang bisa memudahkannya.

28. Kata Islami Tentang Apa Yang Kau Tanam Itulah Yang Kau Petik

“Mungkin, kau yang durhaka bukan anakmu. Setiap kejadian ini adalah hukuman dari masa lalu yang menyeretmu dalam perputaran waktu yang sama.”

Saat ini mungkin anda sedang pusing dengan sikap anak anda yang sangat nakal. Dan bisa dikatakan sebagai anak durhaka. Ingat, semua itu tergantung kepada kita. Mungkin, anak kita adalah hukuman dari berbagai dosa yang pernah kita lakukan dahulu. Oleh karena itu perbaikilah dirimu dan minta maaf kepada Allah.

29. Kata Islami Tentang Keutamaan Bersyukur

“Ada banyak nikmat yang diberikan hanya saja kau tidak pernah bisa menikmatinya.”

Sebenarnya, Allah telah memberikan segalanya untuk semua umatnya tanpa kadar yang berbeda. Hanya saja, manusia tidak pernah bisa menyadarinya. Oleh karena itu, kebahagiaan dan kenikmatan yang lainnya pun akan berbeda.Bersyukur adalah cara manusia untuk mendapatkan kenikmatan yang lebih daripada sebelumnya. Sebagai salah satu contoih adalah kenikmatan mata untuk melihat.

Pernahkah anda membayangkan bila kenimatan mata itu diambil. Bagaimana nasib anda. Semua yang indah dengan warna-warna nan megah pun hilang dengan sekejap dan hanya ada yang gelap saja.. Pernahkah anda membayangkan kejadian tersebut hadir dalam hidup anda?

30. Kata Islami Tentang Allah Maha Pengampun dan Pemaaf

“Allah selalu dalam duka dan air mata seorang umatnya.”

Tidak bisa dipungkiri bila kehilangan orang yang kita cintai memang sangat menyakitkan. Kita boleh bersedih tetapi, tidak boleh larut dalam kesedihan tersebut. Lantaran, Allah aka nada dalam setiap tetes air mata manusia yang ikhlas menerima kepergian orang yang ia cintai. Ingat, ujian terbesar manusia adalah memilih antara orang yang dicintainya dengan Allah.

31. Kata Islami Tentang Seleksi Alam

“Bila dalam kesulitan banyak orang yang meninggalkanmu janganlah bersedih. Bisa jadi, Allah sendiri yang akan mengurusmu dan membawamu keluar dari segala macam kesulitan tersebut.” Terinspirasi dari Imam Syafii

Banyak kasus dimana saat kita membutuhkan bantuan orang tetapi, tidak ada satu orang pun yang bersedia membantu kita. Jangan bersedih. Karena, kita tidak tahu bagaimana cara Allah membuat kita keluar dari kesulitan. Bisa dengan orang lain yang belum kita kenal atau bisa juga dengan orang yang tidak pernah kita duga sebelumnya.

32. Kata Islami Tentang Penyakit Hati Yaitu Dendam

“balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu sendiri menjadi lebih baik,” Terinspirasi dari Ali bin Abu Thalib.

Setiap manusia pasti punya salah. Terkadang kesalahan itu yang sering dilebih-lebihkan sehingga, muncullah kata balas dendam. Kata ini membuat manusia menjadi orang yang berbeda. Setiap balas dendam itu bisa hadir di dalam diri. Setiap itu pula, balas dendam yang lain akan muncul dan tidak akan pernah selesei sebelum menyadari bahwa lebih baik mejadikan diri kita ini lebih baik lagi dari sebelumnya.

33. Kata Islami Tentang Hidup Tidak Ada Yang Kekal dan Abadi

“Mengapa harus bersedih yang datang pasti akan pergi, yang hilang pasti akan kembali walau dalam wujud yang berbeda.”

Dunia ini memang tidak akan pernah ada yang kekal. Semua yang hidup suatu saat nanti akan mati. Tetapi, apa yang telah pergi akan kembali entah dalam wujud apa?” Terinspirasi dari Jalaludin Rumi.

Kekal abadi itu tidak akan pernah ada. Batu karang yang kokoh berdiri saja lama kelamaan akan hancur dan berubah menjadi pasir bila terkena air terus-menerus. Kalau karang saja bisa seperti itu, apalagi manusia yang sebenarnya hanyalah makhluk lemah. Tetapi, Allah mempunyai sifat maha adil. Okeh karena itu, setelah kau kehilangan sesuatu Allah akan menggantikannya dengn lain yang kita sendiri pun tidak tahu.

34. Kata Islami Tentang Jangan Menjelaskan Diri Sendiri 

“Jangan pernah kau jelaskan apa pun mengenai dirimu. Karena orang yang menyukaimu tidak butuh itu dan orang yang tidak menyukaimu tidak akan pernah percaya.”

Dinilai orang baik memang sangat menyenangkan. Tetapi, sebagai umat yang baik. Lebih baik kita melakukan apa adanya bukan ada apanya. Orang yang tulus tidak membutuhkan berbagai macam alasan. Sebaliknya, orang yang ingin menjatuhkan akan membutuhkan banyak sekali ungkapan. Ingat di dunia ini orang yang suka perbandingannya lebih sedikit daripada orang yang tidak suka. Jadi, tetaplah berhati-hati.”

35. Kata Islami Tentang Keutamaan Berbuat Adil 

“Terkadang, manusia tergoda oleh emosi sesaat yang membuatnya tidak pernah bisa berpikir jernih dan berbuat adil terhadapa semua kaum. Karena, saat anda bisa berbuat adil, maka Allah pun akan berbuat adil kepada anda.” Terinspirasi dari Surat Al Maidah ayat 8.

Dunia ini memang fana, penuh dengan misteri yang terkadang tidak bisa ditebak. Orang yang kita percaya dan kita sayangi terkadang menjadi penghalang tersendiri untuk kesuksesan. Tetapi, mereka yang selalu berbuat jahat mala menjadi jalan terang. Oleh karena itu, tetaplah berbuat adil kepadanya. Kita tidak akan pernah tahu bagaimana masa depan akan berjalan. Yang kita tahu, tidak ada salahnya berbuat baik dan adil kepada siapa saja. Karena, mereja juga punya ha katas itu.

36. Kata Islami Tentang Syirik

“Jangan pernah menduakan Allah dengan mengunjungi tukang ramal menanyakan sesuatu dan bertanya tentang apa yang akan terjadi di masa depan. Kemudian, mereka mempercayainya.” Terinspirasi dari hadist riwayat Muslim.

Sebenanya tukang ramal itu belum tentu benar. Semua perkataan yang dilontarkannya adalah perkataan setan yang sebenarnya bisa dilihat dari apa yang ada di dalam diri anda saat in. Sebagai contoh anda saat ini malas dan selalu berpikir memenangkan hadiah. Maka, setan akan memberitahu temannya dan memberi tahu kepada tukang ramal bahwa anda di masa depan akan mendapat hadiah.

Ingat, kalau anda saja tidak suka menjadi orang nomor dua dan pasangan anda selingkuh dengan yang lain. Apalagi, Allah yang punya kekuasaan di seluruh dunia, pasti tidak suka bila keesaannya kita duakan. Jadi anda harus berhati-hati karena 40 hari sholat anda tidak akan diterima, sayang sekali bukan bila itu terjadi kepada anda.

37. Kata Islami Tentang Keutamaan Sabar

“Setiap kesedihan, kegalauan dan kegundahan hati manusia bila di jalani dengan sabar akan menggugurkan dosanya yang lalu,” Terinspirasi dari Hadits riwayat Bukhori dan Muslim.

Bila anda saat ini sedang dirundung kesedihan, jangan terlalu larit dalam kesedihan tersebut. Perlu diakui, kesedihan adalah hal yang paling sulit untuk dilewatkan. Tetapi, bukan tidak mungkin, kita bisa melewatinya dengan baik. Kesdihan itu hadir untuk melengkapi kebahagiaan. Terkadang, kesedihan yang diberikan Allah juga bisa berfungsi sebagai penghapus dosa yang telah kita lakukan selama ini. Jadi, berpikirlah positif selalu.

38. Kata Islami Tentang Cara Hidup

“Kejarlah urusan duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya, dan kejarlah urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok.” Diambil dari hadits riwayat Ibnu asakir.

Hidup ini mengalami dua fase. Dimana saat berada di dunia, dan saat berada di akhirat nanti. Nah, selama di dunia kita dituntut untuk mencari bekal yang banyak dengan menjalankan semua perintahnya dan menjauhi larangannya. Sementara saat anda mencari bekal untuk akhirat anda juga jangan lupa mencari bekal di dunia. Jangan sampai sibuk mencari akhirta tetapi, dunia lupa dan seakan tidak diperhatikan dengan baik.”

39. Kata Islami Tentang Selalu Berprasangka Baik

“Aku tergantung dalam sangkaan hambaku, bila dia ingat dalam hatinya maka aku akan berada di dalam hatinya,” Diambil dari hadits riwayat Bukhori dan Muslim.

Allah itu tergantung dengan apa yang kita pikirkan. Bila kita memikirkan baik, maka Allah akan memberikan yang terbaik untuk kita. Begitupula dengan sebaliknya. Oleh karena itu tidak ada salahnya bila anda berpikiran postif dalam menghadapi setiap ujian yang didatangkan Allah. Mungkin, Allah sedang menjalankan doamu atau juga memberikanmu kekuatan. Seperti seorang pelatuh yang selalu memberikan sebuah siksaan agar ia bisa menjadi seorang juara. Bila kita postif maka porsi latihan itu akan berhasil.

40. Kata Islami Tentang Manusia Yang Lalai

“Orang yang cerdas adalah yang mengendalikan dirinya dan bekerja untuk kehidpuannya setelah kematian” Diambil dari hadits riwayat HR Tirmidzi.

Manusia diberi akal untuk berpikir dan memiliki hawa nafsu sebagai ujiannya. Hawa nafsu inilah yang bisa menyelamatkan atau juga membuat mereka terjerumus dalam nikmatnya dunia. Sementara mereka yang sudah menuntut ilmu akan menyadari bahwa dunia ini memang harus dijalani dengan baik. Tetapi, ia tidak sepenuhnya memikirkan dunianya hanya saja memikirkan akhiratnya. Karena, sebenarnya kehidupan kekal adalah nanti setelah kita mati.”

41. Kata Islami Tentang Keutamaan Bersedekah

“Pernah kah kalian sadari bahwa sebenarnya harta yang ada pada diri kalian ini akan hilang begitu saja. Setelah kamu makan akan keluar menjadi kotoran, apa yang kamu pakai akan terbuang menjadi sampah, dan setelah kamu keluarkan dengan sedekah akan kekal abadi. Tetapi, harta itu tetap akan hilang,” Diambil dari hadits riwayat muslim.

Harta memang masih menjadi impian bagi seluruh umat di seluruh dunia. Padahal, harta belum tentu menjadikan mereka kekal dan bahagia selamanya Banyak orang yang menyesali harta mereka sendiri karena, ada hal yang harus dikorbankan.  Oleh karena itu, beruntunglah kalian yang tidak mempunyai harta melainkan cinta. Karena, dunia ini membutuhkan cinta untuk kebahagiaan walau tidak dipungkiri, uang sangat berperan penting. Namun, tidak setebal cinta dan kasih sayang.

42. Kata Islami Tentang Mimpi dan Ambisi

“Seberapa pun usia manusia mereka tetap memiliki dua hal yaitu ambisi dan angan-angan,” Terinspirasi dari Hadits riwayat Muslim.

Berapa pun usia umat manusia mereka tidak akan pernah terhindar dari yang namanya impian. Orang yang sudah tua sekali pun masih mempunyai mimpi. Apalagi, jika rangkaian impiannya belum usai, pasti mereka akan terus berambisi meraihnya. Mengejar impian memang kewajiban, menyimpan ambisi untuk hal kebaikan adalah keharusan tetapi, jangan pernah sampai lupa bila Allah juga turut ambil bagian soal impian ini. Jadi, jangan oernah melupakan Allah kalau ingin berhasil.

43. Kata Islami Tentang Perbuatan Baik dan Tercela

“Allah itu berada di dalam hati kita, jika tidak percaya cobalah berbuat dosa, coba pula kau rasakan dalam-dalam hati yang pasti akan bergetar hebat.”

Sebenanrya Allah ada dimana-mana. Tetapi, yang paling terasa adalah di dalam hati setiap manusia. Saat hati sedang gundah karena urusan dunia, maka pergilah kepada Allah maka hati anda akan menjadi tenang. Ketenangan inilah yang diperlukan setiap umat untuk menghadapi setiap masalah. Agar bisa selesei sesuai apa yang diinginkannya.

44. Kata Islami Tentang Hikmah Dibalik Pilihan 

“Bila kau tidak sanggup untuk melakukan apa pun, maka bertanyalah kepada Allah. Terkadang Allah memberikan sebuah pilihan yang sulit dan membiarkan umatnya memilih jalannya.”

Pada suatu saat anda pasti akan mendapatkan sebuah pilihan yang sulit, Entah tentang masa depan, atau sebuah perkara, atau sebuah pilihan hati yang memang tidak mudah untuk memutuskan. Sebenarnya, setiap pilihan yang kita pilih adalah pilihan yang terbaik tidak ada pilihan yang buruk. Hanya saja, kita tidak tahu apakah jalan yang kita pilih itu banyak rintangan ataukah tidak.

Seperti halnya kita pergi ke suatu tempat. Kita diberi pilihan apakah lewat jalan tol atau jalan biasa. Kita tidak tahu apa saja yang akan kita temukan di jalan tol. Apakah hanya jalan lurus dengan kecepatan tinggi biasa, atau ada kejadian yang membuat perjalanan kita akan terganggu, Begitu pula di jalan biasa. Oleh karena itu, biarkanlah Allah yang memilihnya dan biarkan Allah yang akan membantu anda untuk mengarungi jalan tersebut.

45. Kata Islami Tentang Harta 

“Manusia sering dibutakan harta, mereka lupa sebenarnya harta itu datangnya darimana dan dari siapa”

Banyak orang yang saat ini selalu memuju yang namany uang. Bagi mereka uang adalah segalanya, sehingga lupa siapa yang memberi mereka uang. Jika, ada yang menjawab boss mereka yang memberi. Itu adalah jawaban orang-orang yang tidak beriman. Mungkin, saat ini anda sudah berada di titik teratas sebagai seorang direktur yang tidak perlu pusing bulan depan ada uang atau tidak.

Tetapi, ingatlah Allah maha segalanya. Bisa saja gaji bulan depan anda diambil lagi oleh Allah. Caranya pun bisa berbagai macam. Mungkin, mobil anda rusak, rumah anda butuh perbaikan. Atau yang paling buruk adalah anda di rampok. Hidup ini adalah sebuah scenario yang hanya Allah sendiri yang tahu, adegan apa yang akan kita jalankan berikutnya.

46. Kata Islami Tentang Keutamaan Sabar

“Untuk mendapatkan apa yang kau inginkan, kau harus bersabar dan bersahabatlah dengan apa yang kau benci.” Dikutip Dari Imam Ghazali.

Mimpi yang besar memang dimiliki oleh semua orang tetapi, perjuangan dan semangat yang tinggi untuk meraih impian itu, tidak dimiliki oleh semua orang. Sayangnya mewujudkan impian itu tidak mudah. Membuat apa yang ada di dalam mimpi ke dunia nyata memang sangat su;lit. anda harus bersahabat dengan apa yang tidak anda suka. Kerja keras dan terkadang air mata. Tetapi, bila itu semua bisa anda lewati, anda akan mendapatakan semuanya.

47. Kata Islami Tentang Semua Karena Allah

“Lebih baik kehilangan sesuatu demi Allah, daripada kau harus kehilangan Allah demi sesuatu yang sebenarnya tak nyata.” Dikutip Dari Mufti Menk.

Ada banyak hal di dunia ini yang bisa membuat anda kehilangan Allah. Dalam berbagai ajaran agama pastilah melarang umatnya untuk berpindah ke agama lain. Salah satu yang bisa membuat kejadian tersebut terjadi adalah cinta. Dimana, ujian kesetiaan yang bisa membuat kita kehilangan Allah. Kemudian, mereka akan berkata bahwa semua ajaran agama itu sama. Mungkin, memang maksud dan tujuannya memang sama. Tetapi, anda telah melanggar apa yang menjadi ketentuan ajaran islam selama ini.

Kehilangan Allah sama saja kehilangan separuh bahkan semua kehidupan yang anda jalani. Bila dalam kepercayaan yang baru anda menemukan kedamaian maka, siap-siaplah di hari akhir nanti anda menemukan kesengsaraan. Karena, sebenarnya dunia ini fana dan sungguj tidak nyata.

48. Kata Islami Tentang Keutamaan Berhijrah

“Barang siapa yang berhijrah di jalan Allah, niscaya mendapati muka bumi ini tempat hijrah yang luas rejeki banyak.” Diambil dari surat An nisa ayat 100.

Setiap manusia yang selalu mengikuti semua perintah Allah dan meninggalkan semua yang tidak disukai oleh secara otomatis mereka akan mendapatkan rahmatnya Allah. Karena, pada dasarnya, Allah menginginkan umatnya untuk adil dalam menyikapi hidupnya. Mengejar dunia itu wajib, tetapi mengejar akhiat itu adalah sebuah kebutuhan. Jadi. Jangan jadikan amalan kepada Allah itu sebuah beban tetapi, jadikanlah semuanya sebagai keihlasan yang suatu saat nanti kita akan mendapatkan balasan yang setimpal.

49. Kata Islami Tentang Berwudhu Untuk Menenangkan Amarah

“Marah adalah sebuah bara api yang panas, maka berwudhulah agar cepat tenang kembali.” Diambil dari hadits riwayat Abu Daud.

Perihal yang tidak akan pernah bisa kita lakukan adalah menahan amarah. Perlu diketahui, marah adalah sifat setan yang paling disukai. Marah pula yang bisa membuat semua hal yang baik menjadi yang sangat buruk. Oleh karena itu, bila anda memenangkan pertarungan melawan amarah maka, mereka patut  diacungi jempol karena, mereka adalah sebenarnya para pemenang. Salah satu penghalau amarah adalah wudhu, kemudian sholat jika itu tetap tidak berhasil maka padukanlah keduanya di tempat yang lain yang lebih tenang. Ingat, marah akan merusak semua yang indah sejak lama hanya dalam waktu sekejap saja.

50. Kata Islami Tentang Kekuatan dan Ujian Allah

“Setiap manusia memiliki kekuatan yang diberikan Allah untuk menghadapi segala hal entah menghadapi yang baik atau juga menghadapi yang buruk.”

Terkadang Allah memberikan berbagai ujian, berbagai masalah supaya manusia bisa belajar sesuatu. Hanya saja, manusia tidak pernah bisa bersabar dengan apa yang ada. Sehingga, semua yang ada terkesan seperti susah dan berat. Padahal, Allah telah memberikan segalanya untuk anda. Termasuk solusi, dan kalau anda perhatikan, anda itu mempunyai kekuatan yang besar hanya, anda seakan enggan untuk melakukannya.

51. Kata Islami Tentang Berserah Diri Kepada Allah

“Mengeluhlah bila memang itu bisa meringankan beban anda. Tetapi, sebaik-baiknya mengeluh itu hanya kepada Allah, bukan kepada sesama manusia.”

Dalam berbagai masalah yang dihadapi oleh manusia, pasti ada yang terasa sangat berat. Beban itu seakan menyiksa anda. Bila mengeluh bisa meringankan beban, maka mengeluhlah. Hanya saja, jangan mengeluh ke sesame manusia. Tetapi, mengeluhlah ke Allah. Manusia dikaruniai sifat pelupa oleh Allah. Jadi, saat anda mengeluh masalah yang anda hadapi. Bisa saja mereka lupa dan memberi tahu keluhan kita kepada orang lain.

Jadi, lebih baik anda mengeluh kepada Allah. Lagipula, semua keputusan ada di tangan anda. Sehingga, apa pun yang diberi tahu oleh semua orang bila memang berkenan dengan hati pasti akan anda lakukan. Bila tidak berkenan pasti juga tidak akan anda lakukan bukan.

52. Kata Islami Tentang Kado Terindah Adalah Kematian

“Sebenarnya, kado terindah dari Allah untuk umatnya adalah kematian. Sebelum, anda menuju kesana, carilah bekal yang banyak terlebih dahulu, agar semuanya terasa sangat special.”

Mengapa kematian adalah kado terindah? Karena, dengan kematian kita tidak perlu merasakan sakit yang luar biasa. Apalagi, kalau anda sudah membekali diri dengan berbagai macam amalan-amalan. Pada dasarnya, hidup di dunia ini bukan untuk sebuah alasan. Melainkan untuk membawa bekal agar saat hidup kekal di akhirat nanti. Anda bisa berbahagia selamanya.

53. Kata Islami Tentang Bercermin Kepada Diri Sendiri

“Sebelum kau melihat orang lain, cobalah lihat dirimu sendiri.”

Terkadang kita sering menilai seseorang dengan berbagai macam hal. Hanya saja kita tidak akan pernah tahu bila saat kita menunjuk orang lain maka beberapa jari kita akan menunjuk kita sendiri. Oleh karena itu, hal yang terbaik bila ingin merubah seseorang adalah dengan merubah diri sendiri terlebih dahulu. Dengan memperbaiki diri, jari-jari yang menunjukmu tidak akan pernah menyesal.

54. Kata Islami Tentang Tolak Ukur Perbandingan Dunia dan Akhirat

“Lihatlah keatas untuk urusan akhiratmu dan lihatlah ke bawah untuk urusan duniamu.”

Melihat keatas memang tidak disarankan. Tetapi, untuk masalah akhirat kita boleh terus melihat keatas. Kita boleh iri dan dengki karena, orang lain lebih bersemangat pergi ke masjid, lebih bersemangat untuk membaca alqur’an daripada kita. Rasa iri dan dengki itu bisa kita rubah menjadi hal positif dengan pergi ke masjid, baca alqur’an, Tetapi, untuk urusan dunia, kita wajib melihat kebawah. Dunia ini hanya sementara saja, tidak ada yang kekal abadi.

55. Kata Islami Tentang Kesedihan

“Tidak alasan bagi manusia untuk bersedih, karena Allah sudah menanggung semua kesedihannya.”

Bila anda ingat akan janji Allah yang ada didalam Al-Qur’an maka anda pun juga akan ingat bahwa hidup kita ini sebenarnya begitu mudah. Mengapa kita harus bersedih dan murung kalau Allah sudah menjaminnya. Allah bukanlah manusia yang bisa lupa akan janjinya. Allah pasti menepati janji. Hanya saja, kita yang tidak pernah bisa menyadarinya.

Bila kita bisa memahami bagaimana ajaran islam, pastilah kita akan mendapatkan sebuah cahaya terang. Karena, islam mengajarkan umatnya untuk saling mengasihi dan saling memberi. Radikal bukanlah ajaran islam yang mungkin, selama terlihat di televisi dengan jihad dan bom bunuh dirinya.

Sekian Kata Kata Islami dari Ihategreenjello. Islam yang sebenarnya itu indah. Cobalah untuk mengamalkannya sedikit demi sedikit. Pasti anda akan mendapatakan apa yang anda butuhkan selama ini. Bukan apa yang anda inginkan. Karena, Allah selalu bersama dengan orang-orang yang sabar dalam menghadapi situsi apa pun.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close