Home & HouseTips

Jenis Jenis Pasir Dalam Konstruksi Paling Lengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Hello sobat teknik sipil, kamu masih ada proyek pembangunan dan bingung mau pilih jenis pasir yang apa nggk nih?? ehh tunggu jenis pasir banyak yang serupa tapi tak sama ya kan, siapa yang belum tua eh tau maksudnya hehe. nih ihategreenjello kasih info Jenis Pasir beserta karakteristiknya.

Jenis Pasir

Baca Juga : Fungsi dan Jenis Jenis Pasir Dalam Konstruksi.

1. Pasir Mundu

Jenis Pasir ini banyak di pasaran, dia tuh harganya juga murah stock juga banyak dimana mana ada. Jadi gak heran deh dia sering dipakek untuk bangun rumah. Teksturnya dia tuh lebih keras dan kasar. Lebih sering dipakek buat masang bata dan plester.

Jenis Pasir

2. Pasir Beton

Ya dari namanya aja ada embel embel betonnya. Ya pasti tuh dia dipake untuk pengecoran membuat beton. Pasir ini warnanya hitam, udah pecah, dan bertebaran. Teksturnya sangat sangat alus jadi sangat sering dah dijadikan plesteran.

Baca Juga : Prospek Pekerjaan Tenknik Mesin Dengan Gaji Tinggi

3. Pasir Cokelat Belitung

Dia tuh punya tekstur yang halus, jadi gak perlu capek ayak ayak deh sebelum dipakek untuk material, dan harganya sangat murah dan terjangkau kok jadi kamu tenang tenang saja yaa hehe.

Jenis Pasir

4. Pasir Urug

Pasir ini lebih variatif dan teksturnya tuh cenderung kasar. Biasanya sih pasir ini ya dia terdiri dari pasir sisa ayakan, pasir sedot, pasir cuci, dan sisa sisa pasir sejenis lainnya. Dan biasanya dipakek buat menyebar dan meratakan beban permukaan tanah.

Baca Juga : Perusahaan Nikel Terbesar di Indonesia

5. Pasir Pasang

Teksturnya juga halus. Tapi kalo dia dikepal baka menggumpal lohh. Beda sama pasir beton cenderung mudah nyebar dan pecah. Ya biasanya sih pasir pasang ini digunakan untuk memplester dinding yaaa, atau bisa dicampur dengan semen untuk perekat bata merah ataupun batako, dan membuat pondasi dalam ataupun dangkal.

Jenis Pasir

6. Pasir Putih Rangkas

Dia punya tekstur yang lembut dan berwarna abu abu, cuman kamu perlu mengayaknya terlebih dahulu jika ingin digunakan yaa.

Baca Juga : Jenis Balok Konstruksi

7. Pasir Putih Lampung

Nah kalo ini dia tuh kualitasnya bagus dan halus. Dan asal kamu tau, pasir ini benar benar berawrna putih seperti pasir putih bangka. Kadang sih ada yang berwarna agak kuning dan kecokelatan.

Jenis Pasir

8. Pasir Putih Bangka

Berwarna putih dan halus teksturnya, sehingga kamu tidak perlu mengayaknya. Jadi tanba babibu anda bisa langsung menggunakannya untuk memplesternyaa lohhh.

Baca Juga : Jenis dan Ukuran Container Terlengkap

9. Pasir Plester

Jenis Pasir

Jenis Pasir yang satu ini sangat halus teksturnya, namun ternyata tetap harus diayak sebeleum digunakan untuk memplester yaa.

Eits eits eits, akhirnya kalian sudah tau kan tentang Jenis Jenis Pasir Dalam Konstruksi. Yaahh walaupun seorang teknik sipil menganggap ini remeh meh meh hehe, tapi orang awam wajib tahu ya. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button