Home & HouseTips

Simak Yuk! Jenis Jenis Solder Terlengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Naahh ihategreenjello sekarang mau jelasin nih untuk anak teknik mesin dan elektro, ada beberaja jenis solder yang harus kamu tahu lohh, apa jangan jangan kamus udah tau dan sudah punya? Harusnya sih udah punya yaa buat cari cuaann hehe. Sekarang mimin mau bahas Jenis Jenis Solder, simak sampe akhir yaaw.

Jenis Solder

1. Solder Biasa

Jenis Solder

Kalau Jenis Solder ini udah gak asing lagi pasti ya, soalnya dah banyak dipasaran dan banyak yang makek juga buat nyolderin beberapa peralatan hardware komputer, hp dan lain lain. Udah murah, pakainya gampang pula wkwk. Fungsinya jenis ini sih sangat sangat sederhana untuk menyambung komponen yang memiliki ukuran besar dan kecil atau memasangnya pada PCB atau Print Circuit Board.

Baca Juga : Prospek Pekerjaan Tenknik Mesin Dengan Gaji Tinggi

2. Solder dengan Pengontrol Suhu

Jenis Solder

Solder ini punya ciri unik yakni, mampu mengontrol suhu yang terpisah dari solder itu. Dan suhunya yang stabil dan konstan meskipun dinyalakan dalam waktu cukup lama sekalipun. Sehingga tidak mudah rusak dan ketika tegangan yang gak stabil waktu lagi dipakai maka suhu pada solder tersebut tidak akan naik turun atau dengan kata lain tidak terpengaruh dengan tegangan listrik yang tidak stabil itu.

Spesifikasi teknis jenis solder ini  :

  1. Temperature Range : 200 ~ 480 °C
  2. Temperature Stability : ± 1 °C (noload)
  3. Tipto Ground Resistance: < 2Ω
  4. Tipto Ground Potential : < 2mV

Baca Juga : Perusahaan Nikel Terbesar di Indonesia

3. Solder Uap atau Hot Air atau Blower

Jenis Solder

Pas memakainya kamu harus perhatikan pengaturan kekuatan panas (heating) dan pengaturan tekanan udara. Soalnya semakin tinggi suhu udara yang dihembuskan, akan semakin kuat tekanan udara saat dinaikan. Ada empat Fungsi yaitu yang pertama untuk solder atau disoldering komponen surface mount techology atau SMD, yang kedua dapat mengatur suhu 100 C sampai 500 C, ketiga mempunyai heat processing dan heat energy test, keempat dapat melindungi kerusakan komponen dikarenakan tegangan tidak stabil dengan teknologi curcui anti statics.

Baca Juga : Prospek Pekerjaan Teknik Sipil Bergaji Tinggi

Nahh jadi Jenis Jenis Solder Terlengkap mana yang dari favoritmu nih? Kalau ihategreenjello mah yang biasa aja karena penting bisa kerja dan hasilnya tetap maksimal, kalau yang neko neko harganya mahal brooo, hehe. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button