Home & HouseTips

Contoh, Simbol, Fungsi & Jenis Jenis Plastik Terlengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Ada banyak jenis plastik loh di sekitar kalian, warna plastik pun juga tidak menentukan bahan pembuatnya. Ada yang bisa didaur ulang, ada yang bisa dipakai berkali kali, dan ada pula yang hanya sekali pakai. Maka, jika tidak digunakan sebagaimana fungsinya akan berpengaruh pada lingkungan ataupun tubuh kita. So, Kenali Jenis Jenis Plastik dibawah ini yuk.

Jenis Jenis Plastik

Baca Juga :  Harga Dan Jenis Besi Beton

1. PETE / PET (Polyethylene Terephthalate)

Jenis Jenis Plastik

Polyethylene Terephthalate umunya digunakan untuk kemasan makanan dan minuman (botol minum, botol minyak, wadah selai, dan sisir). PETE / PET (Polyethylene Terephthalate) mampu mencegah oksigen masuk dan merusak produk didalamnya. Jenis plasik ini hanya untuk sekali pakai saja ya.

Baca Juga : Jenis Jenis Tumpuan Struktur Bangunan

2. HDPE (High Density Polyethylene)

Jenis Jenis Plastik

HDPE (High Density Polyethylene) lebih kuat dan lebih tebal dari PETE / PET (Polyethylene Terephthalate). Biasanya digunakan untuk tas belanja, botol sabun, botol shampoo, dan plastik kemasan tebal lainnya. Plastik jenis ini dianjurkan untuk penggunaan sekali pakai.

Baca Juga : Jenis Jenis Kolom Konstruksi

3. PVC (Polyvinyl Chloride)

Jenis Jenis Plastik

PVC (Polyvinyl Chloride) digunakan untuk pipa air, cling wrap, plafon pvc, dan ubin. Jenis plastik ini sangat sulit untuk didaur ulang, sehingga penggunaan plastik PVC (Polyvinyl Chloride) sebaiknya dihindari.

Baca Juga : Jenis Jenis Beton Terlengkap

4. LDPE (Low Density Polyethylene)

Jenis Jenis Plastik

LDPE (Low Density Polyethylene) bersifat elastis, memiliki daya tahan lama, dan bisa digunakan berulang kali. Biasanya dipakai untuk kantong sampang, kantong pembungkus makanan, dan tas belanja. Tapi akan lebih baik jika menggunakannya sekali dan didaur ulang, agar tidak tertimbun ditanah yang butuh rausan tahun untuk mengurainya.

Baca Juga : Jenis Balok Konstruksi

5. PP (Polypropylene)

Jenis Jenis Plastik

PP (Polypropylene) jenis plastik ini yang terbaik untuk wadah makanan maupun minuman meskipun digunakan disuhu yang panas. Biasanya digunakan untuk botol plastik yoghurt, botol susu bayu, dan wadah makanan. Selain itu juga dipakai dirompi termal dan suku cadang mobil.

Baca Juga : Jenis Jenis Excavator Terlengkap

6. PS (Polystyrene)

Jenis Jenis Plastik

PS (Polystyrene) adalah styrofoam yang biasanya dipakai untuk wadah makanan, karton telur, gelas mangkuk sekali pakai, kemasan, bahan bangunan (bahan flooring), dan juga helm sepeda. Plastik jenis ini termasuk salah satu jenis yang susah didaur ulang.

Baca Juga : 17 Jenis Jenis Kapal Laut Terlengkap

7. O (Other)

Jenis Jenis Plastik

O (Other) maksudnya jenis plastik yang termasuk dalam kategori ini berarti dibuat dari bahan lainnya selain enam bahan yang sudah ihategreenjello sebutkan diatas. Jika jenis plastik ini digunakan untuk makanan atau minuman akan sangat berbahaya karena bisa merusak organ tubuh tertentu.

Baca Juga : Jenis Jenis Batu Alam Berkualitas

So anda sekarang lebih paham tentang Jenis Jenis Plastik Terlengkap kan? itu dia macam plastik yang ada disekitar kita. Tapi, tetap saja kita menyebut semuanya plastik hehe.  Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button