Home & HouseTips

Pengertian & Jenis Jenis Minyak Bumi Terlengkap

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh – Perlu diketahui bahwa peran penting Minyak Bumi sangat penting dalam kehidupan manusia untuk mobilitas sehari hari, bahkan untuk sekarang pesawat terbang pun harus menggunakan bahan bakar minyak bumi untuk beroprasi. Nah jenis minyak bumi pun punya kegunaan masing masing dan tidaksembarangan fungsinya. So, langsung saja simak dibawah ini Jenis Jenis Minyak Bumi paling lengkap.

Jenis Jenis Minyak Bumi

Baca Juga : Jenis Balok Konstruksi

1. Bensin

Jenis Jenis Minyak Bumi

Siapa sih yang gak tau sama bensin. Soalnya Jenis Minyak Bumi ini udah familiar banget ditelinga kamu. Karena udah sering digunakan pada kendaraan roda dua mauupn roda empat. Bensin memilki krakteristik yang sangat mudah terbakar dan mudah menguap bahkan pada suh rendah, kandungannya terdiri dari isooktana dan n-heptana. Titik nyala bensin cukup rendah yakni -15 sampai -40 derajat celcius. Sehingga jenis minyak bumi ini sangat cocok dipakai untuk mesin berkapasitas kecil. Bensin diperoleh dengan proses destilasi pada suhu sekitar 120 derajat celcius.

Baca Juga : Jenis Jenis Excavator Terlengkap

2. Kerosin atau Minyak Tenah

Jenis Jenis Minyak Bumi

Bahan bakar yang sering kamu kenal sebagai minyak tanah. Suhu penguapan minyak tanah lebih tinggi sehingga tidak mudah menguap disuhu normal. Sama seperti bensin, sebelum diedarkan kerosin akan mengalami pengolahan lanjutan. Tujuannya untuk mengurangi kadar belerang dan sifat korosinya serta menambahkan warna agar bisa membedakan mana minyak tanah dan mana air. Kerosin didapat dari proses destilasi dengan suhu 150 – 200 derajat celcius.

Baca Juga : 17 Jenis Jenis Kapal Laut Terlengkap

3. Solar

Jenis Jenis Minyak Bumi

Solar adalah bahan bakar kendaraan bermesin diesel. Solar memiliki karakteristik tidak mudah menguap dan memiliki sedikit ketukan. Solar digunakan karena memiliki daya pembakaran yang tinggi. Solar memiliki titik nyala 400-100 derajat celcius, sehingga dalam aplikasinya sering digunakan pada mesin mesin bersilinder besar. Untuk destilasnya diperoleh pada suhu 250 – 300 derajar celcius.

Baca Juga : Jenis Jenis Batu Alam Berkualitas

4. Avtur atau Aviation Turbine

Jenis Jenis Minyak Bumi

Avtur atau Aviation Turbine adalah bahan bakar pesawat yang menggunakan mesin turbin. Avtur pada dasarnya terbentuk dari minyak bumi jenis kerosin atau minyak tanah namun diolah kembali sehingga cocok untuk jenis pembakaran turbin.

Baca Juga : Jenis Jenis Plastik Terlengkap

5. Avgas atau Aviation Gasoline

Jenis Jenis Minyak Bumi

Avgas atau Aviation Gasoline adalah bahan bakar pesawat yang menggunakan mesin pembakaran dalam seperti mesin piston. Kalau avtur dibuat dari kerosin, avgas dibuat dari bensin. Dengan kata lain jenis minyak bumi avgas ini merupakan bensin yang diolah supaya cocok untuk pembakaran mesin pesawat yang memerlukan RPM mesin super tinggi. Selain untuk pesawat, juga digunakan sebagai bahan bakar mobil balap.

Baca Juga : Jenis Jenis Atap Genteng Berkualitas

6. Fuel Oil

Jenis Jenis Minyak Bumi

Fuel Oil merupakan bahan bakar seperti oli yang digunakan untuk pembakaran mesin kapal atau mesin mesin industri skala besar. Fuel oil juga dijadikan bahan dasar untuk pembuatan oli atau peluas mineral yang digunakan untuk emlumasi mesin mesin kendaraan. Bahan bakar ini diperoleh dari destilasi dengan suhu sekitar 600 derajat.

Baca Juga : Jenis Jenis Batu Bara

Jadi udah tau kan bahwa dimuka bumi ini ada banyak Jenis Jenis Minyak Bumi nya. Ini adalah pengetahuan basic seorang teknik sipil karena akan banyak alat berat yang digunakan jadi harus tau memakai minyak bumi apa, dan semisal bekerja di proyek pengeboran minyak juga sangat berguna. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button